Kucari https://www.kucari.com Industrial & Test Measurement Wed, 18 Jul 2018 04:22:27 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.9.7 https://i1.wp.com/www.kucari.com/wp-content/uploads/2018/03/cropped-favicon.png?fit=32%2C32&ssl=1 Kucari https://www.kucari.com 32 32 144086845 Alat Pemetaan: Macam-macam alat ukur dan alat survey pemetaan https://www.kucari.com/alat-pemetaan/ https://www.kucari.com/alat-pemetaan/#respond Mon, 16 Jul 2018 07:10:14 +0000 https://www.kucari.com/?p=6227 Pengertian Alat Pemetaan Pengukuran merupakan suatu aktifitas dan atau tindakan membandingkan suatu besaran yang belum diketahui nilainya atau harganya terhadap besaran lain yang sudah diketahui nilainya, misalnya dengan besaran standart.

The post Alat Pemetaan: Macam-macam alat ukur dan alat survey pemetaan appeared first on Kucari.

]]>
Pengertian Alat Pemetaan

Pengukuran merupakan suatu aktifitas dan atau tindakan membandingkan suatu besaran yang belum diketahui nilainya atau harganya terhadap besaran lain yang sudah diketahui nilainya, misalnya dengan besaran standart. Pekerjaan membandingkan tersebut tiada lain adalah pekerjaan pengukuran atau mengukur. Sedangkan pembandingnya yang disebut sebagai alat ukur. Pengukuran banyak sekali dilakukan dalam bidang teknik atau industri.

Sedangkan alat ukurnya sendiri banyak sekali jenisnya, tergantung dari banyak faktor, misalnya objek yang diukur serta hasil yang di inginkan Ilmu ukur tanah adalah bagian dari ilmu geodesi yang mempelajari cara-cara pengukuran di permukaan bumi dan di bawah tanah untuk berbagai keperluan seperti pemetaan dan penentuan posisi relatif pada daerah yang relatif sempit sehingga unsur kelengkungan permukaan buminya dapat diabaikan.

Proses pemetaan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara terestrial danektra terestrial. Pemetaan terestris merupakan pemetaan yang dilakukan dengan menggunakan alat yang berpangkal di tanah. Pemetaan ekstra terestris adalah pemetaan yang dilakukan dengan menggunakan alat yang tidak berpangkal di tanah tapi dilakukan dengan wahana seperti pesawat terbang, pesawat ulang alik atau satelit.

Definisi Ilmu Ukur Tanah (Surveying) Ilmu ukur tanah adalah cabang dari ilmu Geodesi yang khusus mempelajari sebagian kecil dari permukaan bumi dengan cara melakukan pengukuran-pengukuran guna mendapatkan peta. Pengukuran yang di lakukan terhadap titik-titik detail alam maupun buatan manusia meliputi posisi horizontal (x,y) maupun posisi vertikal nya (z) yang diferensikan terhadap permukaan air laut rata-rata.

Agar titik-titik di permukaan bumi yang tidak teratur bentuknya dapat di pindahkan ke atas bidang datar maka di perlukan bidang perantara antara lain : bidang Ellipsoid, bidang bultan dan bidang datar (untuk luas wilayah 55 km). Dalam pengertian yang lebih umum pengukuruan tanah dapat dianggap sebagai disiplin yang meliputi semua metode untuk menghimpun dan melalukan proses informasi dan data tentang bumi dan lingkungan fisis.

Dengan perkembangan teknologi saat ini metoda terestris konvensional telah dilengkapi dengan metode pemetaan udara dan satelit yang berkembang melalui program-program pertanahan dan ruang angkasa.

Secara umum tugas surveyor adalah sebagai berikut:

  1. Analisa penelitian dan pengambilan keputusan. Pemilihan metode pengukuran, peralatan, pengikatan titik-titik sudut dsb.
  2. Pekerjaan lapangan atau pengumpulan data, yakni melaksanakan pengukuran dan pencatatan data di lapangan.
  3. Menghitung atau pemprosesan data, yakni hitungan berdasrkan data yang dicatat untuk menentukan letak, luas dan volume.
  4. Pemetaan atau penyajian data. Menggambarkan hasil ukuran dan perhitungan untuk menghasilkan peta, gambar rencana tanah dan peta laut, menggambarkan darat dalam bentuk numeris atau hasil komputer.
  5. Pemancangan. Pemancangan tugu dan patok ukur untuk menentukan batas-batas pedoman dalam pekerjaan konstruksi.

Ilmu ukur tanah membatasi pengkuran dalam bidang datar pada luasan dan jarak tertentu.

  • Pengukuran-pengukuran khsusus meliputi antara lain :
  • Pengukuran titik kontrol, memetapkan jaringan kontrol horizontal dan vertical sebagai acuan.
  • Pengukuran totpografi, mementukan lokasi alam dan budaya manusia serta elevasi yang dipakai dalam pembuatan peta.
  • Pengukuran kadastral : pengukuran tertutup untuk mementapkan batas kepemilikan tanah.
  • Pengukuran hidrografik, menentukan garis pantai dan kedalaman laut, danau sungai dan bendungan.
  • Pengukuran jalur lintas dilaksanakan untuk merencanakan, merancang dan membangun jalan raya, jalur pipa dan proyek jaringan tersier, skunder dan primer.
  •  Pengukuran kosnuksi dilaksanakan sementara konstruksi berjalan, mengendalikan evaluasi, kedudukan horizontal dan konfigurasi.
  • Pengukuran rancang bangun (as built surveys) menentukan lokasi dan perencanaan pekerjaan rekayasa yang tepat, memberikan pembuktian dan pencatatan poisi termasuk perubahan desain dsb. h. Pengukuran tambang yakni untuk pedoman penggalian terowongan dan overburden

Baca Juga : Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya

Bagi Anda yang sedang membutuhkan alat ukur pemetaan, atau alat survey tanah bisa lihat produk yang kami jual di Daftar Harga Alat Ukur Tanah Pemetaan

The post Alat Pemetaan: Macam-macam alat ukur dan alat survey pemetaan appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-pemetaan/feed/ 0 6227
Cara Kalibrasi Theodolite https://www.kucari.com/kalibrasi-theodolite/ https://www.kucari.com/kalibrasi-theodolite/#respond Fri, 18 May 2018 03:28:10 +0000 https://www.kucari.com/?p=5876 Theodolite adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur tanah khususnya menentukan ketinggian tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Tingkat ketelitian sudut yang bisa diketahui menggunakan theodolit mencapai satuan

The post Cara Kalibrasi Theodolite appeared first on Kucari.

]]>
Theodolite adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur tanah khususnya menentukan ketinggian tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Tingkat ketelitian sudut yang bisa diketahui menggunakan theodolit mencapai satuan detik.

Pada penerapannya, pengukuran tanah menggunakan theodolit biasanya dipakai pada saat penentuan situasi, pengamatan, matahari, dan pengukuran polygon. Selain itu, theodolit juga bisa dimanfaatkan sebagaimana pesawat penyipat datar apabila sudut vertikalnya diatur menjadi 90 derajat. Hal ini berkat adanya teropong yang memungkinkan theodolit bisa diarahkan ke semua sudut. Oleh karena itu, theodolit pun dapat diandalkan untuk menentukan sudut siku-siku dan ketinggian gedung bertingkat.

Adapun fungsi theodolit di antaranya :

  • Mengukur sudut ketinggian tanah
  • Menentukan sudut siku-siku pada pekerjaan pondasi rumah
  • Mengukur ketinggian suatu bangunan gedung bertingkat
  • Mengamati sudut arah lintas matahari
  • Mengukur polygon pada penghitungan rumus bangunan
  • Membuat pemetaan situasi yang mendetail

Di dalam pekerjaan – pekerjaan yang berhubungan dengan ukur tanah, theodolit sering digunakan dalam bentuk pengukuran polygon, pemetaan situasi, maupun pengamatan matahari. Theodolit juga bisa berubah fungsinya menjadi seperti Pesawat Penyipat Datar bila sudut verticalnya dibuat 90º.

Baca Juga : Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya

Dengan adanya teropong pada theodolit, maka theodolit dapat dibidikkan kesegala arah. Di dalam pekerjaan bangunan gedung, theodolit sering digunakan untuk menentukan sudut siku-siku pada perencanaan / pekerjaan pondasi, theodolit juga dapat digunakan untuk mengukur ketinggian suatu bangunan bertingkat.

KALIBRASI THEODOLIT

Kalibrasi adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Cara untuk mengetaui alat ukur sudut perlu dilakukan kalibrasi atau tidak dengan cara :

1. Uji Kolimasi ( sudut horizontal)

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk uji kolimasi, antara lain :

  • Dirikan alat theodolit diatas statif, lakukan sentering dan leveling di titik O.
  • Tentukan dua buah objek yang akan dibidik dari tempat kedudukan alat.
  • Bidik target A dengan kondisi teropong biasa, catat nilai bacaan horizontal
  • Bidik target A dengan kondisi teropong luar biasa, catat nilai bacaan horizontal
  • Hitung selisih antara bacaan biasa dan luar biasa. Seharusnya selisih antara biasa dan luar biasa sebesar 180 derajat.
  • Apabila perbedaan bacaan luar biasa dan biasa terlalu besar maka perlu dilakukan kalibrasi.

 

 

 

 

2. Uji Indeks Vertikal (sudut vertikal)

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk uji indeks vertikal, antara lain :

  • Dirikan alat theodolit diatas statif, lakukan sentering dan leveling di titik O.
  • Tentukan objek yang akan dibidik dari tempat kedudukan alat.
  • Bidik target B dengan kondisi teropong biasa, catat nilai bacaan vertikal
  • Bidik target B dengan kondisi teropong luar biasa, catat nilai bacaan vertikal
  • Hitung selisih antara bacaan biasa dan luar biasa. Seharusnya selisih antara biasa dan luar biasa sebesar 360 derajat.

 

 

 

 

CARA MELAKUKAN KALIBRASI SUDUT ALAT THEODOLIT.

Apabila sebuah alat theodolit memiliki kesalahan sudut yang sangat besar maka diperlukan kalibrasi, dengan cara sebagai berikut :

Kalibrasi bacaan sudut Horizontal

Setelah alat ukur disetel diatas kolimator dan sumbu I telah dibuat vertikal, bidikan teropong pada posisi biasa kearah benang Horizontal kolimator, atur “0” set pada alat untuk membuat bacaan sudut H : 00° 00’ 00”.

Teropong dibuat luar biasa dan bidikkan kembali pada benang silang kolimator seharusnya bacaan sudut H : 180° 00’ 00”, bila terjadi penyimpangan bacaan sudut lakukan kalibrasi dengan cara memutar skrup penggerak halus horizontal hingga bacaan sudut mendekati akurasinya. Kemudian garis bidik diarahkakan kembali pada benang silang kolimator dengan cara memutar skrup koreksi diagfragma yang kiri dan kanan pada teropong.

Kalibrasi bacaan sudut Vertikal

Bidikan teropong pada posisi biasa kearah benang Vertkal kolimator, catat bacaan sudut veritkalnya misal sudut V : 89° 59’ 30”

Teropong dibuat luar biasa dan bidikkan kembali pada benang Vertiakl kolimator catat bacaan sudutnya misal sudut V H : 270° 00’ 50”, dari hasil bacaan sudut biasa dan luar biasa bila dijumlahkan terdapat penyimpangan sudut sebesar 20”.

 

The post Cara Kalibrasi Theodolite appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/kalibrasi-theodolite/feed/ 0 5876
Theodolit: Cara menggunakan theodolite untuk mengukur luas tanah https://www.kucari.com/cara-menggunakan-theodolite/ https://www.kucari.com/cara-menggunakan-theodolite/#respond Thu, 17 May 2018 08:14:41 +0000 https://www.kucari.com/?p=5850 Thedolit adalah alat ukur untuk mengukur sudut dalam bidang horisontal dan vertikal. Theodolite digunakan untuk aplikasi survey, yang diperlukan untuk proyek konstruksi skala besar. Theodolite dibagi menjadi 2 jenis yaitu

The post Theodolit: Cara menggunakan theodolite untuk mengukur luas tanah appeared first on Kucari.

]]>
Thedolit adalah alat ukur untuk mengukur sudut dalam bidang horisontal dan vertikal.

Theodolite digunakan untuk aplikasi survey, yang diperlukan untuk proyek konstruksi skala besar.

Theodolite dibagi menjadi 2 jenis yaitu manual dan digital.

Pada contoh kasus ini saya menggunakan teknik pengukuran luas tanah dengan teknik poligon segi 5.

Bagaimana caranya ?

Sekarang penggunakan theodolit untuk berbagai macam jenis pengukuran tanah sudah mengggunakan theodolite digital, disamping cara menggunakan theodolit digital lebih mudah, harga pun sekarang sudah terjangkau untuk proyek yang akan dikerjakan, penasaran ingin tau kisaran harga theodolite? Klik disini : Daftar Harga Theodolite

Theodolit digital biasanya terdiri dari teleskop kecil yang terhubung ke dua mekanisme pengukur sudut, satu untuk mengukur sudut horizontal dan satu untuk mengukur sudut vertikal. Itu duduk di atas dasar yang dapat diputar dengan mekanisme leveling pada tripod. Setelah theodolite diatur, teleskop diarahkan untuk menemukan titik yang diinginkan dan kemudian sudut dari titik dimana theodolite ditempatkan ke titik yang terlihat di teleskopnya dapat dibaca melalui lensa mata dari ruang lingkup.

Berbagai rencana dalam bidang teknik seperti pembangunan jalan raya, kereta api, irigasi, daerah industri, dan perumahan memerlukan referensi berupa berbagai data, seperti lokasi, karakteristik lokasi, dsb. Hal-hal yang berhubungan dengan lokasi tentu memiliki hubungan dengan luas yang hendak dikelola.

Penentuan luas lokasi dilakukan dengan mengadakan pengukuran. Pada dasarnya, untuk skala pengukuran pada wilayah yang tidak luas, pengukuran bisa dilakukan hanya bermodalkan patok dan meteran. Namun, jika pengukuran yang hendak dilakukan mencapai puluhan, ratusan, bahkan ribuan meter, maka peralatan yang dibutuhkan harus bisa mencapai jarak tersebut dan biasanya alat tersebut sudah termasuk canggih. Contohnya theodolite

Metode pengukuran juga penting diperhatikan ketika hendak melakukan pengukuran. Metode pengukuran disesuaikan dengan kebutuhan pengukur. Salah satu metode pengukuran dalam ilmu ukur wilayah adalah metode pengukuran poligon.

Cara Menggunakan Theodolit

Pengaturan Theodolite

Langkah 1

Temukan sepetak tanah tingkat dengan pandangan yang bagus diantara lahan yang akan diukur.

Langkah 2

Memperpanjang kaki tripod sehingga theodolite akan berada pada tingkat yang nyaman untuk Anda gunakan, sejauh mungkin (kebanyakan tripod theodolite akan memiliki mekanisme yang akan mengunci mereka ketika mereka mencapai pemisahan dan ekstensi maksimum) , dan tempelkan ujung kaki ke tanah.

Langkah 3

Sesuaikan tiga sekrup pengatur di dasar teodolit sehingga rata. Tingkat sekrup yang dipasang pada theodolite akan memberi Anda gambaran bidang yang sejajar.

Langkah 4

Sejajarkan tingkat panjang dengan dua dari tiga sekrup dan atur ulang dengan kedua sekrup tersebut untuk mencapai tingkat yang lebih akurat pada sumbu tersebut. Kemudian putar theodolite 90 derajat pada alasnya dan sesuaikan lagi menggunakan sekrup ketiga.

Langkah 5

Lepaskan dua klem pengatur horisontal (biasanya kenop besar di kedua sisi theodolite, sedikit diimbangi secara vertikal).

Langkah 6

Sejajarkan bagian atas teodolit dengan tanda pada cincin di antara kedua sisi yang terhubung ke klem horisontal, kemudian kunci klem atas.

Langkah 7

Buka penutup lensa di sisi teodolit, dan lihat melalui lensa mata kecil. Anda akan melihat tiga skala: penyesuaian horizontal, vertikal, dan halus. Gunakan tombol penyesuaian di bagian atas theodolite untuk menyesuaikan tanda dengan 0’00 “(0 menit dan 0 detik dari busur).

Langkah 8

Gunakan tombol penyesuaian horisontal atas untuk menyelaraskan garis tunggal yang Anda lihat dalam ruang lingkup di bagian bawah skala horizontal tepat di antara garis ganda yang duduk di bawah angka 0.

Langkah 9

Buat garis referensi dengan menyusun theodolite secara horizontal dengan tengara tinggi dalam tampilan yang mudah. Buka kunci klem bawah untuk membuat rotasi ini, luruskan pandangan dengan tengara, dan kunci klem bawah lagi. Pengukuran horizontal akan tetap nol. Mulai sekarang, hanya kendurkan klem atas untuk membuat penyesuaian horizontal.

Pengukuran Menggunakan Theodolit

Langkah 1

Buka kunci penjepit horizontal atas, dan putar theodolite hingga panah di tempat yang kasar berbaris dengan titik yang ingin Anda ukur, lalu kunci klem. Gunakan adjuster horizontal atas (bukan klem) untuk menyelaraskan objek antara dua lampu vertikal dalam penglihatan.

Langkah 2

Lihatlah melalui lensa mata kecil, dan gunakan tombol penyesuaian halus untuk mendapatkan garis horizontal tepat dengan objek Anda. Derajat dari referensi Anda diukur pada skala derajat horisontal, menit dan detik pada skala penyesuaian halus (mis. 30 derajat 10’30 “).

Langkah 3

Buka kunci penjepit vertikal dan lihat melalui penglihatan sambil memindahkan theodolite naik turun untuk menemukan titik yang tepat secara vertikal pada objek Anda yang ingin Anda ukur. Kunci klem dan gunakan tombol penyesuaian vertikal halus untuk mendapatkan perbaikan tepat pada titik yang Anda pilih.

Kemudian lihat melalui eyepiece kecil dan baca derajat, menit dan detik dari skala vertikal dan skala penyesuaian halus seperti yang Anda lakukan untuk skala horizontal. Jika objek Anda tinggi, Anda harus melakukan penyesuaian horizontal kasar terlebih dahulu, lalu lakukan pengukuran vertikal, kemudian sesuaikan untuk pengukuran horizontal akhir.

Kedua koordinat ini memberikan sudut yang tepat antara referensi Anda dan titik minat Anda, tetapi Anda juga dapat mengukur sudut antara dua titik dengan membandingkan dua pengukuran mereka, atau dengan menetapkan titik pertama sebagai referensi.

STUDI KASUS PENGGUNAAN THEODOLITE

Pada contoh kasus ini saya menggunakan teknik pengukuran poligon segi 5. bagaimana caranya?

kita langsung saja bahas langkah-langkah mengukur luas dan kontur tanah dengan theodolite.

Baca Juga : Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya

Cara mengukur luas tanah dengan theodolite

Bagi sebagian besar orang yang ingin membangun sebuah rumah, tentu akan mempertimbangkan beberapa parameter yang salah satunya sudah saya sebutkan di atas. lokasi merupakan faktor utama pembelian tanah. Lalu faktor kedua saat berencana membuat rumah adalah luas bangunan dan budget. Faktor ketiga adalah desain atau aristektur.Berbicara masalah luas bangunan maka harus disesuaikan dengan luas tanah yang ada.

Hunian yang baik adalah yang mempunyai ruang terbuka hijau minimal 30%. Artinya ada sekitar 30 % tanah yang tidak boleh tertutup oleh rabat beton. Sebelum kita memulai desain gambar rumah ada baiknya kita ukur ulang dahulu lahannya. walaupun sudah ada pada sertipikat. Mungkin untuk bentuk lahan yang persegi atau kotak atau luas yang relatif kecil bisa menggunakan rol meter saja.

Tapi bagaimana kalau tanahnya itu sangat luas dan bentuknya tidak beraturan? Solusinya adalah menggunakan theodolite. Alat ini biasa digunakan untuk pekerjaan yang luas dan berbentuk tidak beraturan. Sebelum mulai ke langkah saya akan memberikan dengan contoh studi kasus yang saya ambil dari projek sebelumnya. Tanah di bawah ini mempunyai luas sekitar 2 hektar dimana kegunaan lahan adalah sawah. Saya menentukan titik poligon atau titik alat sebanyak 5 titik. seperti pada gambar di bawah ini.

Mengukur Luas Tanah Menggunakan Theodolit

Sebelumnya Siapkan Formulir Data Pengukuran

Langkah 1

Cek dulu batas-batas tanahnya yang ditandai dengan patok dari bpn biasanya terletak dipojok-pojok dan berwarna putih terbuat dari beton. Sebelum anda menggunakan alat anda keliling dulu untuk mengetahui batas-batasnya sampai mana. jangan sampai ngukur tanah orang ya.

Langkah 2

Setelah anda keliling-keliling liat patok anda juga harus memikirkan mulai pengukurannya dari mana. Carilah tempat yang teduh apabila ada. Tapi kalo ternyata panas semua, maka siapkan payung untuk melindungi alat dari koagulasi. Titik awal anda adalah tempat alat. Dan nanti kita akan pindah alat sesuai dengan titik poligon yang akan kita lakukan.

Langkah 3

Dirikan theodolite pada titik 1 dan Lakukan setting alat dengan cepat. Sudah saya bahas pada artikel sebelumnya cara menyetel theodolite. Apabila belum tahu caranya silahkan baca terlebih dahulu.

Langkah 4

Setelah disetting, kemudian setel sudut horizontal 0D0’0″ pada arah utara dan.ukur tinggi alat.

Langkah 5

Bidik titik poligon no. 7 baca benang tengah dan benang bawah. Tulis Sudut horizontal dan vertikal. Tulis keterangan misalkan: titik 7. setelah itu bidik titik no.2 yang ditulis sama dengan saat membidik titik sebelumnya.

Langkah 6

Bidik atau tembak titik penyebaran di sekitar alat. terutama batas-batas tanah dan patok BPN. kemudian tembak secara menyebar agar bisa dibuat kontur.

Langkah 7

Pindahkan alat ke titik no.2. setting alat dan setel sudut horizontal 0d0’0″ pada titik sebelumnya yaitu titik 1. kemudian bidik titik no 1 dan bidik titik selanjutnya yaitu 3.
lakukan bidik titik-titik secara merata dan menyebar di sekitar alat. terutama batas-batas tanah.

Langkah 8

Untuk titik-titik selanjutnya lakukan langkah seperti diatas yang pada intinya -arah 0d0’0″ pda titik sebelumnya-bidik titik sebelumnya-bidik titik selanjutnya-bidik penyebaran disekitarnya.

Langkah 9

Jangan lupa apabila sudah sampai di titik poligon 5 maka prosedurnya tetap sama. tembak/bidik titik selanjutnya yaitu titik no. 1

Dalam pengukuran poligon tertutup dikenal dengan istilah sudut dalam. Sudut dalam adalah data yang dibentuk antara garis-garis poligon.

Sudut dalam tersebut dapat diketahui dengan menganalisa besarnya sudut yang dibentuk antara suatu titik ke titik lainnya, bahwa sudut dalam adalah sudut yang terletak di bagian dalam poligon tertutup yang dibentuk dari garis-garis poligon yang saling berhubungan. Dalam pengolahan data poligon tertutup dikenal istilah departure correction dan latitude correction

Departure correction dan latitude correction digunakan untuk membuktikan apakah titik pulang dan titik pergi berada pada titik yang sama dengan parameter nilai nol. Nilai nol tersebut menunjukkan bahwa titik Pengukuran poligon dapat diaplikasikan dalam pengukuran titik-titik kontrol sebuah konstruksi karena poligon tertutup memberikan pengecekan pada sudut-sudut dan jarak tertentu.

The post Theodolit: Cara menggunakan theodolite untuk mengukur luas tanah appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/cara-menggunakan-theodolite/feed/ 0 5850
Alat Ukur Tanah: Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya https://www.kucari.com/alat-ukur-tanah/ https://www.kucari.com/alat-ukur-tanah/#respond Wed, 18 Apr 2018 08:38:36 +0000 https://www.kucari.com/?p=5205 Alat ukur tanah adalah alat-alat yang dipersiapkan guna mengukur jarak dan atau sudut. Alat-alat yang digunakan ada yang tergolong sederhana dan ada yang tergolong modern. Sederhana atau modernnya alat ini

The post Alat Ukur Tanah: Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya appeared first on Kucari.

]]>
Alat ukur tanah adalah alat-alat yang dipersiapkan guna mengukur jarak dan atau sudut. Alat-alat yang digunakan ada yang tergolong sederhana dan ada yang tergolong modern. Sederhana atau modernnya alat ini dapat dilihat dari komponen alatnya dan cara menggunakannya.

Pengukuran merupakan suatu aktifitas dan atau tindakan membandingkan suatu besaran yang belum diketahui nilainya terhadap besaran lain yang sudah diketahui nilainya, misalnya dengan besaran standar. Pekerjaan membandingkan tersebut tiada lain adalah pekerjaan pengukuran atau mengukur dengan alat ukur tanah.

Berdasarkan modelnya, alat ukur tanah bisa dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu alat ukur tanah sederhana, alat ukur optik, dan alat ukur elektronik.

Macam-macam Alat Ukur Tanah

Total Station

Alat Ukur Tanah

Total Station merupakan teknologi alat yang menggabungkan secara elektornik antara teknologi theodolite dengan teknologi EDM (electronic distance measurement). EDM merupakan alat ukur jarak elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik sinar infra merah sebagai gelombang pembawa sinyal pengukuran dan dibantu dengan sebuah reflektor berupa prisma sebagai target (alat pemantul sinar infra merah agar kembali ke EDM). klik disini daftar harga total station

 

Teodolit (Alat Ukur Sudut)

Digital Theodolite Sokkia DT 740

Teodolit adalah alat ukur sudut baik horizontal maupun vertikal sehingga pada alat ini teropong harus dapat berputar pada dua lingkaran berskala, yaitu lingkaran berskala tegak dan mendatar. Alat ini juga tergolong alat berkaki tiga yaitu pada operasionalnya harus terpasang berkaki tiga atau statif. Klik disini untuk pricelist thedolite

Waterpass / Auto Level

Nikon AP8

Waterpas adalah alat ukur menyipat datar dengan teropong dengan dilengkapi nivo dan sumbu mekanis tegak sehingga teropong dapat berputar ka arah horizontal. Alat ini tergolong alat penyipat datar kaki tiga atau Tripod level. Buat anda yang cari waterpass bisa klik disini untuk beli

 

Meteran

Meteran, sering disebut pita ukur atau tape karena umumnya tersaji dalam bentuk pita dengan panjang tertentu. Sering juga disebut rol meter karena umumnya pita ukur ini pada keadaan tidak dipakai atau disimpan dalam bentuk gulungan atau rol, seperti terlihat pada gambar.

 

Kompas

Suunto KB 20 Compass

Kompas adalah sebuah alat dengan komponen utamanya jarum dan lingkaran berskala. Salah satu ujung jarumnya dibuat dari besi berani atau magnet yang ditengahnya terpasang pada suatu sumbu, sehinngga dalam keadaan mendatar jarum magnit dapat bergerak bebas ke arah horizontal atau mendatar menuju arah utara atau selatan.

Klinometer

SUUNTO Tandem 360PC/360R Compass Altimeter
Klinometer adalah alat yang berfungsi menentukan besar sudut elevasi dalam mengukur tinggi suatu obyek secara tidak langsung. Dengan klinometer, kita bisa mengetahui tinggi/panjang benda. Prinsip kerjanya yaitu dengan memanfaatkan sudut elevasi antara suatu garis datar dan garis yang terhubung pada titik garis tersebut dengan titik puncak sebuah objek.

The post Alat Ukur Tanah: Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-ukur-tanah/feed/ 0 5205
Jual Total Station di Jakarta https://www.kucari.com/jual-total-station-jakarta/ https://www.kucari.com/jual-total-station-jakarta/#respond Mon, 16 Apr 2018 10:23:53 +0000 https://www.kucari.com/?p=5155 Jual Total Station Jakarta Total station adalah peralatan elektronik canggih yang banyak digunakan dalam pemetaan, geologi, pertambangan, kehutanan, konstruksi bangunan dan masih banyak lagi. *sumber Wikipedia Total Station Total station

The post Jual Total Station di Jakarta appeared first on Kucari.

]]>
Jual Total Station Jakarta

Jual Total Station Jakarta

Total station adalah peralatan elektronik canggih yang banyak digunakan dalam pemetaan, geologi, pertambangan, kehutanan, konstruksi bangunan dan masih banyak lagi. *sumber Wikipedia Total Station

Total station adalah theodolit yang terintegrasi dengan komponen pengukur jarak elektronik (electronic distance meter (EDM)). Tentunya dengan alat ini kita bisa mengetahui jarak dan kemiringan dari instrumen ke titik tertentu.

Bagi yang sedang mencari total station di Jakarta pertimbangannya akan sangat beragam. Karena setiap tipe total station di Jakarta memiliki spesifikasi berbeda dan pastinya selisih harga yang lumayan.

Banyak orang yang baru pertama kali akan membelinya merasa khawatir salah satunya karena harga. Oleh sebab itu, kalau membeli total station, perlu membandingkan terlebih dahulu, disesuaikan dengan kebutuhan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Jika perlu tanya kepada rekan di Jakarta yang sebelumnya pernah membeli total station.

Robotic Total Station

Pilihan Merek Total Station Jakarta

Spesifikasi Total Station memang beragam dan kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran dana yang kita miliki. Untuk wilayah Jakarta berbagai pilihan harga dan tipe total station bisa ditemukan di Kucari.com. Total station yang dijual di Kucari.com berasal dari berbagai supplier atau distributor merek ternama seperti Topcon, Nikon, Leica, Sokkia, Pentax, Gowin, Ruide, Hi-Target, Gowin, South dan lain sebagainya. Dari harga yang rendah sampai yang tinggi bisa ditemukan disini.

Kalau ingin mencari total station di Jakarta, direkomendasikan untuk membelinya di tempat yang terpercaya sejak dahulu. Intinya model terbaru ditawarkan dengan harga yang tinggi namun terjamin kualitasnya bisa diuji. Jika membeli total statio di Jakarta pilih juga merek yang sudah terpercaya. Produk total station di Jakarta bisa diperoleh di tempat terpercaya yaitu Kucari.com

Carilah produk total station di Jakarta terbaik di Kucari.com Transaksi yang begitu mudah dan cepat membuat banyak orang dan perusahaan yang memilih Kucari.com. Setiap pembeli di Kucari.com sudah mengakui bahwa transaksinya lebih aman dan bukan tipu-tipu. Pilihan total station di Jakarta bersama Kucari.com dijamin tidak akan mengecewakan. Total station online juga bisa dikirim keseluruh Indonesia.

Total Station Jakarta

Kemudahan Beli Total Station di Jakarta

Di Kucari.com anda bisa menikmati kemudahan berbelanja total station di Jakarta secara online dan offline. Jika ingin membeli secara online anda bisa menghubungi kontak yang sudah dicantumkan di website resmi Kucari.com, Anda juga bisa membeli produk total station secara offline dengan cara datang langsung ke kantor resmi kami.

Video Cara Menggunakan Total Station

 

The post Jual Total Station di Jakarta appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/jual-total-station-jakarta/feed/ 0 5155