Kucari https://www.kucari.com Industrial & Test Measurement Thu, 14 Feb 2019 06:13:51 +0000 en-US hourly 1 https://i2.wp.com/www.kucari.com/wp-content/uploads/2019/01/cropped-favicon-dibalik.png?fit=32%2C32&ssl=1 Kucari https://www.kucari.com 32 32 144086845 Sudah Kenal Dengan 7 Alat Ukur Kecepatan Ini? https://www.kucari.com/alat-ukur-kecepatan/ https://www.kucari.com/alat-ukur-kecepatan/#respond Thu, 14 Feb 2019 06:02:46 +0000 https://www.kucari.com/?p=16466 Dalam ilmu fisika kita mengenal adanya kecepatan, yang merupakan cepat lambatnya perubahan akan kedudukan suatu benda terhadap waktu. Dalam ilmu pengetahuan, kecepatan ini akan diukur menggunakan alat ukur kecepatan. Hal

The post Sudah Kenal Dengan 7 Alat Ukur Kecepatan Ini? appeared first on Kucari.

]]>
Dalam ilmu fisika kita mengenal adanya kecepatan, yang merupakan cepat lambatnya perubahan akan kedudukan suatu benda terhadap waktu.

Dalam ilmu pengetahuan, kecepatan ini akan diukur menggunakan alat ukur kecepatan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui aneka gejala atau peristiwa yang mungkin terjadi dari kecepatan tersebut.

Kecepatan sendiri sering disamakan dengan kelajuan. Namun Anda jangan terkecoh, karena keduanya berbeda. Kelajuan adalah cepat lambatnya perubahan terhadap waktu. Misalnya kelajuan pada kendaraan yang diukur dengan menggunakan speedometer. Berbeda halnya dengan kecepatan. Di alam ilmu fisika kecepatan merupakan cepat lambatnya kedudukan dari suatu benda terhadap waktu. Dikarenakan memiliki besaran vektor, maka kecepatan memiliki arah. Biasanya alat ukur kecepatan yang digunakan adalah velocimeter.

Mengenal Apa Itu Velocimeter

Sebagai alat ukur kecepatan, velocimeter juga dapat memperhitungkan arah dari pergerakan objek yang bergerak. Alat yang ditemukan oleh penemu Kroasia bernama Joseph Belusic ini juga seringkali disebut sebagai speedometer elektrik. Di mana Velocimeter tidak hanya dapat mengukur kecepatan dan arah sebuah objek di daratan, namun juga di dalam air.

Salah satu pemanfaatan Velocimeter adalah untuk mengukur kedalaman air. Di mana alat ukur kecepatan ini akan menghitung kecepatan suara di dalam air berdasarkan dari jumlah putaran baling-baling bila dilihat dari waktu putarannya. Di mana denga proses kalibrasi jumlah putaran persatuan waktu yang telah dicatat oleh alat ukur kecepatan ini akan dikonversi ke kecepatan arus dalam meter per sekon (m/s). Hasilnya berbentuk data kecepatan dar bunyi yang menjadi fungsi dari kedalaman air.

Velocimeter juga dapat digunakan untuk mengukur kecepatan angin atau udara. Di mana perhitungannya mengacu kepada kalkulasi udara dengan dasar kecepatan angin, sehingga data yang ditampilkannya aktual dan akurat. Disebut sebagai Air Velocity Meter yang banyak digunakan oleh pelaku industri serta dalam studi ilmu pengetahuan, khususnya untuk menguji pengukuran udara pada bidang meteorologi dan geofisika.

Yuk Kenali Alat Ukur Kecepatan Velocimeter Ini

Bila Anda membutuhkan produk alat ukur kecepatan, seperti velocimeter maka Anda dapat melihatnya di website www.kucari.com. Tersedia berbagai alat lengkap dengan kondisi yang baik. Ini dia beberapa produk di dalamya.

TSI Alnor 9515 VelociCalc Air Velocity Meter

Alat ukur kecepatan digital ini dapat digunakan untuk pemeriksaan sistem ventilasi. Memiliki teleskop terintegrasi untuk pengukuran yang sulit dijagkau dengan ukuran 40,6 inci (101,6 cm). Memiliki akurasi ± 5% dari pembacaan atau ± 5 kaki/menit (± 0,025 m/s), yang dapat mengukur kecepatan udara oada rentang 0 hingga 4.000 kaki/menit (0 hingga 20 m/s) ). Velocity meter ini mudah dibaca karena memiliki layar besar. Alat seberat 0,6 kg ini juga telah dilengkapi dengan sertifikat NIST.

TSI Alnor 9535 VelociCalc Air Velocity Meter

Dengan menggunakan portable tunggal, TSI ALNOR 9535 VelociCalc Air Velocity Meter dapat mengukur serta mencatat data dan suhu udara dengan bersamaan. Ini dikarenakan adanya beberapa sensor yang digunakan. Dengan akurasi  ± 3% pembacaan atau ± 3 kaki/menit (± 0,015 m/detik), alat ukur keceparan ini dapat mengukur dalam rentang 0 hingga 6.000 kaki/menit (0 hingga 30 m/s). Dapat pula mengukur suhu dari 0 hingga 200 ° F (-18 hingga 93 ° C) dengan akurasi ± 0,5 ° F (± 0,3 ° C).

PCE VA11-ICA Portable Air Velocity Meter

Alat ukur keceparan ini menggunakan LCD Backlit dengan tampilan yang besar sehingga Anda dapat dengan mudah membaca nilai pengukurannya yang akurat. Dapat digunakan bahkan dalam kondisi cahaya yang temaram. Merupakan alat ukur serbaguna karena tidak hanya dapat mengukur kecepatan angin, tetapi juga dapat mengukur suhu dan aluran udara. Alat ukur kecepatan ini dilengkapi ulir belakang untuk memasang kincir angin. Penggunaannya mudah dengan waktu yang cepat.

PCE P770-M Portable Air Velocity Meter

Memiliki dua input sensor yaitu sensor Pt100 dan sensor mini aliran volume. Di mana alat ukur kecepatan ini dapat digunakan untuk mengukur di air dan udara. Tersedia dengan fasilitas USB online yang dapat terhubung ke perangkat lunak Windows Smartraph untuk memudahkan dalam perekaman data. Mudah dibaca karena memiliki tampilan yang besar yang dapat merekam nilai minimu, nilai maksimum dan nilai rata-rata.

PCE 423-ICA Portable Air Velocity Meter

Alat ukur kecepatan ini dapat digunakan untuk mengukur suhu dan kecepatan udara. Sangat cocok digunakan pada aliran udara dengan kecepatan rendah. Dilengkapi dengan beberapa unit pengukuran, Layar LCD Besar dan Fungsi Data Hold. Sangat mudah unutk digunakan dimata terdapat tombol pematian otomatis untuk melindungi masa pakai dari baterai. Anda bisa melihat nilai minila dan maksimal pada tampilannya. Adanya probe tipis dengan diameter 8 mm/0,3 membuat alat ini dapat digunakan pada area dengan rentang pengukuran minimum seperti di dalam unit pendingin.

Memiliki resolusi yang tinggi dan dilengkapi dengan kabel data USB serta perangkat lunak untuk melakukan transfer data di komputer. Biasanya alat ini digunakan untuk penelitian dan pengembangan dalam kelembagaan.

PCE 009 Portable Air Velocity Meter

Alat ukur kecepatan ini sangat banyak fungsinya. Tidak hanya untuk menghitung volume arus udara dan volume rata-rata arus udara, namun juga dapat untuk mengukur kecepatan serta suhu udara. Anda dapat menggunakannya pada kecepatan udara rendah. Memiliki berbagai macam unit pengukuran seperti m/s, km/jam, kaki/menit, knot, mil/jam.

Alat ukur ini mudah digunakan serta menggunakan LCD yang besar dan dilengkapi dengan layar untuk menunjukan nilai maksimum dan nilai minumum. Dilengkapi dengan RS-232 untuk memudahkan transfer data ke komputer. Terdapat pula fungsi otomatis yang bermandaat untuk melindungi masa pakai baterai. Beli sekarang juga, Anda akan mendapat tambahan baterai, tas jinjing, sensor teleskopik, perangkat lunak, manual pengguna dan kabel RS-232.  

PCE 007 Portable Air Velocity Meter

Alat ukur kecepatan yang satu ini dapat digunakan untuk mengukur suhu udara dan kecepatan angin dan kecepatan udara. Dilengkapi dengan memori, port koneksi serta perangkat lunak untuk transfer data ke PC. Dapat menyimpan data hingga 2.000. Mudah digunakan serta memiliki layar ganda. Terdapat fungsi Minimal, Maksimal dan Hold. Dayanya akan mati secara otomatis untuk melindungi penggunaan baterai. Di mana baterai dapat digunakan sekitar 50 jam dengan arus 300 mA/jam. Anda tetap dapat melakukan pengukuran dengan waktu yang lebih dari 2 hari. Akan tetapi, gunakan baterai atau adaptor daya.

Memiliki impeller eksternal yang dihubungkan dengan kabel sepanjang 1,5 m/4,9 kaki. Hal inilah yang memudahkan mobilitas serta fleksibilitas dalam melakukan pengukuran keceparan angin.

Baca Juga :

Semua alat velocimeter meter ini sangat praktis, mudah digunakan juga dengan harga yang terjangkau. Bila ingin membelinya, segera dapatkan di www.kucari.com

The post Sudah Kenal Dengan 7 Alat Ukur Kecepatan Ini? appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-ukur-kecepatan/feed/ 0 16466
Mengenal Manfaat Angin Dan Penggunaan Alat Ukur Angin https://www.kucari.com/alat-ukur-angin/ https://www.kucari.com/alat-ukur-angin/#respond Mon, 11 Feb 2019 04:19:20 +0000 https://www.kucari.com/?p=16455 Angin memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak jarang banyak orang yang menggunakan alat ukur angin untuk mengetahui berapa kecepatan angin serta energi yang dihasilkan. Dari pengukuran tersebut kemudian

The post Mengenal Manfaat Angin Dan Penggunaan Alat Ukur Angin appeared first on Kucari.

]]>
Angin memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak jarang banyak orang yang menggunakan alat ukur angin untuk mengetahui berapa kecepatan angin serta energi yang dihasilkan. Dari pengukuran tersebut kemudian dapat diketahui manfaat yang dapat diperoleh dari energi angin tersebut.

Banyak pula peneliti yang mencari sumber angin menggunakan alat ukur angin. Bahkan, mereka tidak segan mendatangi beberapa daerah yang mengalami badai angin. Selain untuk memanfaatkan energi angin, alat ukur angin juga dapat digunakan untuk mengetahui adanya potensi badai angin di sebuah wilayah. Antisipasi pun dapat dilakukan untuk menghindari masyarakat dari keadaan yang berbahaya.

Manfaat Energi Angin

Banyak sekali menfaat yang bisa didapatkan dari energi angin. Apa sajakah itu? Yuk disimak!

1. Menggerakan Kapal layar

Masih banyak nelayan tradisional yang memanfaatkan energi angin untuk berlayar. Selain tidak berisik, pemanfaatan energi angin juga lebih hemat biaya. Bahkan bisa mencegah dari pencemaran udara.

2. Membantu Pesawat Terbang

Walaupun menggunakan peralatan dan mesi yang canggih, namun pesawat terbang tetap memanfaatkan energi angin untuk terbang dan bergerak. Energi angin dapat membantu pesawat terbang untuk mempertahankan posisinya di udara.

3. Membantu Dalam Irigasi

Di beberapa negara, seperti di Belanda penggunaan kincir angin masih dimanfaatkan. Di mana kincir angin akan memanfaatkan energi angin untuk mendistribusikan air menuju saluran-saluran irigasi. Selain lebih hemat biaya, cara ini pun lebih efektif dilakukan pada bidang pertanian.

4. Olahraga Angin

Ada banyak olahraga ekstrim dan seru yang memanfaatkan energi angin. Terjun payung, Gantole, Paragliding hingga paralayang membutuhkan emergi angin untuk mengatur arah ketika melakukan olahraga tersebut.

5. Membantu Tanaman Berkembang Biak

Tahukah Anda, bila tumbuhan membutuhkan energi angin untuk berkembang biak? Di mana energi angin akan membantu tanaman dalam proses penyebaran benih mereka. Dengan bantuan energi angin, tanaman akan melepaskan benih dan spora mereka untuk  tumbuh dan berkembang biak.

6. Menentukan Arah

Bagi para pelaut atau pengelana di jaman dahulu, angin digunakan untuk membantu menentukan arah. Di mana arah utara, timur, barat dan selatan ditentukan dari arah mata angin. Dengan mengikuti arah mata angin, akan memudahkan mereka untuk pergi ke tempat yang dituju.

7. Digunakan Dalam Prinsip Aerodinamika

Energi angin juga sering digunakan dalam melakukan prinsip aerodinamika. Dimana energi angin akan digunakan untuk menggerakan dan menentukan arah benda-benda tertentu. Beberapa benda dengan desain modeling seperti mobil balap, pesawat terbang, kendaraan bermotor, rudal serta peralatan perang lainnya akan bergerak secara sempurna menggunakan tenaga angin dengan prinsip aerodinamika.

Alat Ukur Angin Anemometer

Pada tahun 1450 Leon Battista Alberti berhasil menemukan alat ukur angin untuk mengukur besarnya tekanan angin. Di mana alat ukur angin Anemometer tersebut dibedakan menjadi 3 jenis sebagai berikut.

1. Anemometer Sederhana

Alat ukur angin tidak harus selalu canggih. Ada yang memiliki bentuk sederhana, bahkan dapat Anda buat sendiri. Alat ukur ini hanya berupa kain dengan bentuk lingkaran yang memanjang atau silinder corong. Cara menggunakannya hanya dengan mengikatnya pada tiang yang berdiri. Alat ukur angin ini juga merupakan alat ukur tradisional untuk membantu mengetahui arah angin.

2. Anemometer Termal

Ini dia alat pengukur kecepatan angin yang sudah terbilang canggih. Dilengkapi alat khusus seperti sensor yang dimanfaatkan untuk menghitung jumlah kalor atau panas yang berpindah pada daerah di sekitar sensor. Panas inilah yang menjadi acuan dari kecepatan angin. Prinsip kerjanya mengikuti prinsip kerja tabung pilot.

3. Anemometer Mangkok

Alat ukur angin ini memiliki 3 atua 4 mangkok yang terpasang pada ujung jari-jari berporos. Setiap mangkok akan menghadap ke arah melingkar yang sama. Tujuannya agar mangkok-mangkok tersebut akan berputar pada arah yang tetap pada saat tertiup angin. Untuk memudahkan hitungan putarannya, salah satu mangkok dari anemometer akan diberi tanda atau ciri tertentu.

Rekomendasi Produk Alat Ukur Angin Anemometer

Ini dia anemometer yang memiliki fitur koneksi dengan menggunakan aplikasi di IOS atau Andriod. Anda bisa mendapatkan data mengenai kecepatan angin dan suhu menggunakan aplikasi di mana saja dan kapan saja. Anda bisa mendapatkannya di www.kucari.com dengan harga Rp 1.150.000.

Alat ukut angin ini biasanya digunakan pada berbagai industri untuk ventilasi, penelitian lingkungan, HVAC, meteorology, monitoring cuaca dan lainnya. Di mana Hot Wire Anemometer berfungsi untuk mengkonversi perubahan suhu menjadi kecepatan angin. Berbeda dengan anemometer lainnya yang menggunakan sensor berupa baling-baling untuk mengubah kecepatan perputaran baling-baling menjad kecepatan angin. Alat ini memiliki sensor berupa kawat kecil. Di mana apaa saat dialiri panas maka suhunya berubah menjadi di atas suhu sekitarnya. Pada saat terdapat udara yang menglir melalui kawat, maka suhu pada kawat akan menurun. Perubahan suhu inilah yang menjadi indikator dari perubahan kecepatan angin yang diuji.

Memiliki dimension 67.5 x 45.8 x 30.2mm, alat ini dilengkapi dengan batere kotak 9 V. Terdapat pula Backlight Display dengan penyimpanan data. Bisa didapatkan di www.kucari.com dengan harga Rp 2.600.000.

  • Anemometer Data Logger Benetech GM8902

Alat ukur angin ini dapat melakukan pengolahan data ke PC karena memimiki koneksi USB dan CD software. Selain mengukur kecepatan angin, Anemometer GM8902 juga dapat digunakan untuk mengukur suhu udara. Memiliki power suplay berupa 9V battery yang dilengkapi dengan low battery indication. Alat ini juga memiliki data hold dan Backlight display. Di www.kucari.com alat ukur angin ini dibanderol dengan harga Rp 1.200.000.

Anemometer Benetech GM8908 dapat Anda gunakan untuk mengukur aliran udara di dinding atau atap, serta mengetahui kecepatan dan suhu pada kipas komputer CPU ataupun AC. Alat ukur angin ini tidak hanya  multifungsi namun juga memiliki bentuk yang kecil dan ringan. Tersedia pengukuran rata-rata, pengukuran keceparan lancar, maksimum serta indikasi angin dingin. Di mana rentang pengukuran untuk suhu antara  -10 ~ 45 °C (14 ~ 113 °F) serta lebar kecepatan angin dari 0-30 m/s. Dari layar LCD level ganda telah tersedia data instan mengenai suhu udar dan keceparan angin. bahkan, alat ini dapat menampilkan kecepatanangin dalam 5 parameter, yaitu m/s, km/h, ft/min, knots & mph. Tidakhanya itu, suhu juga dapat diubah  antara °C dan °F. Harganya murah, hanya Rp 500.000.

Anda yang suka untuk surfing, sailing atau bermain layang-layang tentu akan membutuhkan Anemometer Benetech GM816. Alat pengukur kecepatan angin ini memiliki thermometeruntu memperkirakan kondisi cuaca serta mendeteksi akan adanya cuaca buruk seperti badai ataupun topan. Dapat pula digunakan untuk alat rumah tangga, seperti mengetahui gerakan udara pada dinding rumah dan atap, serta mengukur kecepatan dan suhu pada AC ataupun kipas CPU.

Memiliki LCD digital display dengan perhitungan yang akurat. Ukurannya hanya sebesar telapak tangan sehingga praktis dan mudah dibawa. Dilengkapi juga dengan pengukurn kecepatan current, maximum dan average serta dapat mengetahui adanya indikasi angin dingin. Harganya tidak mahal. Hanya Rp 500.000.

Anda berminat? Dapatkan sekarang juga!

The post Mengenal Manfaat Angin Dan Penggunaan Alat Ukur Angin appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-ukur-angin/feed/ 0 16455
Mengenal Macam-Macam dan Kegunaan Alat Ukur Air https://www.kucari.com/alat-ukur-kualitas-air/ https://www.kucari.com/alat-ukur-kualitas-air/#respond Fri, 08 Feb 2019 03:44:51 +0000 https://www.kucari.com/?p=16442 Air merupakan sumber kehidupan di dunia ini. Ini mengapa sebagian permukaan bumi ini terdiri dari air dibandingkan dengan daratan. Semua makhluk hidup di duniaini pun tidak dapat lepas dari kebutuhan

The post Mengenal Macam-Macam dan Kegunaan Alat Ukur Air appeared first on Kucari.

]]>
Air merupakan sumber kehidupan di dunia ini. Ini mengapa sebagian permukaan bumi ini terdiri dari air dibandingkan dengan daratan. Semua makhluk hidup di duniaini pun tidak dapat lepas dari kebutuhan akan air. Bahkan, di dalam tubuh manusia dewasa sebanyak 60 % dari berat tubuhnya tersusun dari air. Itu sebabnya penggunaan air tidak bisa lepas dari kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tidak hanya untuk minum, air juga digunakan untuk memasak, membersihkan tubuh dan beberapa barang lainnya, bahkan juga untuk pengairan lahan pertanian.

Akan tetapi, tahukah Anda bila saat ini adanya pencemaran lingkungan juga berpengaruh terhadap air yang ada di bumi? Di mana semakin lama kesediaan air bersih semakin sedikit. Bahkan penggunaan air dengan jumlah yang sangat besar dan pola hidup manusia membuat  kesediaan air bersih semakin berkurang. Bahkan, tak jarang tempat-tempat penyimpanan air telah berubah fungsi menjadi lahan perkembuan, lahan industri, perkantoran, perumahan dan lainnya. Ditambah dengan adanya limbah membuat kandungan air bersih bercampur dengan zat yang berbahaya.

Untuk itulah, berbagai macam alat ukut air kemudian diciptakan untuk mengetahui adanya kesediaan air bersJJih. Di mana dengan alat ukur air, Anda bisa tahu kandungan air di dalam rumah. Apakah Air tersebut aman dikonsumsi ataukah hanya untuk keperluan rumah tangga lainnya.

Ini dia beberapa jenis alat ukur air yang bisa Anda ketahui.

ORP Meter

Tahukah Anda bila adanya kandungan bahan kimia dalam air akan berbahaya bagi tubuh? Tidak hanya pada air yang dikonsumsi, namun juga air yang berada di kolam renang. Itu sebabnya, industri yang bergerak dalam bidang kolam renang dan spa membutuhkan alat pengukut pH dan kandungan klorin bebas pada air secara akurat dan cepat. Cara kerjanya adalah dengan mengukur potensi oksidasi reduksi dan kosentrasi pada bahan kimia yang berada di dalam air. Dengan adanya ORP Meter, maka kesehatan para penggunaka spa dan kolam renang akan terlindungi.

Salah satu alat yang direkomendasikan adalah ORP Meter with PH and Thermometer DW99. Alat ini memiliki temperatur 0 hingga  55°C. Dengan dimensi 170 x 40 x 23 mm, alat ini emiliki accuracy dengan Mv ±5mV, pH ±0.1 pH dan Temperature ±1°C. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 1.750.000 di www.kucari.com.

Ada pula ORP + PH + Thermometer 3 in 1 DW16. Memiliki 3 manfaat sekaligus, yaitu mengukur Acidity atau Alkalinity (PH Meter); Electrode potential (ORP Meter); serta Temperature (Thermometer). Di www.kucari.com. bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 2.350.000.

Pilihan alat ukur air lainnya di www.kucari.com adalah ORP + PH + Thermometer 3 in 1 DW13. Tidak hanya dapat digunakan pada kolam renang, namun alat yang dapat berfungsi sebagai PH, ORP, dan Thermometer ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur kualitas air pada produksi air minum/food processing, akuarium serta rumah sakit. Dapatkan segera dengan harga Rp 1.850.000.

TDS Meter

Untuk mengukur jumlah partikel terlarut pada air minum yang tidak tampak oleh mata, Anda dapat menggunakan TDS Meter.  Total Dissolved Solids (TDS Meter) memiliki satuan satuan ppm (mg/L). Dengan adanya TDS Meter, aneka partikel terlarut seperti mangan, tembaga, besi, alumunium dan lainnya yang terdapat pada air akan terukur jumlahnya. Andapun akan tahu apakah air minum tersebut layak untuk diminum atau berbahaya bagi kesehatan.

TDS Meter Deluxe – Water Quality Tester memiliki cara yang cukup mudah. Di mana Anda cukup mencelupkan alat ini di dalam air yang ingin diukur sekitar sedalam 5 cm. Alatpun secara otomatis akan mengukur sendiri. Tunggulah sekitar 2 hingga 3 menit hingga angka digital stabil. Andapun akan melihat hasilnya. Dapatkan seharga Rp 550.000.

Dual TDS Meter – Water Quality Tester

Dual TDS meter sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki usaha air minum isi ulang. Namun, jika Anda memilikisistim filtrasi atau pemurnian air di rumah, alat ini pun dapat digunakan. Alat ini sangat efektif untuk mengukur air dengan dua arah, yaitu air yang masuk serta air yang keluar setelah dimurnikan. Sangat mudah  digunakan dan hasilnya pun cepat. Anda bisa mendapatkannya di www.kucari.com dengan harga Rp 850.000.

HANNA HI991301 Portable pH/ EC/TDS Meter

Dengan Hanna HI 991300, dalam satu alat Anda dapat mengukur PH, kualitas air, elektro-konduktivitas, total padatan terlarut, serta suhu air sekaligus. Anda dapat melakukan pengukuran hanya dengan dua tombol yang tersedia, di mana Anda dapat memilih untuk aneka buffer kaibrasi serta skala pada suhu ° C atau ° F. Dapat digunakan mulai dari air payau hingga air murni. Anda bisa mendapatkannya di kucari.com.

HANNA HI9813-5 Portable pH/ EC/TDS Meter

Memiliki kelebihan tahan air dan ekonomis, di mana HANNA HI9813-5 mampu untuk mengukur konduktivitas, ph, total kepadan terlarut serta suhu pada air. Caranya sangat mudah karena telah tersedia tombol khusus pada LCD untuk model pengukuran. Selain itu terdapat pula tombol untuk kalibrasi  titik tunggal pH dan EC/TDS. Sangat cocok digunakan untuk aplikasi pertanian, hidroponik dan rumah kaca.

COD Meter

COD Meter (chemical Oxygen Demand) merupakan alat yang digunakan untuk mengukur jumlah oksigen pada air yang diperluan untuk mengurai seluruh bahan organik. Dalam melakukan pengukuran, anda harus mendapatkan sampel dair dan melakukan pengukuran pada kandungan oksigen terlarut yang ada pada sampel yang selama 5 hari telah mengalami proses inkubasi pada kondisi gelap dan suhu tetap. Nilai dari BOD dinyatakan dalam miligram oksigen per liter (mg/L).

Alat ini sangat edektid untuk melakukan analisis terhadap air limbah. HI-83214-02 telah dibuat sesuai dengan standar EPA 410.4 dan ISO 15705: 2002. Hasilnya pun sangat akurat, bahkan membantu pengumpulan data secara efisien. Dengan menghubungkan alat ini pada PC melalui port serial RS232, maka hasil pengukuran pun dapat tersimpan. Yuk dapatkan segera alat ukur air ini.  

Turbidity Meter

Tentu Anda akan merasa jijik bukan bila melihat air tercemar karena limbah. Sekarang ada alat bernama Turbidity Meter yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kekeruhan air akibat pencemaran lingkungan. Biasanya tingkat dari kekeruhan air akan dapat diketahui dari besaran NTU (Nephelometric Turbidity Units). Salah satu alatnya yang bisa Anda gunakan adalah Turbidity Meter WGZ-20B – Turbidimeter – Ukur Kekeruhan Air, yang bisa didapatkan dengan harga Rp 4.950.500.

Baca Juga : Alat Ukur Air Berdasarkan 3 Parameter Biologi, Kimia, Fisika

Demi kesehatan, kita perlu menjaga lingkungan terutama kandungan air. Di mana banyaknya limbah dapat merusak lingkungan dan kebersihan air. Itu sebabnya, sebagai antisipasi Anda perlu menyediakan alat ukur air di rumah. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

The post Mengenal Macam-Macam dan Kegunaan Alat Ukur Air appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-ukur-kualitas-air/feed/ 0 16442
Berbagai Alat Teknik yang Sangat Berguna untuk Meringankan Pekerjaan Sehari-Hari https://www.kucari.com/alat-teknik-perkakas/ https://www.kucari.com/alat-teknik-perkakas/#respond Fri, 23 Nov 2018 03:10:38 +0000 https://www.kucari.com/?p=13817 Untuk dapat mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, kita pasti membutuhkan banyak alat. Alat-alat tersebut dapat digunakan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan pekerjaan, seperti alat teknik listrik dan alat teknik multifungsi.

The post Berbagai Alat Teknik yang Sangat Berguna untuk Meringankan Pekerjaan Sehari-Hari appeared first on Kucari.

]]>
Untuk dapat mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, kita pasti membutuhkan banyak alat. Alat-alat tersebut dapat digunakan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan pekerjaan, seperti alat teknik listrik dan alat teknik multifungsi. Bahkan, kita juga wajib memiliki beberapa alat teknik sendiri yang mudah dibawa dan mudah disimpan.

Alat Teknik Listrik

Seorang teknisi listrik pasti membutuhkan beberapa peralatan teknik listrik untuk menunjang pekerjaannya sehingga alat-alat tersebut wajib dibawa ke mana saja selama bekerja. Alat-alat teknik listrik tersebut akan sangat membantu seorang teknisi listrik saat harus memperbaiki listrik, memasang instalasi listrik, atau hanya memeriksa instalasi llistrik. Berikut ini adalah beberapa alat teknik listrik yang wajib dimiliki dan dibawa oleh seorang teknisi listrik untuk menunjang pekerjaannya.

Cutter

Cutter adalah alat teknik listrik penunjang yang digunakan untuk memotong isolasi kabel listrik berukuran besar. Selain itu, cutter juga dapat digunakan untuk mengupas kabel.

ELCB Tester

ELCB Tester adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengecek kondisi alat pengaman anti-kontak (ELCB) yang terpasang di instalasi listrik. Selain itu, alat teknik listrik ini juga dapat melindungi banyak orang jika terjadi kebocoran listrik.

Grounding Tester

Grounding Tester adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengukur kondisi pertanahan.

Insulation Tester

Insulation Tester atau yang disebut juga dengan Megger adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengecek keadaan isolasi dari kabel penghantar listrik.

Isolasi

Isolasi adalah alat teknik listrik penunjang yang digunakan untuk membungkus atau melapisi sambungan kabel agar kabel bertegangan listrik tersebut tidak membahayakan keselamatan dan keamanan banyak orang.

Solder Listrik

Solder listrik adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk memasangkan komponen-komponen listrik pada papan rangkaian listrik dan untuk menyambungkan kabel-kabel kecil dengan cara mencairkan timah solder. Menyambungkan kabel dengan menggunakan solder menjadi cara yang paling aman karena sambungan tidak akan longgar.

Testpen

Testpen adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengecek ada atau tidaknya tegangan listrik pada peralatan listrik. Selain itu, alat teknik listrik yang bentuknya kecil dan ringan sehingga mudah disimpan dalam saku ini juga dapat digunakan untuk membuka sekrup kecil.

Vibration Test

Vibration Test adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengukur dan mengetahui besarnya getaran yang ada di genset, motor listrik, dan peralatan listrik lainnya. Dengan mengetahui besarnya getaran pada perlatan listrik tersebut, seorang teknisi listrik dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi dan menentukan perawatan yang akan dilakukan.

alat teknik listrik

Alat Teknik Multifungsi

Meskipun tidak selalu dipakai, tidak ada salahnya jika kita memiliki dan menyimpan alat-alat teknik multifungsi di rumah atau di dalam kendaraan bermotor. Jika terjadi kerusakan pada barang-barang, kita dapat langsung memperbaikinya seorang diri. Berikut ini adalah beberapa alat teknik multifungsi yang dapat kita miliki dan simpan.

Kunci Inggris Serbaguna

Jika satu kunci pas hanya dapat digunakan untuk satu ukuran, satu kunci inggris serbaguna dapat digunakan untuk beberapa ukuran karena lebarnya dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan. Fungsi dari kunci inggris serbaguna ini adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan baut. Bentuk alat teknik multifungsi ini lebih besar dan lebih tebal dibandingkan dengan kunci pas sehingga sulit untuk menjangkau area-area yang sempit.

Obeng Berbagai Ukuran

Saat ini, sudah banyak tersedia obeng yang ujungnya dapat diganti-ganti menjadi obeng plus dan obeng minus dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Obeng seperti ini tentunya jauh lebih praktis karena tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya dan jauh lebih mudah untuk menggunakannya.

Set Kunci Sock

Set kunci sock ini sangat diperlukan, terutama oleh para pemilik kendaraan bermotor. Satu set kunci sock ini berisi satu gagang dan kunci dengan berbagai ukuran yang dapat diganti-ganti. Jika diperhatikan, cara menggunakan alat teknik multifungsi ini sama seperti cara menggunakan obeng berbagai ukuran.

Snap Dan Grip

Sama seperti kunci inggris serbaguna, fungsi dari snap dan grip ini juga untuk mengencangkan dan mengendurkan baut. Bentuknya yang lebih tipis dibandingkan dengan bentuk kunci inggris serbaguna menjadikan alat teknik multifungsi ini dapat menjangkau area-area yang sempit.

perkakas tangan

Alat Teknik Ini Wajib Dimiliki

Untuk memperbaiki kerusakan yang tergolong sederhana, kita dapat memperbaikinya seorang diri dengan menggunakan beberapa alat teknik, seperti tang, palu, dan obeng. Sebenarnya, alat-alat teknik ini wajib kita miliki karena selain dapat memperbaiki kerusakan sederhana, juga dapat membantu kita saat mengerjakan pekerjaan pertukangan yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa alat teknik yang wajib kita miliki.

Bor

Bor adalah alat teknik yang digunakan untuk melubangi sesuatu, seperti melubangi dinding atau kayu sebagai tempat untuk memasang paku.

Gergaji

Gergaji adalah alat teknik yang digunakan untuk memotong benda-benda yang terbuat dari logam atau kayu. Gergaji yang digunakan untuk memotong logam disebut dengan gergaji besi, sedangkan gergaji yang digunakan untuk memotong kayu disebut dengan gergaji kayu.

Kunci Inggris

Kunci Inggris adalah alat teknik yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan mur berbagai ukuran. Selain itu, ada juga kunci inggris yang dapat digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan pipa.

Obeng

Obeng adalah alat teknik yang terbuat dari baja untuk memutar sekrup. Obeng memiliki 2 macam mata, yaitu obeng bermata kembang atau disebut juga dengan obeng plus dan obeng bermata pipih atau disebut juga dengan obeng minus.

Palu

Palu adalah alat teknik yang digunakan untuk memukul sesuatu, seperti paku. Ada 7 macam palu yang dapat kita gunakan, yaitu:

  • Palu bulat adalah palu yang memiliki 2 bagian, yaitu bagian yang bulat untuk membuat bentuk cekung pada sesuatu dan bagian yang rata untuk memukul sesuatu, seperti paku.
  • Palu karet adalah palu yang digunakan untuk meratakan pelat agar tidak tergores.
  • Palu keling adalah palu yang digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan pengelingan atau penyambungan besi.
  • Palu paku adalah palu yang memiliki 2 bagian, yaitu bagian yang bercakar untuk mencabut paku dan bagian yang rata untuk memukul paku.
  • Palu plastik adalah palu yang digunakan untuk memukul benda-benda lunak agar benda tidak tergores atau tidak pecah.
  • Palu puncak melintang dan puncak lurus adalah palu berkepala pisau tajam yang khusus digunakan untuk membuat pelat dengan membuat atau memotong sudut-sudut pelat.
  • Palu tembaga adalah palu yang digunakan untuk memperbaiki peralatan yang mengandung unsur tembaga, seperti memperbaiki bagian-bagian pada mesin listrik tanpa merusaknya.

Tang

Tang adalah alat teknik yang terbuat dari baja untuk memegang sesuatu, seperti kabel atau kawat. Ada 6 jenis tang yang dapat kita gunakan, yaitu:

  • Tang bulat adalah tang yang digunakan untuk membuat mata itik atau mata sambungan di ujung kabel atau kawat.
  • Tang kakaktua adalah tang yang khusus digunakan untuk mencabut paku.
  • Tang kombinasi adalah tang yang digunakan untuk memotong, memuntir, dan memegang sesuatu, seperti kabel atau kawat.
  • Tang lancip adalah tang yang digunakan untuk memegang kabel atau kawat berukuran kecil.
  • Tang pemegang adalah tang yang khusus untuk memegang sesuatu, seperti kabel atau kawat.
  • Tang potong adalah tang yang digunakan untuk memotong kabel atau kawat.

Itulah berbagai alat teknik yang sangat berguna untuk meringankan pekerjaan sehari-hari. Setiap alat dapat digunakan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan pekerjaan.

The post Berbagai Alat Teknik yang Sangat Berguna untuk Meringankan Pekerjaan Sehari-Hari appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-teknik-perkakas/feed/ 0 13817
Inilah Alat Uji untuk Menguji Bangunan, Menguji Logam, dan Menguji Kekerasan https://www.kucari.com/alat-uji-bangunan-logam-dan-kekerasan/ https://www.kucari.com/alat-uji-bangunan-logam-dan-kekerasan/#respond Thu, 11 Oct 2018 03:48:30 +0000 https://www.kucari.com/?p=10584 Sebelum menggunakan suatu material, kita harus melakukan pengujian terlebih dahulu. Hal ini sangatlah penting untuk mengetahui kekuatan dan kelayakan material yang akan kita gunakan. Untuk melakukan pengujian ini, kita membutuhkan

The post Inilah Alat Uji untuk Menguji Bangunan, Menguji Logam, dan Menguji Kekerasan appeared first on Kucari.

]]>
Sebelum menggunakan suatu material, kita harus melakukan pengujian terlebih dahulu. Hal ini sangatlah penting untuk mengetahui kekuatan dan kelayakan material yang akan kita gunakan. Untuk melakukan pengujian ini, kita membutuhkan alat uji yang banyak macamnya, seperti alat uji bangunan, alat uji logam, dan alat uji kekerasan.  

Alat Uji untuk Menguji Bangunan

Mesin Pengujian Beton

Untuk mendirikan sebuah bangunan, kita harus benar-benar memperhatikan kondisi beton yang digunakan agar bangunan tersebut dapat berdiri dengan kukuh dan dapat bertahan lama. Dalam mendirikan sebuah bangunan, kemungkinan terjadinya penyimpangan beton dari rencana selalu ada dan dapat menurunkan kualitas serta kapasitas bangunan. Untuk menghindari hal tersebut, kita harus selalu melakukan evaluasi terhadap beton dan material-material yang digunakan untuk mendirikan sebuah bangunan.

Ada 3 kemungkinan terjadinya penyimpangan pada beton yang digunakan untuk mendirikan sebuah bangunan, yaitu:

  1. Kerusakan beton karena lingkungan, usia, atau penggunaan.
  2. Penyimpangan mutu pada bahan beton.
  3. Penyimpangan konfigurasi dan dimensi pada beton.

Untuk menguji kelayakan beton yang akan digunakan untuk mendirikan sebuah bangunan dan untuk menghindari terjadinya ketiga penyimpangan tersebut, kita dapat menguji beton dengan alat uji bangunan, seperti berikut ini.

Concrete Test Hammer

Concrete Test Hammer adalah alat uji bangunan berupa palu untuk menganalisis dan menguji kekuatan tekan beton. Selain digunakan untuk menganalisis dan menguji kekuatan beton pada sebuah bangunan, Concrete Test Hammer juga dapat digunakan untuk menganalisis dan menguji berbagai jenis serta ukuran material lain, seperti dinding tipis, komponen-komponen kecil, komponen-komponen dari batu cor, dan deck jembatan.    

Digital Concrete Test Hammer

Digital Concrete Test Hammer atau disebut juga dengan Digital C Test Hammer adalah alat uji bangunan untuk mengukur kualitas dan kekuatan tekan non-destruktif beton. Alat uji bangunan ini dilengkapi dengan sensor sehingga dapat memudahkan kita untuk mengatur kedalaman karbonasi, dampak arah, faktor waktu, dan faktor bentuk beton.

Rebar Corrosion Detector

Rebar Corrosion Detector atau disebut juga dengan Rebar C Detector adalah alat uji bangunan untuk mengecek dan mengetahui jika terdapat efek korosi pada rebar di dalam beton. Jika rebar di dalam beton mengalami korosi, sebuah bangunan akan mengalami beberapa perubahan, seperti meningkatkan ukuran korosi pada rebar, mengurangi luas keefektivan rebar, menurunkan kapasitas dan menurunkan cengkeraman kekuatan rebar, menimbulkan fraktur dan ekspansi beton, serta menurunkan daya tahan dan kemanan bangunan.  

Rebar Locator

Rebar Locator adalah alat uji bangunan yang sangat canggih untuk menemukan kedalaman, lokasi, serta ukuran tembaga, tulangan baja, saluran, dan kabel tegangan pos yang ada di dalam batu bata, beton, atau bahan-bahan konstruksi lainnya yang non-logam.

Crack Depth Gauge

Crack Depth Gauge adalah alat uji bangunan untuk mengukur tingkat retakan, baik lebar retakan maupun kedalaman retakan, yang terjadi pada beton penyangga sebuah bangunan. Selain itu, alat uji bangunan ini juga dapat mendeteksi adanya kecacatan pada beton atau material-material bangunan lainnya dengan menggunakan ultrasound. Dengan Crack Depth Gauge, kita akan mendapatkan data secara cepat dan tepat sehingga memudahkan pekerjaan mendirikan sebuah bangunan.

Crack Width Gauge

Crack Width Gauge adalah alat uji bangunan untuk mengukur lokasi dan lebar keretakan yang terjadi pada beton. Alat uji bangunan ini biasanya digunakan sebelum kita melakukan program monitoring.

Alat Uji untuk Menguji Logam

alat uji logam

Kita tentu sudah mengenal berbagai nama logam, seperti emas, besi, timah, perak, alumunium, dan lain-lain. berdasarkan bahan pembentuknya, logam dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu:

  1. Logam bukan besi atau non-ferrous adalah logam yang tidak memiliki unsur besi, seperti alumunium, tembaga, timah, dan timbel.
  2. Logam besi atau ferrous adalah logam yang terdiri atas campuran unsur besi dan unsur karbon, seperti baja karbon tinggi, baja karbon sedang, baja lunak, besi tempa, dan besi tuang.

Sementara itu, jenis logam dapat dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu:

  1. Logam tahan api, seperti molibden, sirkonium, titanium, dan wolfram.
  2. Logam mulia, seperti platina, perak, dan emas.
  3. Logam berat, seperti besi, khrom, nikel, tembaga, timah, timah hitam, timah putih, dan seng.
  4. Logam ringan, seperti alumunium, barium, kalium, kalsium, magnesium, natrium, dan titanium.

Untuk menguji logam dengan alat uji logam, kita dapat menggunakan 3 metode pengujian, antara lain:

  1. Metallography adalah metode pengujian logam untuk mengetahui unsur-unsur yang terkadung di dalamnya, komposisi kimianya, dan bentuk strukturnya.
  2. Destructive Test (DT) adalah metode pengujian logam yang dapat merusak logam yang diuji.
  3. Non-Destructive Test (NDT) adalah metode pengujian logam yang tidak akan merusak logam yang diuji.

Untuk menguji logam, kita dapat menggunakan beberapa alat uji seperti berikut ini.

Alat Uji Tarik

Alat uji tarik adalah alat sederhana yang digunakan untuk menguji dan mengetahui berbagai sifat dari logam secara mekanik, terutama untuk menguji kekerasan, kekuatan tarik, dan ketangguhan logam.

Alat Uji Impact

Alat uji impact adalah alat yang digunakan untuk menguji dan mengetahui berbagai sifat dari logam secara non-mekanik, terumata untuk menguji keuletan material dan kekuatan material logam.

Alat Uji Struktur

Alat uji struktur adalah alat yang digunakan untuk menguji dan mengetahui batas butir yang terkandung di dalam logam secara jelas dengan menggunakan larutan etsa. Tetapi sayangnya, larutan etsa dapat merusak logam yang diuji.

Alat Uji Partikel Magnetik

Alat uji partikel magnetic adalah alat uji yang digunakan untuk menguji dan mengetahui ada atau tidaknya keretakan di permukaan logam.

Alat Uji untuk Menguji Kekerasan

alat uji kekerasan

Untuk menggunakan suatu atau beberapa material, kita perlu melakukan uji kekerasan terhadap material-material yang akan digunakan tersebut. Uji kekerasan ini menjadi pengujian yang paling efektif karena kita dapat mengetahui sifat-sifat mekanik material-material yang akan digunakan. Biasanya, uji kekerasan ini dilakukan di satu titik, tetapi itu sudah cukup mewakili nilai kekerasan pada material-material yang diuji.

Sebelum melakukan pengujian kekerasan terhadap material, ada beberapa hal yang harus kita ketahui, antara lain:

  1. Jenis material
  2. Permukaan material
  3. Dimensi material
  4. Ketersediaan alat uji kekerasan material
  5. Hasil uji berupa data yang diinginkan

Untuk menguji kekerasan suatu material, kita dapat menggunakan beberapa alat uji kekerasan seperti berikut ini.

Brinell Hardness Test

Brinell Hardnest Test adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan menguji kekerasan material dalam bentuk daya tahan material terhadap indentor atau bola baja yang ditekankan di permukaan material yang diuji.

Micro Hardness Test

Micro Hardness Test sering disebut juga dengan Knoop hardness Test adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan menguji material yang memiliki nilai kekerasan rendah.

Rockwell Hardness Test

Rockwell Hardnest Test adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan menguji kekerasan material dalam bentuk daya tahan material terhadap kerucut intan atau indentor yang ditekankan di permukaan material yang diuji.

Vickers Hardness Test

Vickers Hardnest Test adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan menguji kekerasan material dalam bentuk daya tahan material terhadap indentor intan berukuran cukup kecil dengan geometri berbentuk piramida.

Itulah beberapa alat uji bangunan, alat uji logam, dan alat uji kekerasan yang dapat kita gunakan. Semua alat uji tersebut memiliki kegunaan masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba, ya! Untuk melihat kisaran harga silahkan klik : Daftar Harga Alat Uji

The post Inilah Alat Uji untuk Menguji Bangunan, Menguji Logam, dan Menguji Kekerasan appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-uji-bangunan-logam-dan-kekerasan/feed/ 0 10584
Kenali Apa Itu Radio HT (Handy Talky) https://www.kucari.com/radio-ht-handy-talky/ https://www.kucari.com/radio-ht-handy-talky/#respond Thu, 04 Oct 2018 04:51:21 +0000 https://www.kucari.com/?p=10191 Saat menghadiri suatu acara, seperti konser musik, setiap panitia penyelenggara biasanya akan dibekali sebuah alat berbentuk seperti telepon genggam yang digunakan untuk berkomunikasi, tetapi tidak menggunakan pulsa layaknya telepon genggam

The post Kenali Apa Itu Radio HT (Handy Talky) appeared first on Kucari.

]]>
Saat menghadiri suatu acara, seperti konser musik, setiap panitia penyelenggara biasanya akan dibekali sebuah alat berbentuk seperti telepon genggam yang digunakan untuk berkomunikasi, tetapi tidak menggunakan pulsa layaknya telepon genggam sehingga dapat menghemat biaya operasional. Alat komunikasi ini dikenal dengan nama radio handy talky atau radio HT, ada juga yang menyebutnya dengan walky talky.

Perbedaan antara Radio HT dan Walky Talky

Meskipun sama-sama sebagai alat komunikasi dua arah dengan menggunakan frekuensi radio sebagai mediumnya untuk berkomunikasi, radio HT dan walky talky memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok, seperti berikut ini.

  1. Untuk menggunakan HT, kita memerlukan izin terlebih dahulu. Sementara itu, untuk menggunakan walky talky, kita tidak perlu meminta izin.
  2. Jangkauan frekuensi HT lebih bebas dan lebih besar dibandingkan dengan jangkauan frekuensi walky talky.
  3. HT dapat menempuh jarak 2 mil hingga 12 mil, sedangkan walky talky dapat menempuh jarak 0,5 kilometer hingga 2,5 kilometer.

Frekuensi Radio HT

Ada dua jenis frekuensi yang dapat kita gunakan saat mengoperasikan radio HT, yaitu VHF (Very High Frequency) dan UHF (Ultra High Frequency).

VHF (Very High Frequency)

VHF (Very High Frequency) adalah frekuensi radio HT yang memiliki jangkauan pancar lebih bebas, lebih jauh, dan lebih luas dibandingkan dengan jangkauan pancar UHF dengan tingkat frekuensi antara 136MHz hingga 174MHz. Meskipun demikian, frekuensi radio HT ini tidak dapat berfungsi dengan baik jika digunakan di tempat-tempat yang banyak penghalangnya, seperti gedung bertingkat, dinding, atau pepohonan.

UHF (Ultra High Frequency)

UHF (Ultra High Frequency) adalah frekuensi radio HT yang dapat berfungsi dengan baik dan dapat menembus berbagai penghalang, seperti gedung bertingkat, dinding, tebing, atau pepohonan dengan tingkat frekuensi antara 330MHz hingga 400MHz. Ada juga UHF dengan tingkat frekuensi antara 400MHz hingga 500MHz, bahkan lebih, dan lebih banyak digunakan oleh orang-orang di pemerintahan karena membutuhkan perizinan khusus terlebih dahulu.

HANDY TALKY

Kelebihan Radio HT

Pada acara-acara tertentu, seperti konser musik, setiap panitia acara lebih memilih untuk menggunakan radio HT. Mengapa demikian? Karena radio HT memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan alat komunikasi lainnya, seperti berikut ini.

  1. Dapat terhubung dan berkomunikasi dengan banyak orang.
  2. Minim gangguan.
  3. Mudah di bawa ke mana saja.
  4. Tersedia dalam berbagai pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti radio HT untuk jarak dekat atau jarak jauh.
  5. Frekuensi yang sering digunakan akan tersimpan di dalam memori.
  6. Orang yang menggunakan radio HT dapat memilih frekuensi radio yang diinginkan dan dapat disamakan dengan radio HT yang lainnya.
  7. Radio HT dapat melacak frekuensi radio.
  8. Untuk dapat mengoperasikannya, kita tidak membutuhkan nomor telepon yang akan dihubungi.
  9. Sangat hemat dan parktis karena tidak memerlukan pulsa untuk mengoperasikannya.
  10. Memudahkan untuk bekerja dan berkomunikasi, terutama oleh orang-orang yang menjadi panitia sebuah acara, tim SAR, polisi, dan security.
  11. Jangkauan radio HT sangat luas sehingga dapat digunakan hingga jarak kurang lebih 2 kilometer.
  12. Radio HT dilengkapi dengan baterai yang dapat bertahan lama.
  13. Untuk memiliki radio HT, kita tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya relatif murah.
  14. Dapat digunakan untuk memantau keadaan darurat, seperti kebakaran, bencana alam, cuaca ekstrem, dan lain-lain.

Kekurangan Radio HT

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata radio HT juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut, antara lain:

  1. Tidak dapat terhubung dan berkomunikasi hanya dengan satu orang.
  2. Hanya memiliki fitur radio dan fitur untuk berkomunikasi.
  3. Saat berbicara harus jelas dan pelan.
  4. Lebih berat dan ukurannya lebih besar dibandingkan dengan smartphone.
  5. Terkadang, suara yang dihasilkan tidak jelas. Hal ini bergantung pada lokasi radio HT dan sinyal radio.
  6. Ada keterbatasan saat penerimaan gelombang pada radio HT jenis tertentu.
  7. Speaker radio HT tidak sebaik speaker smartphone.  

Cara Menggunakan Radio HT

Berikut ini adalah cara menggunakan radio HT yang baik dan benar agar hal-hal yang disampaikan dapat diterima sesuai dengan maksud dan tujuan Si Penyampai Pesan.

  1. Atur jarak radio HT dan mulut kurang lebih 2,5 centimeter saat melakukan komunikasi.
  2. Radio HT harus dalam posisi tegak.
  3. Tekan tombol PTT terlebih dahulu kurang lebih 2 detik, kemudian baru berbicara.
  4. Setelah selesai berbicara, segera lepas tombol PTT tersebut.
  5. Berkomunikasilah secara bergantian dan tertib. Dahulukan hal-hal yang dianggap sangat penting.
  6. Hindari menyebutkan nama, senioritas, atau jabatan saat berkomunikasi.
  7. Gunakan callsign yang sudah disepakati untuk menjaga kerahasiaan identitas.
  8. Berbicaralah dengan jelas, padat, dan singkat. Hindari berbicara yang panjang lebar dan bertele-tele.
  9. Berbicaralah dengan irama yang baik dan dalam kecepatan yang sedang.
  10. Ulangi atau eja kata-kata yang dianggap meragukan agar tidak terjadi miskomunikasi.
  11. Biasakan untuk menggunakan callsign yang berlaku dalam pengoperasianradio HT.
  12. Lakukan panggilan maksimal sebanyak 3 kali.

Cara Memanggil dan Menjawab dengan Radio HT

Ternyata untuk memanggil dan menjawab dengan radio HT, tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ada cara yang harus diperhatikan dan dilakukan, seperti berikut ini.

Cara Memanggil

  • Tunggulah kurang lebih selama 5 detik jika panggilan pertama tidak ada yang menjawab. Setelah itu, lakukan panggilan kembali.
  • Saat menunggu jawaban, dilarang melakukan panggilan dari stasiun lain.
  • Hentikan panggilan jika sudah melakukan 4 hingga 5 kali panggilan dan tetap tidak mendapatkan jawaban. Beri kesempatan pada stasiun lain untuk berkomunikasi.
  • Cari tahu keberadaan atau informasi dari stasiun yang dipanggil, tetapi tidak memberikan jawaban tadi dengan menggunakan alat komunikasi yang lain.
  • Ulangi pemanggilan jika tidak ada alat komunikasi lain.

Cara Menjawab

  • Segera berikan jawaban saat mendengar ada panggilan di radio HT yang digunakan.
  • Berikan jawaban secara sopan dan singkat.    

Cara Merawat Radio HT

Radio HT menjadi alat komunikasi yang banyak digunakan oleh pantia yang terlibat di dalam suatu acara sehingga alat komunikasi ini menjadi alat yang sangat penting. Agar radio HT selalu dalam kondisi prima, baik, dan awet, kita harus merawatnya dengan cara-cara berikut ini.

Hindari dari Air

Air memang menjadi penghantar listrik yang paling baik. Agar radio HT dapat bertahan lama dan dapat terhindar dari korsleting listrik, kita harus menghindarinya dari air, bahkan dari cipratan air.

Hindari dari Kelembapan

Untuk menghindari kelembapan, simpanlah radio Ht di tempat yang kering. Dapat juga disimpan di dalam kotak khusus dengan memasukkan gel silica yang dapat menyerap kelembapan.

Merawatnya Secara Berkala

Merawat radio HT secara berkala dapat dilakukan dengan melepaskan semua aksesoris dan menyimpannya di dalam wadah atau tempat masing-masing. Jika sudah lama tidak digunakan, aktifkan alat komunikasi ini setiap 2 minggu sekali. Selain itu, selalu lakukan pengecekan kondisi baterai, unit radio HT, dan antena.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang radio HT. Semoga penjabaran singkat di atas dapat menambah wawasan tentang alat komunikasi yang banyak digunakan oleh panitia pada acara-acara tertentu ini. Mau tau kisaran harga Radio HT klik disini : Daftar Harga Radio HT

The post Kenali Apa Itu Radio HT (Handy Talky) appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/radio-ht-handy-talky/feed/ 0 10191
Apa itu Telepon Satelit? Ini Jawabannya! https://www.kucari.com/apa-itu-telepon-satelit/ https://www.kucari.com/apa-itu-telepon-satelit/#respond Wed, 03 Oct 2018 04:16:02 +0000 https://www.kucari.com/?p=10181 Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, saat ini kita banyak menemui, bahkan menggunakan, alat komunikasi. Ada telepon pintar/smartphone/telepon berbasis GSM, radio HT, telepon satelit, bahkan ada surat

The post Apa itu Telepon Satelit? Ini Jawabannya! appeared first on Kucari.

]]>
Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, saat ini kita banyak menemui, bahkan menggunakan, alat komunikasi. Ada telepon pintar/smartphone/telepon berbasis GSM, radio HT, telepon satelit, bahkan ada surat elektronik (surel) atau istilah asingnya electronic mail (email). Meskipun memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama untuk berkomunikasi, semua alat komunikasi tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang menjadi pembeda.

Misalnya saja, antara telepon pintar/smartphone/telepon berbasis GSM dan telepon satelit. Sekilas, kedua alat komunikasi ini memiliki bentuk yang hampir sama, cara menggunakannya pun sama, yaitu bagian atas ditempelkan di telinga untuk mendengarkan suara dan bagian bawah di dekatkan ke mulut untuk berkomunikasi. Lalu, apa perbedaan di antara kedua alat komunikasi ini?   

Perbedaan antara Telepon Pintar/Smartphone/Telepon Berbasis GSM dan Telepon Satelit

Kedua alat komunikasi ini sekilas memang terlihat sama dan agak sulit dibedakan. Tetapi, ada perbedaan yang sangat mencolok di antara keduanya, yaitu:

  1. Base Transceiver Station (BTS) telepon berbasis GSM berada di darat, sedangkan BTS telepon satelit berada di udara.
  2. Daerah jangkauan telepon berbasis GSM sangat terbatas, sedangakan daerah jangkauan telepon satelit sangat luas sehingga dapat digunakan tengah laut lepas, di daerah pedalaman, dan di daerah pegunungan.
  3. Telepon berbasis GSM menggunakan insfrastruktur di bumi untuk melakukan suatu panggilan, sedangan telepon satelit tidak menggunakan insfrastruktur di bumi.

Sistem Jaringan Telepon Satelit

Untuk dapat menggunakan alat komunikasi dengan BTS di udara ini, kita harus terhubung dengan sistem jaringan telepon satelit. Ada dua sistem jaringan yang dapat kita pilih, yaitu:

Sistem Jaringan Low Earth Orbit (LEO)

Low Earth Orbit (LEO) adalah sistem jaringan telepon satelit dengan satelit yang selalu berubah-ubah. Jumlah satelitnya lebih banyak dibandingkan dengan satelit pada sistem jaringan GEO yang setiap satelitnya akan berputar atau mengorbit di bumi setiap 1 hingga 1,5 jam.

Posisi satelit pada sistem jaringan ini berada di antara ketinggian 600 kilometer hingga 1.100 kilometer sehingga dapat dikatakan posisi satelit berada di orbit yang rendah. Meskipun demikian, semua satelit yang berada di dalam sistem jaringan ini akan bergantian untuk menjangkau seluruh area di bumi.

Untuk dapat berkomunikasi dengan menggunakan sistem jaringan ini, telepon satelit dibuat lebih kecil dan lebih mudah dibawa ke mana-mana karena tidak memerlukan daya yang besar untuk mengirimkan sinyal ke satelit.

Sistem Jaringan Geosynchronous (GEO)

Sistem Jaringan Geosynchronous (GEO) adalah sistem jaringan telepon satelit dengan satelit yang tetap diam atau tetap berada di satu tempat dan terus mengikuti perputaran atau orbit bumi. Posisi satelit pada sistem jaringan ini berada di tempat yang sangat tinggi hingga mencapai 30.000 kilometer dari bumi untuk menjangkau area yang jauh lebih luas.

Jarak yang sangat jauh akan membuat sinyal satelit lemah sehingga komunikasi akan mengalami keterlambatan. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, telepon satelit dibuat lebih besar untuk dapat menjangkau satelit dengan sinyal yang kuat.

Beberapa Perusahaan Telepon Satelit

Telepon satelit dikelola oleh operator dari beberapa perusahaan. Perusahaan-perusahaan ini mengoperasikan satelit-satelit yang dapat menjangkau beberapa wilayah di dunia.

  1. Globarstar adalah perusahaan telepon satelit dengan menggunakan sistem jaringan LEO yang menjangkau wilayah Amerika Serikat dan Amerika Utara.
  2. Inmarsat adalah perusahaan telepon satelit tertua dengan sistem jaringan GEO yang menjangkau seluruh dunia, kecuali wilayah kutub.
  3. Iridium adalah perusahaan telepon satelit dengan menggunakan sistem jaringan LEO yang menjangkau seluruh wilyah di permukaan bumi.
  4. SkyTerra/MSAT adalah perusahaan telepon satelit dengan sistem jaringan GEO yang menjangkau wilayah Amerika Serikat.
  5. Terrestar adalah perusahaan telepon satelit dengan menggunakan sistem jaringan GEO yang menjangkau wilayah Amerika Utara.
  6. Thuraya adalah perusahaan telepon satelit dengan sistem jaringan GEO yang menjangkau wilayah Afrika, Asia, Australia, Eropa, dan Timur Tengah.

Jenis Telepon Satelit

Ada dua jenis telepon satelit yang dapat kita gunakan di tengah laut lepas, di daerah pedalaman, dan di daerah pegunungan, yaitu:

  1. Telepon Satelit Menetap

Bentuk telepon sama seperti telepon rumah, antara gagang telepon dan kotak tombol tersambung dengan kabel. Telepon satelit jenis ini hanya dapat digunakan di dalam ruangan karena menggunakan antena yang sudah dipasangkan di atas suatu bangunan yang bersangkutan.

  1. Telepon Satelit Genggam

Bentuk telepon sama seperti telepon genggam biasa, tetapi ada sebuah antena yang berfungsi sebagai pemancar dan penerima sinyal dari satelit. Kita dapat membawanya ke mana saja dan menggunakannya di mana saja, termasuk menggunakannya antar-benua. Telepon satelit jenis ini hanya dapat digunakan di luar ruangan.

Kelebihan Telepon Satelit

Jika sedang berada di tempat yang sangat jauh, seperti di tengah laut lepas, di daerah pedalaman, di daerah pegunungan, bahkan di benua yang berbeda, BTS telepon berbasis GSM sangat sulit, bahkan tidak akan, ditemukan. Agar tetap dapat berhubungan dengan orang-orang di luar tempat-tempat tersebut, biasanya kita selalu menggunakan telepon satelit. Ada beberapa kelebihan telepon satelit yang akan kita dapatkan, antara lain:

  1. Sinyal telepon satelit tidak mudah terputus meskipun terjadi bencana alam atau cuaca yang ekstem. Hal ini berbanding terbalik dengan telepon berbasis GSM.
  2. Telepon satelit lebih tahan guncangan dan tahan air.
  3. Dapat melakukan panggilan dalam waktu singkat pada tempat-tempat yang sangat jauh.
  4. Datap juga melakukan panggilan ke tengah laut lepas.
  5. Tetap dapat digunakan di daerah dengan status militer yang berbahaya.
  6. Dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di pedalaman.

Kekurangan Telepon Satelit

Selain memiliki beberapa kelebihan, telepon satelit juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Ukurannya yang tidak biasa, bahkan untuk ukuran yang sangat besar, beratnya dapat mencapai 2 kilogram.
  2. Jika menggunakan telepon satelit menetap, kita harus memasang antena di atas bangunan yang bersangkutan untuk mendapatkan sinyal satelit.
  3. Jika menggunakan telepon satelit genggam, kita harus mencari tempat yang terbuka untuk mendapatkan sinyal satelit.
  4. Biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna telepon satelit untuk melakukan panggilan lebih besar dibandingkan dengan biaya telepon berbasis GSM.
  5. Operator telepon satelit sangat sedikit karena biaya operasional yang harus dikeluarkan sangat besar.

Cara Menggunakan Telepon Satelit

Untuk menggunakan telepon satelit, ada dua cara yang dapat kita lakukan, yaitu dengan cara biasa dan dengan menggunakan collect call. Collect call adalah cara yang dilakukan dengan membebani biaya panggilan pada orang yang menerima panggilan.

Cara Menggunakan Telepon Satelit Dengan Cara Biasa

  • Cari nomor telepon satelit yang terdiri atas 14 atau 15 angka. Biasanya, nomor diawali dengan kode panggilan internasional dan untuk kode panggilan internasional Indonesia adalah 001.
  • Tekan kode awal dari perusahaan telepon satelit yang terhubung dengan jenis telepon.
  • Tekan nomor yang ingin dihubungi.

Cara Menggunakan Telepon Satelit Dengan Collect Call

  1. Tanyakan terlebih dahulu pada pengguna telepon satelit, apakah menggunakan collect call atau tidak.
  2. Jika menggunakan collect call, pastikan pengguna telepon satelit sudah mendaftarkan nomor yang dapat dihubungi.
  3. Tekan angka 1, kemudian tekan nomor yang ingin dihubungi.

Itulah beberapa hal yang dapat kita ketahui tentang telepon satelit. Semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Selamat mencoba, ya! Mau belanja telepon satelit sekarang klik :  Daftar Harga Telepon Satelit

The post Apa itu Telepon Satelit? Ini Jawabannya! appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/apa-itu-telepon-satelit/feed/ 0 10181
Alat Ukur Air Berdasarkan 3 Parameter https://www.kucari.com/alat-ukur-air/ https://www.kucari.com/alat-ukur-air/#comments Fri, 14 Sep 2018 06:17:29 +0000 https://www.kucari.com/?p=9354 Air memegang peranan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Bahkan, sekitar 80% tubuh manusia terdiri atas cairan. Oleh karena itu, kualitas air yang

The post Alat Ukur Air Berdasarkan 3 Parameter appeared first on Kucari.

]]>
Air memegang peranan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Bahkan, sekitar 80% tubuh manusia terdiri atas cairan. Oleh karena itu, kualitas air yang digunakan untuk kelangsungan hidup makhluk hidup harus benar-benar diperhatikan.

Untuk mengetahui tingkat kualitas air, kita dapat mengukurnya dengan beberapa alat ukur air berdasarkan parameter Biologi, berdasarkan parameter Fisika, dan berdasarkan parameter Kimia.

Alat Ukur Air Berdasarkan Parameter Biologi

Untuk mengukur kualitas air berdasarkan parameter Biologi, kita dapat menggunakan beberapa alat ukur air seperti berikut ini.

1. Bogorov Tray

Titrasi
Bogorov Tray adalah mikroskop binokuler dengan 40 kali pembesaran yang digunakan untuk mengamati zoop lankton dalam air.

2. Haemocytometer

Haemocytometer
Haemocytometer adalah mikroskop dengan 100 kali pembesaran yang digunakan untuk mengamati plankton mikroskopik atau phytoplankton dalam air.

3. Plankton Net

Plankton Net
Plankton Net adalah sebuah jaring yang digunakan untuk menyaring plankton dalam air dan biasanya terbuat dari nilon berbentuk kerucut dengan panjang 4 hingga 5 kali diameter mulutjaring. Plankton yang ada di dalam air jumlah dan ukurannya sangat banyak. Untuk mendapatkan plankton dengan ukuran yang diinginkan, kita harus menggunakan plankton net dengan mesh size yang sesuai.

4. Sedgwick Rafter Cell

Sedgwick Rafter Cell
Sedgwick Rafter Cell adalah mikroskop binokuler dengan 100 kali pembesaran yang digunakan untuk mengamati phytoplankton dan mikrozooplanton dalam air.

Alat Ukur Air Berdasarkan Parameter Fisika

Untuk mengukur kualitas air berdasarkan parameter Fisika, kita dapat menggunakan beberapa alat ukur air seperti berikut ini.

1. Current Meter

Current Meter
Current meter digunakan untuk mengukur kecepatan arus dan debit air yang dapat dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan metode yang digunakan untuk mengukur kecepatan arus dan debit airnya. Pertama, current meter dengan pengukuran otomatik adalah current meter yang dapat merekam data tentang kecepatan arus dan debit air tanpa harus langsung dilakukan oleh orang yang menggunakannya.

Kedua, current meter dengan pengukuran non-otomatik adalah current meter yang dapat merekam data tentang kecepatan arus dan debit air yang harus dilakukan langsung oleh orang yang menggunakannya.

2. Salinometer

Salinometer
Salinometer digunakan untuk mengukur salinitas air. Salinitas air sendiri memiliki pengertian tingkat keasinan yang terlarut atau tingkat kadar garam dalam air. Air tawar memiliki salinitas kurang dari 0,05 part-per-thousand (ppt), air payau atau saline memiliki salinitas antara 3-5 ppt, dan brine memiliki salinitas lebih dari 5 ppt.

3. Termometer Air

Termometer Air
Termometer ini digunakan untuk mengukur suhu air berdasarkan sifat termometrik, yaitu sifat yang terjadi karena adanya perubahan suhu air. Selain untuk mengukur suhu air, termometer juga dapat mengukur suhu tubuh, suhu ruang, hingga suhu alat pemanggang dengan nama yang berbeda-beda.

4. Turbidity meter

Turbidity meter
Turbidity meter digunakan untuk mengukur tingkat kekeruhan air. Kekeruhan pada air terjadi karena adanya kandungan zatorganik yang berasal dari hewan dan tanaman yang mengalami pelapukan atau zat anorganik yang berasal dari logam dan batu-batuan yang mengalami pelapukan.

Alat Ukur Air Berdasarkan Parameter Kimia

Untuk mengukur tingkat kualitas air berdasarkan parameter Kimia, kita dapat menggunakan beberapa alat ukur air seperti berikut ini.

1. DO Meter

DO Meter
DO (Dissolve Oxygen) Meter digunakan untuk mengukur kadar oksigen di dalam air atau di dalam suatu larutan dengan sistem digital. Kadar oksigen dalam air dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kandungan berbagai macam zat organik dan suhu udara. Kualitas air dapat dikatakan baik jika memiliki Dissolve Oxygen yang tinggi dan dapat dikatakan buruk jika memiliki Dissolve Oxygen yang rendah.

2. CO2 Meter

CO2 Meter
Selain harus mengetahui kadar oksigen dengan mengukurnya menggunakan DO Meter, kita juga harus mengetahui kadar karbondioksida untuk mengetahui tingkat kualitas air. Kadar karbondioksida dalam air ini dapat kita ukur dengan menggunakan CO2 Meter. Jika kadar karbondioksidanya tinggi, kualitas air dapat dikatakan buruk dan jika kadar karbondioksidanya rendah, kualitas air dapat dikatakan baik.

3. Spektrofotometer

Spektrofotometer
Alat ukur air yang satu ini terdiri atas 2 alat ukur, yaitu spektrometer dan fotometer. Sebagai alat ukur air, spektrofotometer digunakan untuk mengukur kadar amonia, fosfat, nitrat, dan nitrit. Dalam dunia perikanan, spektrofotometer digunakan untuk pembenihan udang jenis vannamei atau vaname (udang dariAmerika Selatan yang di budidayakan di Indonesia sebagai pengganti udang windu).

4. pH Meter

pH Meter
pH Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur kadar pH (kadar basa atau kadar keasaman) pada air. pH Meter memiliki sebuah probe atau elektroda pengukur berbentuk batang berstruktur yang biasanya terbuat dari kaca dan ini menjadi bagian yang sangat penting pada pH Meter. Air dapat dikatakan memiliki kadar asam yang tinggi jika elektron yang terdeteksi oleh pH meter jumlahnya banyak dan air dapat dikatakan memiliki kadar basa yang tinggi jika electron yang terdeteksi oleh pH Meter jumlahnya banyak.

5. Kertas pH Indikator

Kertas pH Indikator
Pada dasarnya, kegunaan kertas pH Indikator, pH Strips Paper, atau Indikator Universal sama seperti pH Meter. Meskipun sama-sama digunakan untuk mengukur kadar pH pada air, pH Meter dan kertas pH Indikator memiliki bentuk yang berbeda. pH Meter berbentuk ala tukur digital, sedangkan kertas pH Indikator berbentuk kertas dengan 4 garis warna, yaitu kuning, hijau, jingga, dan jingga kecokelatan.

6. Titrasi

Titrasi
Titrasi adalah alat untuk mengukur kadar konsentrasi alkalinitas pada air dengan mencampurkan beberapa volume larutan dan beberapa volume larutan lain yang sudah diketahui kadar konsentrasi alkalinitasnya atau larutan baku.

Ada 2 jenis titrasi yang dapat kita gunakan untuk mengetahui kadar pH air, yaitu alkalimetri (menentukan konsentrasi larutan asam menggunakan larutan baku basa) dan asidimetri (menentukan konsentrasi larutan basa menggunakan larutan baku asam).

water quality testing

Frekuensi Pengambilan Sampel Air yang Tepat

Setelah mengetahui berbagai alat ukur air berdasarkan parameter Biologi, parameter Fisika, dan parameter Kimia, kita juga harus mengetahui frekuensi pengambilan sampel air yang tepat. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kualitas air yang dapat terjadi kapan saja. Adapun frekuensi pengambilan sampel air yang tepat adalah sebagaiberikut.

  1. Lakukan pengambilan sampel air setiap 2 minggu sekali selama setahun untuk mengetahui kualitas air di saluran atau sungai yang tercemar berat.
  2. Lakukan pengambilan sampel air setiap 1 bulan sekali selama setahun untuk mengetahui kualitas air di saluran atau sungai yang tercemar ringan hingga sedang.
  3. Lakukan pengambilan sampel air setiap 3 bulan sekali selama setahun untuk mengetahui kualitas air alami yang belum tercemar apa pun.
  4. Lakukan pengambilan sampel air setiap 2 bulan sekali selama setahun untuk mengetahui kualitas air waduk atau air danau.
  5. Lakukan pengambilan sampel air setiap 3 bulan sekali selama setahun untuk mengetahui kualitas air tanah.

Itulah beberapa alat ukur air yang dapat kita gunakan untuk mengukur kualitas air berdasarkan parameter Biologi, berdasarkan parameter Fisika, dan berdasarkan parameter Kimia. Untuk mengukur kualitas air, kita juga harus memperhatikan frekuensi pengambilan sampel airnya.

The post Alat Ukur Air Berdasarkan 3 Parameter appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-ukur-air/feed/ 1 9354
Macam-Macam Alat Ukur Listrik serta Cara Menggunakannya https://www.kucari.com/alat-ukur-listrik/ https://www.kucari.com/alat-ukur-listrik/#respond Mon, 10 Sep 2018 04:34:53 +0000 https://www.kucari.com/?p=8911 Umumnya, listrik dibagi menjadi 2 macam, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Listrik statis adalah listrik yang elektronnya tidak berpindah-pindah atau diam, sedangkan listrik dinamis adalah listrik yang elektronnya dapat

The post Macam-Macam Alat Ukur Listrik serta Cara Menggunakannya appeared first on Kucari.

]]>
Umumnya, listrik dibagi menjadi 2 macam, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Listrik statis adalah listrik yang elektronnya tidak berpindah-pindah atau diam, sedangkan listrik dinamis adalah listrik yang elektronnya dapat berpindah-pindah atau bergerak. Pada listrik dinamis, jika perpindahan elektronnya searah, listrik ini disebut dengan arus listrik DC (Direct Current), tetapi jika perpindahan elektronnya bolak-balik, listrik ini disebut dengan arus listrik AC (Alternating Current).

Arus listrik AC adalah arus listrik yang arahnya selalu bolak-balik dan besarannya selalu berubah sehingga membentuk gelombang sinusoida atau yang biasa disingkat dengan gelombang sinus. Sementara itu, arus listrik DC adalah arus listrik searah yang sebenarnya mengalir dari kutub negatif ke kutub positif. Untuk mengetahui besaran arus listrik, kita membutuhkan alat ukur listrik yang baik.

Macam-Macam Alat Ukur Listrik AC

Untuk mengukur arus listrik yang arahnya selalu bolak-balik atau arus listrik AC, kita dapat menggunakan beberapa alat ukur listrik seperti berikut ini.

Amperemeter AC

Amperemeter AC

Untuk mengetahui besarnya arus pada rangkaian listrik AC, kita dapat menggunakan Amperemeter AC yang disusun secara seri. Nantinya, alat ukur listrik ini akan mendapatkan arus yang melewati penghantar yang dipasangkan pada suatu rangkaian listrik AC.

Adapun cara menggunakan Amperemeter AC adalah sebagai berikut.

  • Pasang Amperemeter AC pada rangkaian listrik secara seri dengan memotong konduktor agar arus listrik dapat melewati Amperemeter.
  • Sambungkan Amperemeter AC ke konduktor yang sudah dipotong tadi.
  • Ukur arus listrik dengan memperhatikan jarum yang menunjukkan angka pada Amperemeter AC.
  • Untuk mendapatkan besaran arus listrik yang tepat, kita harus benar-benar memahami dan memperhatikan karakteristik Amperemeter AC yang digunakan.
  • Untuk hasilnya, kita dapat menghitung besarnya arus listrik dengan mengalikan angka yang ditunjuk dan angka skala maksimum.

Frekuensi Meter

frequency meter

Untuk mengetahui banyaknya frekuensi pada rangkaian listrik AC, kita dapat menggunakan Frekuensi Meter. Frekuensi di sini adalah banyaknya jumlah getaran yang terjadi pada suatu rangkaian listrik AC setiap detiknya. Alat ukur listrik ini tidak dapat digunakan pada rangkaian listrik DC karena tidak memiliki frekuensi.

Adapun cara menggunakan Frekuensi Meter adalah sebagai berikut.

  • Siapkan frekuensi meter dengan lidah getar, kabel penghubung, dan setop kontak.
  • Pasang dengan benar kabel penghubung yang sudah disiapkan pada 2 lubang frekuensi meter.
  • Hubungkan secara bersamaan 2 kabel yang sudah dipasangkan pada frekuensi meter ke setop kontak yang dialiri arus listrik bolak-balik atau arus listrik AC.
  • Hasil pengukuran dapat kita peroleh dari lidah getar yang bergetar paling cepat.

Voltmeter AC

Voltmeter AC

Untuk mengetahui besarnya tegangan pada rangkaian listrik AC, kita dapat menggunakan Voltmeter AC yang disusun secara paralel. Selain menggunakan alat ukur listrik AC ini, kita juga dapat menggunakan multimeter dengan mengubah selector switch-nya menjadi AC Volt.

Adapun cara menggunakan Voltmeter AC adalah sebagai berikut.

  • Pasang Voltmeter AC pada rangkaian listrik secara paralel yang memiliki potensial berbeda.
  • Sesuaikan pemasang kutub-kutub Voltmeter AC, kutub positif dipasangkan dengan potensial tinggi dan kutub negative dipasangakan dengan potensial rendah.
  • Lakukan pengukuran dengan melihat angka yang ditunjukkan pada Voltmeter AC.
  • Untuk hasilnya, kita dapat menghitung besarnya tegangan arus listrik dengan mengalikan angka yang ditunjuk dan angka skala maksimum.

Wattmeter

Voltmeter AC

Untuk mengetahui besarnya daya pada rangkaian listrik AC, kita dapat menggunakan Wattmeter yang terbuat dari perpaduan antara amperemeter AC dan voltmeter AC. Ada 3 macam wattmeter yang dapat kita gunakan untuk mengukur daya listrik, yaitu wattmeter analog, wattmeter digital, dan wattmeter induksi.

Adapun cara menggunakan Wattmeter digital adalah sebagai berikut.

  • Hubungkan kabel In Put (POWER SOURCE) ke terminal WATT & 10 A.
  • Hubungkan kabel Out Put (LOAD) ke terminal COM & V.
  • Geser tombol ke posisi ON untuk menghidupkan Wattmeter digital.
  • Tekan tombol PILIHAN untuk mengukur daya yang diinginkan. Pilihan Watt 1 untuk daya 2.000 Watt dan Watt 2 untuk daya 6.000 hingga X10 Watt.
  • Pilih WATT ZERO ADJUST di pengaturan untuk membuat tampilan layar berangka nol.
  • Hubungkan kabel In Put ke setop kontak agar LOAD bekerja.
  • Jika menggunakan Watt 1, tampilan layar Wattmeter adalah hasil ukur daya pada LOAD.
    Jika menggunakan Watt 2, tampilan layar Wattmeter adalah hasil ukur daya yang sudah dikalikan 10.
    Jika sudah selesai digunakan, matikan Wattmeter dengan menggeser tombol ke posisi OFF.

Macam-Macam Alat Ukur Listrik DC

Arus listrik DC terjadi secara konstan dari arus listrik yang berpotensial tinggi ke arus listrik yang berpotensial rendah, baik melalui konduktor, semikonduktor, pancaran ion, maupun pancaran elektron. Untuk mengukur arus listrik searah, kita dapat menggunakan beberapa alat ukur listrik seperti berikut ini.

Amperemeter DC

Amperemeter DC

Selain untuk mengukur besarnya arus listrik AC, Amperemeter juga dapat digunakan untuk mengukur besarnya arus listrik DC yang dihubungkan secara seri pada suatu sirkuit. Cara menggunakan Amperemeter DC sama seperti cara menggunakan Amperemeter AC.

Ohmmeter

Ohmmeter adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur daya listrik dan mengukur resistensi rangkaian listrik. Selain itu, Ohmmeter juga dapat digunakan untuk mengetes apakah kabel, saklar, dan sekering terputus atau tidak.

Adapun cara menggunakan Ohmmeter adalah sebagai berikut.

  • Putuskan hubungan semua daya yang terhubung ke rangkaian yang ingin diuji.
  • Masukkan 2 probe ke dalam lubang meteran masing-masing.
  • Atur meteran agar berada di posisi angka nol.
  • Pilih perangkat atau rangkaian yang ingin diuji.
  • Sentuhkan 1 probe ke salah satu ujung rangkaian dan 1 probe ke ujung lainnya, kemudian catat hasilnya.
  • Matikan Ohmmeter jika sudah selesai digunakan.

Voltmeter

Selain untuk mengukur aOhmmeterrus listrik AC, Voltmeter juga dapat digunakan untuk mengukur arus listrik dan mengukur tegangan listrik DC, termasuk untuk mengukur tegangan listrik dalam baterai. Selain itu, voltmeter juga dapat digunakan untuk mengukur tegangan listrik yang turun dalam sebuah sirkuit. Cara menggunakan Voltmeter DC sama seperti cara menggunakan Voltmeter AC.

Multimeter

Multimeter

Jika ingin mengukur aliran arus listrik, daya listrik, dan tegangan listrik dalam satu alat ukur, kita dapat menggunakan Multimeter, baik multimeter tipe digital maupun multimeter tipe analog. Dibandingkan dengan multimeter tipe analog, multimeter tipe digital memiliki keakuratan yang jauh lebih baik.

Alat Ukur Listrik Analog dan Digital

Ada 2 jenis alat ukur listrik yang dapat kita gunakan, yaitu alat ukur listrik analog dan alat ukur listrik digital. Alat ukur listrik analog dapat kita kenali dari bentuknya yang lebih sederhana dan melihat jarum yang menunjuk suatu angka untuk mengetahui nilai besaran yang diukur. Sementara itu, alat ukur listrik digital dapat kita kenali dari bentuknya yang lebih modern dan melihat angka yang ada di dalam layar untuk mengetahui nilai besaran yang diukur karena tidak menggunakan jarum.

Itulah beberapa alat ukur listrik AC dan DC serta cara menggunakannya. Sebelum menggunakan alat-alat ukur listrik tersebut, pastikan terlebih dahulu kita ingin menggunakan alat ukur listrik analog atau alat ukur listrik digital. Selamat mengukur, ya!

The post Macam-Macam Alat Ukur Listrik serta Cara Menggunakannya appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-ukur-listrik/feed/ 0 8911
Total Station: Alat Ukur Survei dari Pengembangan Theodolite https://www.kucari.com/total-station-alat-ukur-survei/ https://www.kucari.com/total-station-alat-ukur-survei/#respond Sat, 08 Sep 2018 03:34:06 +0000 https://www.kucari.com/?p=8678 Untuk melakukan pengukuran jarak dan sudut, ada dua alat ukur survei yang dapat digunakan, yaitu theodolite dan total station. Tetapi saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan total

The post Total Station: Alat Ukur Survei dari Pengembangan Theodolite appeared first on Kucari.

]]>
Untuk melakukan pengukuran jarak dan sudut, ada dua alat ukur survei yang dapat digunakan, yaitu theodolite dan total station. Tetapi saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan total station untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Pengertian Total Station

Total station adalah alat ukur survei yang digunakan untuk mengukur sudut, jarak, arah, menetukan koordinat, dan perbedaan ketinggian secara elektronik dalam satu alat. Alat ukur survei dari hasil pengembangan theodolite ini dilengkapi dengan komputer untuk mempermudah proses data, juga dilengkapi dengan reflektor sebagai target dan pengganti sumbu ukur. Tidak hanya itu, total station juga dilengkapi dengan sebuah prosesor sehingga dapat menghitung perbedaan ketinggian, jarak datar, dan koordinat dengan cepat tanpa harus menggunakan alat hitung, seperti kalkulator.

Topcon Total Station

Total station juga dapat menjalankan beberapa program survei, seperti menghitung luas, setting-out, menghitung dan menentukan orientasi arah, dan lain-lain. Saat menggunakan alat ukur survei ini, kita akan mendapatkan banyak data yang akan disimpan di dalam media perekam yang terbagi menjadi dua, yaitu media internal atau on-board dan media eksternal atau berupa card. Data-data yang sudah diperoleh ini dapat ditransfer atau dikirim ke PC untuk diproses menjadi peta menggunakan program mapping software.  

Beberapa Syarat agar Total Station dapat Digunakan Secara Maksimal

Untuk dapat menggunakan total station secara maksimal, kita harus memeriksa dan memenuhi beberapa syarat. Hal ini dilakukan agar hasil dari pengukuran yang kita lakukan tepat. Berikut ini adalah beberapa persyaratan agar total station dapat digunakan secara maksimal.

  1. Posisi sumbu pertama harus benar-benar tegak lurus atau vertikal.
  2. Posisi sumbu kedua harus benar-benar mendatar atau horizontal.
  3. Posisi sumbu kedua harus benar-benar tegak lurus dengan posisi sumbu pertama.
  4. Periksa ketelitian bacaan antara jarak vertikal dan jarak horizontal.
  5. Periksa ketelitian bacaan sudut horizontal.
  6. Perkirakan kemampuan software yang digunakan untuk menghitung hasil koordinat.
  7. Perkirakan kemampuan software yang digunakan untuk menghitung hasil perbedaan ketinggian.  

Bagian-bagian Total Station yang harus Diperhatikan

Setelah memeriksa dan memenuhi persyaratan penggunaan total station, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa semua bagian alat ukur survei tersebut, apakah dapat berfungsi dengan baik atau tidak. Dengan persyaratan yang sudah terpenuhi dan total station yang dalam kondisi prima, kita dapat melakukan pekerjaan dengan nyaman dan akan mendapatkan data-data yang akurat. Berikut ini adalah bagian-bagian total station yang harus diperhatikan.

  1. Semua klem dan sekrup yang akan digunakan untuk pengaturan harus berfungsi dengan baik dan benar.
  2. Semua nivo, baik nivo tabung maupun nivo kotak, juga harus berfungsi dengan baik.
  3. Display harus berfungsi dengan baik agar data-data yang ditampilakn dapat terbaca denga jelas.
  4. Lensa pada teropong harus benar-benar cerah, jernih, dan dalam kondisi yang baik.

Cara Menggunakan Total Station

Berikut ini adalah cara menggunakan total station yang baik dan benar agar hasil yang didapatkan tepat dan maksimal.

  1. Pasangkan kaki-kaki tripod/trifoot/statif di tempat yang diinginkan atau di tempat yang sudah diketahui elevasi dan titik koordinatnya.
  2. Pasangkan dan pastikan kaki-kaki tripod/trifoot/statif terpasang dengan kuat sehingga posisinya selalu stabil.
  3. Atur posisi tribrach atau pelat dudukan alat ukur semendatar mungkin.
  4. Kencangkan semua sekrup yang ada di setiap kaki tripod/trifoot/statif agar tidak mudah goyah.
  5. Posisikan penanda ketepatan sumbu vertikal total station pada titik yang diinginkan.
  6. Atur posisi sumbu pertama vertikal dan sumbu kedua horizontal menggunakan sekrup penyeimbang nivo kotak. Biasanya, sekrup-sekrup ini disebut dengan sekrup A, sekrup B, dan sekrup C.
  7. Atur posisi nivo agar sejajar dengan posisi berdiri kita.
  8. Letakkan gelembung nivo tepat di dalam lingkaran.
  9. Putar total station sebesar 90 derajat dari posisi berdiri kita.
  10. Lakukan pengecakan, apakah posisi nivo tetap berada di tengah ingkaran atau justru bergeser.
  11. Jika bergeser, posisikan kembali nivo ke tengah lingkaran dengan mengatur posisi sekrup C.
  12. Lakukan pengecekan kembali, apakah posisi penanda ketepatan sumbu vertikal tetap berada di posisi yang diinginkan atau justru bergeser.
  13. Jika bergeser, kendurkan sekrup pengunci total station pada tribrach, kemudian geser secara perlahan hingga posisi penanda arah vertikal berada di titik yang diinginkan.
  14. Kencangkan sekrup pengikat yang dikendurkan tadi.
  15. Lakukan pengecekan kembali, apakah posisi gelembung nivo berada di tengah lingkaran atau justru bergeser.
  16. Jika bergeser, posisikan kembali gelembung nivo ke tengah lingkaran dengan menggeser sekrup A, sekrup B, dan sekrup C secara perlahan.
  17. Jika posisi gelembung nivo sudah berada di tengah bidang nivo dan benar-benar sudah centering, total station siap untuk digunakan.

Kelebihan dari Total Station

Total station saat ini menjadi alat ukur survei yang digunakan oleh banyak orang untuk mengukur jarak dan sudut. Banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan alat ukur survei ini karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Dapat mengembangkan pembacaan dari semua data pengukuran  yang diterima secara digital dengan menggunakan sistem laser dan sistem prisma.
  2. Semua data yang diterima oleh total station akan disimpan di dalam media eksternal sehingga dapat diintegrasikan ke dalam program CAD.
  3. Hasil yang diberikan oleh alat ukur survei ini sangat akurat meskipun kita melakukan pengukuran di tempat-tempat  yang berbahaya.
  4. Lebih ekonomis, lebih efisien, dan lebih hemat waktu karena pekerjaan dilakukan secara otomatis.
  5. Dapat meminimalkan kesalahan saat proses pengambilan data.
  6. Keakuratan data yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan.

Kekurangan Total Station

Selain memiliki beberapa kelebihan, ternyata total station juga memiliki beberapa kekurangan, seperti berikut ini.

  1. Untuk memiliki alat ukur survei ini, kita harus merogoh kocek yang dalam karena harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan alat ukur survei lainnya.
  2. Alat ukur survei ini sangat bergantung pada sumber tegangan sehingga kita harus selalu memiliki dan membawa cadangan sumber tegangan yangn cukup selama melakukan pekerjaan dengan total station.
  3. Untuk dapat menggunakannya, kita tidak hanya perlu melakukan pelatihan tentang survei. Kita juga harus melakukan pelatihan tentang hal-hal yang berhubungan dengan total station.
  4. Agar dapat digunakan secara maksimal, alat ukur survei ini sangat bergantung pada kemampuan orang yang menggunakannya.

Alat Survei Total Station

Perbedaan Total Station dan Theodolite

Meskipun sama-sama sebagai alat ukur survei, ternyata total station dan theodolite memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Perbedaan-perbedaan tersebut adalah:

  1. Total station memiliki kecepatan dan ketelitian untuk mengukur jarak jauh dan sudut lebih baik dibandingkan dengan theodolite.
  2. Total station juga memiliki kemampuan untuk mengukur pemetaan situasi yang lebih baik dibandingkan dengan theodolite.
  3. Total station dapat menerima data-data tentang jarak dan sudut dalam satu pengukuran, sedangkan theodolite harus menggunakan data-data pendukung untuk dapat menerima data-data tentang jarak dan sudut.
  4. Total station memiliki presisi dan integrasi digital yang lebih baik dibandingkan dengan theodolite.

 

Kelengkapan Total Station

Tripod / Kaki

Tripod

Prisma Poligon

prisma polygon

Mini Prisma

mini prisma

Range Pole / Stik

range pole

Software dan Kabel Data

Itulah beberapa hal yang harus diketahui tentang alat ukur survei total station. Semoga dengan penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita tentang alat ukur survei yang sering digunakan untuk mengukur jarak dan sudut selain theodolite. Selamat mencoba, ya!

Butuh alat survei Total station ? Kami menyediakan berbagai merk seperti : Topcon, Nikon, Sokkia, Leica, Gowin, South, Hi-Target, Spectra, Ruide, Pentax. Untuk melihat gambar dan spesifikasi Total Station bisa klik link Daftar Harga Total Station

The post Total Station: Alat Ukur Survei dari Pengembangan Theodolite appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/total-station-alat-ukur-survei/feed/ 0 8678
Berbagai Alat Laboratorium yang dapat Digunakan untuk Melakukan Penelitian https://www.kucari.com/alat-laboratorium-untuk-melakukan-penelitian/ https://www.kucari.com/alat-laboratorium-untuk-melakukan-penelitian/#respond Fri, 07 Sep 2018 03:15:43 +0000 https://www.kucari.com/?p=8628 Untuk menguji dan meneliti sesuatu, kita dapat menggunakan 3 jenis penelitian, yaitu penelitian Biologi, penelitian Fisika, dan penelitian Kimia. Kita juga membutuhkan berbagai alat laboratorium untuk melakukan ketiga penelitian tersebut.

The post Berbagai Alat Laboratorium yang dapat Digunakan untuk Melakukan Penelitian appeared first on Kucari.

]]>
Untuk menguji dan meneliti sesuatu, kita dapat menggunakan 3 jenis penelitian, yaitu penelitian Biologi, penelitian Fisika, dan penelitian Kimia. Kita juga membutuhkan berbagai alat laboratorium untuk melakukan ketiga penelitian tersebut.

Berikut ini adalah beberapa alat laboratorium Biologi, alat laboratorium Fisika, dan alat laboratorium Kimia yang dapat digunakan saat melakukan penelitian.

Alat Laboratorium Biologi

Untuk melakukan penelitian di Laboratorium Biologi, kita dapat menggunakan beberapa alat seperti berikut ini.

Batang L

batang L

Batang L atau disebut juga dengan Spreader adalah alat laboratorium biologi yang digunakan untuk menyebarkan suatu zat cair agar bakteri yang tersuspensi di dalam zat cair tersebut menyebar secara merata di atas media yang digunakan.

Coloni Counter

Coloni Counter

Coloni Counter adalah alat laboratorium biologi yang digunakan untuk mengamati pertumbuhan dan menghitung koloni yang tumbuh setelah mengalami masa inkubasi menggunakan cawan secara mudah.

Cuvet

Cuvet

Cuvet adalah alat laboratorium biologi yang digunakan sebagai wadah atau tempat sampel untuk menganalisis suatu reaksi dengan spektrofotometer. Alat laboratorium biologi ini terbuat dari polimetakrilat, silika, atau polistirena sehingga dilarang untuk dipanaskan.

Hot Plate Stirrer

Hot Plate Stirrer

Hot Plate Stirrer atau disebut juga dengan Stirrer Bar atau Magnetic Stirrer adalah alat laboratorium biologi yang digunakan untuk menghomogenkan larutan dengan cara diaduk, kemudian dipanaskan.

Jarum Inokulum

Jarum Inokulum

Jarum Inokulum atau disebut juga dengan Jarum Ose adalah alat laboratorium biologi berbentuk jarum yang digunakan untuk memindahkan suatu bagian untuk ditumbuhkan atau ditanamkan ke media yang baru. Alat laboratorium biologi ini terbuat dari platinum atau kawat nichrome dengan ujung berbentuk lingkaran untuk melakukan stek di permukaan meda baru dan badan berbentuk lurus untuk melakukan inokulasi.

Pembakar Bunsen

Pembakar Bunsen

Pembakar Bunsen adalah alat laboratorium biologi yang digunakan untuk mensterilkan sesuatu melalui pembakaran dengan api yang berwarna biru. Contoh alat yang disterilkan dengan Pembakaran Bunsen adalah Jarum Inokulum atau Jarum Ose.

Pipet Gondok

Pipet Gondok

Pipet Gondok atau disebut juga dengan Pipet Volum adalah alat laboratorium biologi yang digunakan untuk memindahkan larutan dengan ukuran yang tepat. Ketelitian alat laboratorium biologi yang memiliki ukuran mulai dari 5 mililiter hingga 25 mililiter ini adalah kurang lebih 0,02 persen.

Tabung Durham

Tabung Durham

Tabung Durham adalah alat laboratorium biologi yang memiliki fungsi seperti tabung reaksi, hanya ukurannya lebih kecil. Selain itu, Tabung Durham dapat menampung hasil fermentasi suatu mikroorganisme yang berupa gas.

Tabung Reaksi

Tabung Reaksi

Tabung reaksi adalah alat laboratorium biologi yang digunakan untuk melakukan penelitian terhadap reaksi zat-zat kimia dalam jumlah yang kecil, menumbuhkan mikroba, dan menguji biokomia. Alat laboratorium biologi ini berbentuk tabung kaca yang dapat diisi dengan zat cair atau zat padat.

Alat Laboratorium Fisika

Untuk melakukan penelitian di Laboratorium Fisika, kita dapat menggunakan beberapa alat seperti berikut ini.

Dinamometer

Dinamometer

Dinamometer atau disebut juga dengan neraca pegas adalah alat uji laboratorium Fisika yang digunakan untuk mengukur gaya dan berat benda. Berat suatu benda dapat berubah-ubah bergantung pada gaya gravitasi di tempat benda tersebut berada. Untuk mendapatkan hasil berat benda, kita harus mengalikan massa benda tersebut dengan percepatan gravitasi.

Garputala

Garputala

Garputala adalah alat uji laboratorium Fisika berbentuk huruf Y yang digunakan untuk mengukur dan menyamakan frekuensi pada nada. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita harus menggunakan garputala yang memiliki kualitas baik karena tidak akan memuai jika terkena panas dan tidak akan menyusut jika terkena dingin.

Hidrometer

Hidrometer

Hidrometer adalah alat uji laboratorium Fisika yang digunakan untuk mengukur dan menguji berat jenis zat cair. Hidrometer memiliki 2 bagian utama, yaitu gelas kaca sebagai wadah untuk menampung zat cair dan pelampung yang ada di dalam gelas kaca. Untuk melihat hasil uji, kita dapat melihat skala ukuran berat jenis zat cair yang ada di pelampung.

Neraca Ohaus

Neraca Ohaus

Neraca ohaus adalah alat uji laboratorium Fisika yang digunakan untuk mengukur massa logam atau massa benda. Untuk mengetahui massa logam atau massa benda, kita dapat menjumlahkan setiap posisi anak timbangan di sepanjang lengan neraca setelah neraca berada pada posisi yang setimbang.

Pipa Kapiler

Pipa Kapiler

Dibandingkan dengan diameter pipa-pipa lainnya, diameter pipa kapiler sangatlah kecil antara 0,8 milimeter hingga 2 milimeter. Alat uji laboratorium Fisika yang satu ini memiliki panjang kurang lebih 1 meter dan digunakan untuk mengetahui terjadinya peristiwa kapilaritas. Kapilaritas adalah peristiwa naik atau turunnya permukaan zat cair yang terjadi pada pipa kapiler.

Alat Laboratorium Kimia

Untuk melakukan penelitian di Laboratorium Kimia, kita dapat menggunakan beberapa alat seperti berikut ini.

Beker

Beker

Beker adalah alat laboratorium kimia yang yang digunakan sebagai tempat atau wadah untuk mencampurkan, mengaduk, atau memanaskan zat-zat cair. Alat laboratorium kimia ini terbuat dari plastik atau kaca borosilikat dengan berbagai ukuran, mulai dari ukuran 1 mililiter hingga ukuran beberapa liter.

Buret

Buret

Buret adalah alat laboratotium kimia yang digunakan untuk meneteskan beberapa tetes reagen cair yang memerlukan presisi saat melakukan suatu eksperimen. Alat laboratorium kimia ini berbentuk gelas silinder dengan garis ukur dan sebuah sumbat berupa keran di bagian bawahnya.

Cawan Petri

Cawan Petri

Cawan petri atau yang disebut juga dengan telapa petri adalah alat ukur laboratorium kimia yang digunakan untuk membiakkan sel, menyelidiki tropi, dan mengkultur biji-bijian, bakteri, spora, atau khamir. Cawan petri berbentuk bundar dan terbuat dari kaca atau plastik. Ada 2 ukuran cawan petri yang selalu digunakan, yaitu cawan petri berukuran besar yang digunakan sebagai penutup dan cawan petri berukuran kecil yang digunakan sebagai wadah penelitian.

Gelas Kimia

Gelas Kimia

Gelas kimia adalah alat laboratorium kimia yang digunakan sebagai wadah atau tempat dengan ukuran mulai dari 25 mililiter hingga 5 liter untuk melarutkan zat-zat yang tidak membutuhkan ketelitian tinggi.

Kalorimeter Larutan

Kalorimeter Larutan

Kalorimeter Larutan adalah alat laboratorium Kimia yang digunakan untuk mengetahui dan mengukur jumlah atau nilai kalor yang terjadi pada suatu reaksi kimia dalam larutan.

Kalorimeter Makanan

Kalorimeter Makanan

Kalorimeter Makanan adalah alat laboratorium Kimia yang digunakan untuk mengetahui nilai atau jumlah kalor pada zat makanan, seperti protein, karbohidrat, atau lemak.

Krus

Krus adalah alat laboratorium kimia yang digunakan sebagai tempat atau wadah untuk menampung senyawa kimia dengan proses pemanasan bertemperatur sangat tinggi. Alat laboratorium kimia ini berbentuk seperti cawan dan tersedia dalam berbagai ukuran.

Sungkup Asap

Sungkup Asap

Sungkup asap adalah alat ilmiah yang biasanya terdapat di dalam laboratorium kimia dan digunakan untuk mengurangi tingkat paparan asap yang berbahaya pada seseorang. Ada 2 jenis sungkup asap yang digunakan di dalam laboratorium kimia, yaitu sungkup asap jenis resirkulasi dan sungkup asap jenis saluran.

Itulah beberapa alat laboratorium, baik alat laboratorium Biologi, alat laboratorium Fisika, maupun alat laboratorium Kimia, yang dapat digunakan untuk melakukan penelitian. Semoga bermanfaat!

The post Berbagai Alat Laboratorium yang dapat Digunakan untuk Melakukan Penelitian appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-laboratorium-untuk-melakukan-penelitian/feed/ 0 8628
Telepon Satelit: Tarif dan Berbagai Merk Telepon Satelite https://www.kucari.com/telepon-satelit/ https://www.kucari.com/telepon-satelit/#respond Fri, 10 Aug 2018 04:07:23 +0000 https://www.kucari.com/?p=7279 Telepon satelit atau HP satelit adalah alat komunikasi dengan jaringan satelit langsung, hampir sama dengan handphone hanya operator telepon satelit tidak memerlukan antena BTS, semua berada di atas atau sistem

The post Telepon Satelit: Tarif dan Berbagai Merk Telepon Satelite appeared first on Kucari.

]]>
Telepon satelit atau HP satelit adalah alat komunikasi dengan jaringan satelit langsung, hampir sama dengan handphone hanya operator telepon satelit tidak memerlukan antena BTS, semua berada di atas atau sistem satelit. Membuat layanan mereka bersaing untuk telepon jarak jauh dan lokasi yang tidak ter-cover oleh sinyal GSM/GPRS.

Telepon satelit sekarang lebih terjangkau, walau biayanya masih premium seperti telepon SLI.  Tapi menelpon di jaringan yang sama relatif lebih murah, walau koneksi yang dilakukan di berbagai benua. Bahkan lebih murah dari taif biaya Roaming di luar negeri yang kadang sangat mahal.

Pendakian, berlayar, atau penjelajahan terpencil di pedalaman dapat membebaskan dan menggembirakan, tetapi menghindari kontak dengan peradaban tidak selalu berjalan sesuai rencana. Bahkan orang yang memutuskan untuk hidup di luar jaringan sering menginginkan metode berkomunikasi dengan pihak berwenang atau keluarga dalam keadaan darurat. Ketika Anda menuju ke luar jangkauan ponsel – apakah Anda akan berada di darat, air, atau es – telepon satelit dapat menjadi jalur kehidupan dua arah untuk panggilan darurat.

Sistem jaringan telepon satelit ada 2 jenis.
Ada 2 sistem jaringan telepon satelit, satu Geosync untuk satelit orbi tinggi dan Low Orbit satelit untuk satelit orbit rendah.

  1. Sistem Geosynchronous adalah jaringan telepon dimana satelit tetap diam di satu tempat dengan mengikuti orbit bumi. Posisi satelit  tidak berubah dan terus mengikuti putaran bumi. Satelit ditempatkan di tempat sangat tinggi, mencapai 30.000km dari permukaan bumi. Fungsinya untuk memberikan cover area lebih luas di bawah satelit. Salah satu layanan telepon satelit Geosnyc adalah AceS yang menyediakan layanan di seluruh Asia Tengara dengan 1 satelit saja. Karena posisi satelit sangat tinggi, pembicaraan akan terjadi kelambatan. Dan jangkauan sinyal satelit menjadi lemah, serta ponsel memerlukan ukuran besar agar dapat memberi sinyal lebih kuat untuk menjangkau antena satelit diatas. Tetapi satelit tetap berada di atas penguna, bila terhubung mendapatkan koneksi stabil.
  2. Low Earth orbit (LEO). Adalah sistem satelit yang berubah ubah dengan jumlah satelit lebih banyak, dan setiap satelit mengorbit (berputar) di bumi setiap 1 sampai 1,5 jam. Dibutuhkan beberapa satelit untuk mencover seluruh permukaan bumi. Posisi satelit berada di orbit rendah, antara ketinggian 600km sampai 1100km. Layanan telepon satelit ini disebut Iridium, memiliki jumlah 66 satelit yang mengorbit diatas Bumi. Walau posisi satelit lebih rendah, tapi jumlah satelit akan saling bergantian mencover area di seluruh dunia. Ukuran ponsel lebih portabel sehingga dibuat lebih kecil, karena tidak memerlukan daya besar dalam tranmisi sinyal ke satelit.

satellite phone

Telepon satelit memungkinkan Anda membuat dan menerima panggilan di lapangan. Handphone Satelit menggunakan salah satu dari empat jaringan satelit – hanya tiga yang melayani Amerika Serikat. Banyak model juga mengirim dan menerima pesan teks dan email. Handphone Satelit sering termasuk GPS dan fungsi pelacakan, untuk digunakan sebagai GPS cadangan atau mengirim pesan SOS. Koneksi data menjadi standar di sebagian besar telepon satelit, tetapi jangan berpikir Anda akan menggunakannya untuk memposting foto di Instagram atau menjelajahi internet. Koneksi data telepon satelit saat ini maksimal pada 9,6 kbps.

Opsi dari berbagai jaringan termasuk paket kelautan, penerbangan, dan otomotif, antena khusus, perangkat konektivitas berkualitas internet yang ditingkatkan (dengan biaya peralatan dan layanan yang disempurnakan), dan banyak lagi. Kami fokus pada peralatan dasar.

Telepon satelit dan paket layanan tidak murah, meskipun mereka lebih murah hari ini daripada 10 tahun yang lalu. Anda akan ingin mempertimbangkan kebutuhan Anda dan ke mana Anda akan bepergian dengan hati-hati sebelum membeli atau mendaftar untuk apa pun. Langkah pertama adalah memilih jaringan. Cakupan jaringan satelit, keandalan, kualitas suara, dan biaya layanan sangat bervariasi. Setelah Anda memilih jaringan (lihat di bawah), Anda akan memilih paket telepon dan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk membantu Anda memilih telpon satelit yang tepat kami berikan beberapa tipe dan merk yang ada di Indonesia :

Daftar Telepon Satelit Terbaik di Indonesia

Iridium. 
Layanan dari Amerika mengunakan satelit LEO. Sampai saat ini sudah meluncurkan satelit Iridium ke 97 dan 98. Satu satelit mampu menampung 1100 sambungan. Frekuensi yang dipakai dari 1618Mhz

Iridium 9555

Iridium 9555

Harga Kisaran :
Rp. 17.500.000 – Rp. 19.500.000

Ringkas dan ringan, telepon satelit Iridium 9555 cukup tangguh untuk melakukan perjalanan ke mana saja dan bertahan di lingkungan paling keras di dunia. Fitur termasuk suara, pesan teks, kemampuan hands-free dan port data USB, dan Iridium 9555 beroperasi pada satu-satunya jaringan satelit dengan cakupan global 100% di darat, saluran air dan di langit.

Fitur Utama

  • Mendukung layanan suara dan pesan teks Iridium
  • Data yang mampu: Circuit-Switched dan email pendek
  • Ringkas dan ringan
  • Mudah digunakan antarmuka pengguna yang intuitif
  • Tahan lama: tahan air, guncang, dan debu
  • Kisaran suhu pengoperasian: 14 ° F hingga 131 ° F (-10 ° C hingga 55 ° C)
  • Masa pakai baterai: hingga 4 jam waktu bicara, 30 jam siaga

Iridium Extreme 9757

Iridium Extreme 9757

Harga Kisaran :
Rp. 26.500.000 – Rp. 29.500.000

 

Iridium 9575 Extreme adalah telepon satelit paling canggih yang tersedia saat ini. Tidak hanya menawarkan akses ke cakupan global Iridium untuk layanan suara, data, dan SMS, tetapi ini adalah telepon satelit pertama yang menawarkan layanan GPS terintegrasi yang terintegrasi, pelacakan online dan SOS darurat dengan layanan pemberitahuan.

Fitur lain dari handset termasuk peringkat IP65 yang berarti 9575 Extreme adalah bukti debu, tahan guncangan dan tahan air jet. Ini juga merupakan handset pertama yang menawarkan ketahanan 810F tingkat militer. Yang lain pertama untuk telepon satelit adalah pengenalan Iridium AxcessPoint. Ini memungkinkan Anda mengatur Iridium 9575 Extreme Anda sebagai hotspot Wi-Fi.

Inmarsat IsatPhone 2

Inmarsat IsatPhone 2

Harga Kisaran :
Rp. 17.500.000 – Rp. 19.500.000

Jumlah satelit Inmarsat tidak banyak karena mengunakan sistem satelit tunggal atau GeoSync. Terakhir 2013 meluncurkan satelit Inmarsat-5 F1 dan akan diluncurkan bulan Februari 2015 untuk menyediakan internet broadband seperti jaringan penerbangan sampai daerah bencana. Mengunakan frekuensi yang sama seperti Iridium. Hanya daerah kutub yang tidak bisa dijangkau. Biaya telepon Inmarsat konon paling mahal. Walau jumlah satelit yang dimiliki sedikit, tapi koneksinya jarang terputus seperti sistem satelit LEO.

IsatPhone 2 generasi baru bergabung dengan IsatPhone Pro 2 dalam portofolio telepon satelit genggam kami – membawa lebih banyak pilihan bagi pelanggan yang menginginkan keandalan Inmarsat.

IsatPhone 2 adalah ponsel tangguh untuk dunia yang sulit. Handset yang kuat telah dirancang untuk mengatasi apa pun yang dapat dilontarkan oleh alam – dari panas yang membakar hingga ledakan es, badai pasir gurun atau hujan monsun. Ini menawarkan daya tahan baterai yang tak tertandingi – 8 jam waktu bicara dan hingga 160 jam pada siaga.

Bersama-sama, desain dan kemampuan IsatPhone 2 – termasuk fitur keselamatan – membuatnya ideal untuk pengguna yang paling menuntut di sektor-sektor seperti pemerintah sipil, minyak dan gas, LSM, dan media.

Thuraya. 
Dimiliki oleh Arab Saudi. Memiliki kover area sampai 110 negara. Thuraya mengunakan sistem GeoSync dengan satelit besar dengan berat 3 ton. Saat ini memiliki 1 satelit dengan kekuatan 13.000 sambungan sekaligus untuk komunikasi suara. Meliputi daerah Eropa, Timur tengah, Afrika dan sebagian Asia.  Satelit Thuraya 3 diluncurkan tahun 2007, dan menjangkau Australia.

Thuraya XT Lite

Thuraya XT Lite

Harga Kisaran :
Rp. 8.900.000 – Rp. 9.500.000

Panggilan dan pesan teks dalam mode satelit
Membuat panggilan dan mengirim pesan SMS dalam mode satelit setiap kali ada jaringan terestrial yang antena omni-directional memastikan komunikasi terganggu, menawarkan fungsi berjalan-dan-bicara mulus untuk panggilan-on-the-go.

Baterai Tahan lama
Thuraya XT-LITE memungkinkan komunikasi yang dapat diandalkan dengan baterai tahan lama yang menyediakan hingga enam jam waktu bicara dan sampai 80 jam waktu siaga.

Kemudahan penggunaan
Cukup mengisi telepon Anda dan memastikan bahwa kartu SIM Anda sederhana kemudian dapat memprogram Thuraya XT-LITE ke salah satu dari 13 bahasa yang tersedia (Cina Sederhana tersedia sebagai firmware yang terpisah).

Didukung oleh jaringan satelit yang paling kuat
Jaringan satelit Thuraya adalah terkenal memiliki cakupan satelit yang paling dapat diandalkan, termasuk sekitar 160 negara atau dua pertiga dari dunia.Thuraya XT-LITE memungkinkan Anda untuk menerima pemberitahuan panggilan bahkan dengan antena satelit disimpan, menjaga Anda terhubung setiap saat.

Fitur tambahan termasuk : buku alamat, alarm, kalkulator, kalender, log panggilan, panggilan konferensi, grup kontak, panggilan cepat, stopwatch dan waktu dunia.

Keuntungan & Kelemahan Telepon Satelit

Keuntungan telepon satelit. Area yang dijangkau sangat luas, khususnya daerah terpencil. Bila menelpon ke jaringan sendiri, biaya lebih murah walau penguna berada di benua berbeda. Banyak digunakan untuk petualangan, pengeboran minyak, atau mereka yang bekerja di daerah terpencil.

Kelemahan telepon satelit. Harganya seperti biaya telepon ke antar operator GSM. Untuk telepon di jaringan yang sama, tidak peduli dimana keberadaannya akan lebih murah. Tapi menelpon ke operator lain atau ke telepon di darat, harganya bisa melambung. Untuk data internet juga sangat mahal, jadi jangan berharap mengunakan internet terlalu banyak, tapi tetap menarik untuk mengirim email ketika berada di hutan. Dan telepon ke antar operator satelit biayanya dapat mencapai $15 permenit.
Yang lucu, tidak seperti telepon biasa langsung di telepon dan terhubung. Telepon satelit harus melakukan Boot, dan harus sering berjemur dibawah matahari atau tergantung kondisi cuaca yang baik untuk terhubung.

Memilih telepon satelit
Telepon satelit tidak harus melihat model, karena sedikit model telepon satelit yang tersedia yang sudah disediakan masing masing jaringan telepon satelit. Yang perlu diperhatikan pada melihat biaya dan pengunaan yang mudah. Daerah yang di cover dari masing masing operator. Telepon satelit tidak seperti telepon rumah, dipastikan terjadi kelambatan (delay) antara bicara dan waktu yang disebut Call Latency.

Tarif Telepon Satelit

Telepon satelit sekarang lebih terjangkau, walau biayanya masih premium seperti telepon SLI.

Tapi menelpon di jaringan yang sama relatif lebih murah, walau koneksi yang dilakukan di berbagai benua.

Bahkan lebih murah dari taif biaya Roaming di luar negeri yang kadang sangat mahal.

Operator telepon satelit tidak memerlukan antena BTS, semua berada di atas atau sistem satelit. Membuat layanan mereka bersaing untuk telepon jarak jauh.

Telepon satelit terbaik tidak senyaman telepon GSM. Karena terjadi kelambatan ketika berbicara. Tapi dimana saja seseorang bisa melakukan komunikasi. dan mengirim data internet.

Berapa biaya telepon satelit.
Jaringan telepon satelit Iridium dikenakan $1.45 permenit, paket bisa di beli dengan paket Pre-paid yang dipotong pulsa. Menariknya pulsa akan memasuki masa tengang setelah 1 tahun. Koneksi antar telepon satelit hanya dikenakan $1.5 unit permenit. Telepon ke antar telepon satelit dikenakan 8 unit per menit. Masing masing operator memiliki tarif berbeda beda, karena jaringan yang dijangkau satelit belum tentu meliputi daerah tertentu.

Tarif telepon satelit yang dikeluarkan PT Pasifik Satelit Nusantara (PT PSN) bernama Byru Marine mulai 1 Agustus turun hingga menyamai tarif telepon seluler. Layanan ini merupakan telepon kapal berbasis satelit yang pertama di Indonesia. Manajer Produk Byru Hilman A. Rasyid menyatakan tarif Byru Marine turun untuk meningkatkan kenyamanan dan keleluasaan berkomunikasi. Sekarang biaya menggunakan Byru Marine setara dengan menggunakan selular di darat.

Selain itu, dia juga menekankan bahwa selama pelayaran di kawasan Asia dan sebagian Pasifik, Byru Marine tidak akan mengalami kehilangan sinyal (blank spot). Hal ini dikarenakan kawasan ini merupakan daerah cakupan satelit Garuda-1. Dalam kebijakan yang baru, PSN menetapkan dua kelompok waktu (time bandPeak time-nya pun hanya 4 jam, sedangkan selama 20 jam kami memberlakukan tarif hemat

Pemesanan & Informasi Produk

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti Kurs Rupiah.
Untuk informasi harga terbaru dan stok, silahkah hubungi Sales Support kami melalui Telp atau WhatsApp :

Telkomsel : 0853 1818 3339
Indosat : 0816 593 557
XL : 0877 8887 2225

Email : sales@kucari.com

Jual Telepon satelit harga murah dan cari produk terbaik lainnya dari kategori HP Satelit, Gratis biaya pengiriman untuk wilayah Jakarta dan dapat dikirim ke seluruh Indonesia. Dapatkan hanya di toko online Kucari, belanja online alat ukur, alat uji, alat teknik dan alat survey mudah dan aman.

Kucari menyediakan berbagai telepon satelit / satellite phone dari agen, supplier dan distributor resmi yang tersebar dibeberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Cikarang, Tangerang, Lampung, Pontianak, Jogja, Semarang, Solo, Batam, Padang, Pekanbaru, Malang, Surabaya, Medan, Makassar, Balikpapan, Samarinda, Pelembang, Riau, Aceh, Manado, dan Bali.

The post Telepon Satelit: Tarif dan Berbagai Merk Telepon Satelite appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/telepon-satelit/feed/ 0 7279
Alat Pemetaan: Macam-macam alat ukur dan alat survey pemetaan https://www.kucari.com/alat-pemetaan/ https://www.kucari.com/alat-pemetaan/#respond Mon, 16 Jul 2018 07:10:14 +0000 https://www.kucari.com/?p=6227 Pengertian Alat Pemetaan Pengukuran merupakan suatu aktifitas dan atau tindakan membandingkan suatu besaran yang belum diketahui nilainya atau harganya terhadap besaran lain yang sudah diketahui nilainya, misalnya dengan besaran standart.

The post Alat Pemetaan: Macam-macam alat ukur dan alat survey pemetaan appeared first on Kucari.

]]>
Pengertian Alat Pemetaan

Pengukuran merupakan suatu aktifitas dan atau tindakan membandingkan suatu besaran yang belum diketahui nilainya atau harganya terhadap besaran lain yang sudah diketahui nilainya, misalnya dengan besaran standart. Pekerjaan membandingkan tersebut tiada lain adalah pekerjaan pengukuran atau mengukur. Sedangkan pembandingnya yang disebut sebagai alat ukur. Pengukuran banyak sekali dilakukan dalam bidang teknik atau industri.

Sedangkan alat ukurnya sendiri banyak sekali jenisnya, tergantung dari banyak faktor, misalnya objek yang diukur serta hasil yang di inginkan Ilmu ukur tanah adalah bagian dari ilmu geodesi yang mempelajari cara-cara pengukuran di permukaan bumi dan di bawah tanah untuk berbagai keperluan seperti pemetaan dan penentuan posisi relatif pada daerah yang relatif sempit sehingga unsur kelengkungan permukaan buminya dapat diabaikan.

Proses pemetaan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara terestrial danektra terestrial. Pemetaan terestris merupakan pemetaan yang dilakukan dengan menggunakan alat yang berpangkal di tanah. Pemetaan ekstra terestris adalah pemetaan yang dilakukan dengan menggunakan alat yang tidak berpangkal di tanah tapi dilakukan dengan wahana seperti pesawat terbang, pesawat ulang alik atau satelit.

Definisi Ilmu Ukur Tanah (Surveying) Ilmu ukur tanah adalah cabang dari ilmu Geodesi yang khusus mempelajari sebagian kecil dari permukaan bumi dengan cara melakukan pengukuran-pengukuran guna mendapatkan peta. Pengukuran yang di lakukan terhadap titik-titik detail alam maupun buatan manusia meliputi posisi horizontal (x,y) maupun posisi vertikal nya (z) yang diferensikan terhadap permukaan air laut rata-rata.

Agar titik-titik di permukaan bumi yang tidak teratur bentuknya dapat di pindahkan ke atas bidang datar maka di perlukan bidang perantara antara lain : bidang Ellipsoid, bidang bultan dan bidang datar (untuk luas wilayah 55 km). Dalam pengertian yang lebih umum pengukuruan tanah dapat dianggap sebagai disiplin yang meliputi semua metode untuk menghimpun dan melalukan proses informasi dan data tentang bumi dan lingkungan fisis.

Dengan perkembangan teknologi saat ini metoda terestris konvensional telah dilengkapi dengan metode pemetaan udara dan satelit yang berkembang melalui program-program pertanahan dan ruang angkasa.

Secara umum tugas surveyor adalah sebagai berikut:

  1. Analisa penelitian dan pengambilan keputusan. Pemilihan metode pengukuran, peralatan, pengikatan titik-titik sudut dsb.
  2. Pekerjaan lapangan atau pengumpulan data, yakni melaksanakan pengukuran dan pencatatan data di lapangan.
  3. Menghitung atau pemprosesan data, yakni hitungan berdasrkan data yang dicatat untuk menentukan letak, luas dan volume.
  4. Pemetaan atau penyajian data. Menggambarkan hasil ukuran dan perhitungan untuk menghasilkan peta, gambar rencana tanah dan peta laut, menggambarkan darat dalam bentuk numeris atau hasil komputer.
  5. Pemancangan. Pemancangan tugu dan patok ukur untuk menentukan batas-batas pedoman dalam pekerjaan konstruksi.

Ilmu ukur tanah membatasi pengkuran dalam bidang datar pada luasan dan jarak tertentu.

  • Pengukuran-pengukuran khsusus meliputi antara lain :
  • Pengukuran titik kontrol, memetapkan jaringan kontrol horizontal dan vertical sebagai acuan.
  • Pengukuran totpografi, mementukan lokasi alam dan budaya manusia serta elevasi yang dipakai dalam pembuatan peta.
  • Pengukuran kadastral : pengukuran tertutup untuk mementapkan batas kepemilikan tanah.
  • Pengukuran hidrografik, menentukan garis pantai dan kedalaman laut, danau sungai dan bendungan.
  • Pengukuran jalur lintas dilaksanakan untuk merencanakan, merancang dan membangun jalan raya, jalur pipa dan proyek jaringan tersier, skunder dan primer.
  •  Pengukuran kosnuksi dilaksanakan sementara konstruksi berjalan, mengendalikan evaluasi, kedudukan horizontal dan konfigurasi.
  • Pengukuran rancang bangun (as built surveys) menentukan lokasi dan perencanaan pekerjaan rekayasa yang tepat, memberikan pembuktian dan pencatatan poisi termasuk perubahan desain dsb. h. Pengukuran tambang yakni untuk pedoman penggalian terowongan dan overburden

Baca Juga : Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya

Bagi Anda yang sedang membutuhkan alat ukur pemetaan, atau alat survey tanah bisa lihat produk yang kami jual di Daftar Harga Alat Ukur Tanah Pemetaan

The post Alat Pemetaan: Macam-macam alat ukur dan alat survey pemetaan appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-pemetaan/feed/ 0 6227
Cara Kalibrasi Theodolite https://www.kucari.com/kalibrasi-theodolite/ https://www.kucari.com/kalibrasi-theodolite/#respond Fri, 18 May 2018 03:28:10 +0000 https://www.kucari.com/?p=5876 Theodolite adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur tanah khususnya menentukan ketinggian tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Tingkat ketelitian sudut yang bisa diketahui menggunakan theodolit mencapai satuan

The post Cara Kalibrasi Theodolite appeared first on Kucari.

]]>
Theodolite adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur tanah khususnya menentukan ketinggian tanah dengan sudut mendatar dan sudut tegak. Tingkat ketelitian sudut yang bisa diketahui menggunakan theodolit mencapai satuan detik.

Pada penerapannya, pengukuran tanah menggunakan theodolit biasanya dipakai pada saat penentuan situasi, pengamatan, matahari, dan pengukuran polygon. Selain itu, theodolit juga bisa dimanfaatkan sebagaimana pesawat penyipat datar apabila sudut vertikalnya diatur menjadi 90 derajat. Hal ini berkat adanya teropong yang memungkinkan theodolit bisa diarahkan ke semua sudut. Oleh karena itu, theodolit pun dapat diandalkan untuk menentukan sudut siku-siku dan ketinggian gedung bertingkat.

Adapun fungsi theodolit di antaranya :

  • Mengukur sudut ketinggian tanah
  • Menentukan sudut siku-siku pada pekerjaan pondasi rumah
  • Mengukur ketinggian suatu bangunan gedung bertingkat
  • Mengamati sudut arah lintas matahari
  • Mengukur polygon pada penghitungan rumus bangunan
  • Membuat pemetaan situasi yang mendetail

Di dalam pekerjaan – pekerjaan yang berhubungan dengan ukur tanah, theodolit sering digunakan dalam bentuk pengukuran polygon, pemetaan situasi, maupun pengamatan matahari. Theodolit juga bisa berubah fungsinya menjadi seperti Pesawat Penyipat Datar bila sudut verticalnya dibuat 90º.

Baca Juga : Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya

Dengan adanya teropong pada theodolit, maka theodolit dapat dibidikkan kesegala arah. Di dalam pekerjaan bangunan gedung, theodolit sering digunakan untuk menentukan sudut siku-siku pada perencanaan / pekerjaan pondasi, theodolit juga dapat digunakan untuk mengukur ketinggian suatu bangunan bertingkat.

KALIBRASI THEODOLIT

Kalibrasi adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Cara untuk mengetaui alat ukur sudut perlu dilakukan kalibrasi atau tidak dengan cara :

1. Uji Kolimasi ( sudut horizontal)

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk uji kolimasi, antara lain :

  • Dirikan alat theodolit diatas statif, lakukan sentering dan leveling di titik O.
  • Tentukan dua buah objek yang akan dibidik dari tempat kedudukan alat.
  • Bidik target A dengan kondisi teropong biasa, catat nilai bacaan horizontal
  • Bidik target A dengan kondisi teropong luar biasa, catat nilai bacaan horizontal
  • Hitung selisih antara bacaan biasa dan luar biasa. Seharusnya selisih antara biasa dan luar biasa sebesar 180 derajat.
  • Apabila perbedaan bacaan luar biasa dan biasa terlalu besar maka perlu dilakukan kalibrasi.

 

 

 

 

2. Uji Indeks Vertikal (sudut vertikal)

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk uji indeks vertikal, antara lain :

  • Dirikan alat theodolit diatas statif, lakukan sentering dan leveling di titik O.
  • Tentukan objek yang akan dibidik dari tempat kedudukan alat.
  • Bidik target B dengan kondisi teropong biasa, catat nilai bacaan vertikal
  • Bidik target B dengan kondisi teropong luar biasa, catat nilai bacaan vertikal
  • Hitung selisih antara bacaan biasa dan luar biasa. Seharusnya selisih antara biasa dan luar biasa sebesar 360 derajat.

 

 

 

 

CARA MELAKUKAN KALIBRASI SUDUT ALAT THEODOLIT.

Apabila sebuah alat theodolit memiliki kesalahan sudut yang sangat besar maka diperlukan kalibrasi, dengan cara sebagai berikut :

Kalibrasi bacaan sudut Horizontal

Setelah alat ukur disetel diatas kolimator dan sumbu I telah dibuat vertikal, bidikan teropong pada posisi biasa kearah benang Horizontal kolimator, atur “0” set pada alat untuk membuat bacaan sudut H : 00° 00’ 00”.

Teropong dibuat luar biasa dan bidikkan kembali pada benang silang kolimator seharusnya bacaan sudut H : 180° 00’ 00”, bila terjadi penyimpangan bacaan sudut lakukan kalibrasi dengan cara memutar skrup penggerak halus horizontal hingga bacaan sudut mendekati akurasinya. Kemudian garis bidik diarahkakan kembali pada benang silang kolimator dengan cara memutar skrup koreksi diagfragma yang kiri dan kanan pada teropong.

Kalibrasi bacaan sudut Vertikal

Bidikan teropong pada posisi biasa kearah benang Vertkal kolimator, catat bacaan sudut veritkalnya misal sudut V : 89° 59’ 30”

Teropong dibuat luar biasa dan bidikkan kembali pada benang Vertiakl kolimator catat bacaan sudutnya misal sudut V H : 270° 00’ 50”, dari hasil bacaan sudut biasa dan luar biasa bila dijumlahkan terdapat penyimpangan sudut sebesar 20”.

 

The post Cara Kalibrasi Theodolite appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/kalibrasi-theodolite/feed/ 0 5876
Theodolit: Cara menggunakan theodolite untuk mengukur luas tanah https://www.kucari.com/cara-menggunakan-theodolite/ https://www.kucari.com/cara-menggunakan-theodolite/#respond Thu, 17 May 2018 08:14:41 +0000 https://www.kucari.com/?p=5850 Thedolit adalah alat ukur untuk mengukur sudut dalam bidang horisontal dan vertikal. Theodolite digunakan untuk aplikasi survey, yang diperlukan untuk proyek konstruksi skala besar. Theodolite dibagi menjadi 2 jenis yaitu

The post Theodolit: Cara menggunakan theodolite untuk mengukur luas tanah appeared first on Kucari.

]]>
Thedolit adalah alat ukur untuk mengukur sudut dalam bidang horisontal dan vertikal.

Theodolite digunakan untuk aplikasi survey, yang diperlukan untuk proyek konstruksi skala besar.

Theodolite dibagi menjadi 2 jenis yaitu manual dan digital.

Pada contoh kasus ini saya menggunakan teknik pengukuran luas tanah dengan teknik poligon segi 5.

Bagaimana caranya ?

Sekarang penggunakan theodolit untuk berbagai macam jenis pengukuran tanah sudah mengggunakan theodolite digital, disamping cara menggunakan theodolit digital lebih mudah, harga pun sekarang sudah terjangkau untuk proyek yang akan dikerjakan, penasaran ingin tau kisaran harga theodolite? Klik disini : Daftar Harga Theodolite

Theodolit digital biasanya terdiri dari teleskop kecil yang terhubung ke dua mekanisme pengukur sudut, satu untuk mengukur sudut horizontal dan satu untuk mengukur sudut vertikal. Itu duduk di atas dasar yang dapat diputar dengan mekanisme leveling pada tripod. Setelah theodolite diatur, teleskop diarahkan untuk menemukan titik yang diinginkan dan kemudian sudut dari titik dimana theodolite ditempatkan ke titik yang terlihat di teleskopnya dapat dibaca melalui lensa mata dari ruang lingkup.

Berbagai rencana dalam bidang teknik seperti pembangunan jalan raya, kereta api, irigasi, daerah industri, dan perumahan memerlukan referensi berupa berbagai data, seperti lokasi, karakteristik lokasi, dsb. Hal-hal yang berhubungan dengan lokasi tentu memiliki hubungan dengan luas yang hendak dikelola.

Penentuan luas lokasi dilakukan dengan mengadakan pengukuran. Pada dasarnya, untuk skala pengukuran pada wilayah yang tidak luas, pengukuran bisa dilakukan hanya bermodalkan patok dan meteran. Namun, jika pengukuran yang hendak dilakukan mencapai puluhan, ratusan, bahkan ribuan meter, maka peralatan yang dibutuhkan harus bisa mencapai jarak tersebut dan biasanya alat tersebut sudah termasuk canggih. Contohnya theodolite

Metode pengukuran juga penting diperhatikan ketika hendak melakukan pengukuran. Metode pengukuran disesuaikan dengan kebutuhan pengukur. Salah satu metode pengukuran dalam ilmu ukur wilayah adalah metode pengukuran poligon.

Cara Menggunakan Theodolit

Pengaturan Theodolite

Langkah 1

Temukan sepetak tanah tingkat dengan pandangan yang bagus diantara lahan yang akan diukur.

Langkah 2

Memperpanjang kaki tripod sehingga theodolite akan berada pada tingkat yang nyaman untuk Anda gunakan, sejauh mungkin (kebanyakan tripod theodolite akan memiliki mekanisme yang akan mengunci mereka ketika mereka mencapai pemisahan dan ekstensi maksimum) , dan tempelkan ujung kaki ke tanah.

Langkah 3

Sesuaikan tiga sekrup pengatur di dasar teodolit sehingga rata. Tingkat sekrup yang dipasang pada theodolite akan memberi Anda gambaran bidang yang sejajar.

Langkah 4

Sejajarkan tingkat panjang dengan dua dari tiga sekrup dan atur ulang dengan kedua sekrup tersebut untuk mencapai tingkat yang lebih akurat pada sumbu tersebut. Kemudian putar theodolite 90 derajat pada alasnya dan sesuaikan lagi menggunakan sekrup ketiga.

Langkah 5

Lepaskan dua klem pengatur horisontal (biasanya kenop besar di kedua sisi theodolite, sedikit diimbangi secara vertikal).

Langkah 6

Sejajarkan bagian atas teodolit dengan tanda pada cincin di antara kedua sisi yang terhubung ke klem horisontal, kemudian kunci klem atas.

Langkah 7

Buka penutup lensa di sisi teodolit, dan lihat melalui lensa mata kecil. Anda akan melihat tiga skala: penyesuaian horizontal, vertikal, dan halus. Gunakan tombol penyesuaian di bagian atas theodolite untuk menyesuaikan tanda dengan 0’00 “(0 menit dan 0 detik dari busur).

Langkah 8

Gunakan tombol penyesuaian horisontal atas untuk menyelaraskan garis tunggal yang Anda lihat dalam ruang lingkup di bagian bawah skala horizontal tepat di antara garis ganda yang duduk di bawah angka 0.

Langkah 9

Buat garis referensi dengan menyusun theodolite secara horizontal dengan tengara tinggi dalam tampilan yang mudah. Buka kunci klem bawah untuk membuat rotasi ini, luruskan pandangan dengan tengara, dan kunci klem bawah lagi. Pengukuran horizontal akan tetap nol. Mulai sekarang, hanya kendurkan klem atas untuk membuat penyesuaian horizontal.

Pengukuran Menggunakan Theodolit

Langkah 1

Buka kunci penjepit horizontal atas, dan putar theodolite hingga panah di tempat yang kasar berbaris dengan titik yang ingin Anda ukur, lalu kunci klem. Gunakan adjuster horizontal atas (bukan klem) untuk menyelaraskan objek antara dua lampu vertikal dalam penglihatan.

Langkah 2

Lihatlah melalui lensa mata kecil, dan gunakan tombol penyesuaian halus untuk mendapatkan garis horizontal tepat dengan objek Anda. Derajat dari referensi Anda diukur pada skala derajat horisontal, menit dan detik pada skala penyesuaian halus (mis. 30 derajat 10’30 “).

Langkah 3

Buka kunci penjepit vertikal dan lihat melalui penglihatan sambil memindahkan theodolite naik turun untuk menemukan titik yang tepat secara vertikal pada objek Anda yang ingin Anda ukur. Kunci klem dan gunakan tombol penyesuaian vertikal halus untuk mendapatkan perbaikan tepat pada titik yang Anda pilih.

Kemudian lihat melalui eyepiece kecil dan baca derajat, menit dan detik dari skala vertikal dan skala penyesuaian halus seperti yang Anda lakukan untuk skala horizontal. Jika objek Anda tinggi, Anda harus melakukan penyesuaian horizontal kasar terlebih dahulu, lalu lakukan pengukuran vertikal, kemudian sesuaikan untuk pengukuran horizontal akhir.

Kedua koordinat ini memberikan sudut yang tepat antara referensi Anda dan titik minat Anda, tetapi Anda juga dapat mengukur sudut antara dua titik dengan membandingkan dua pengukuran mereka, atau dengan menetapkan titik pertama sebagai referensi.

STUDI KASUS PENGGUNAAN THEODOLITE

Pada contoh kasus ini saya menggunakan teknik pengukuran poligon segi 5. bagaimana caranya?

kita langsung saja bahas langkah-langkah mengukur luas dan kontur tanah dengan theodolite.

Baca Juga : Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya

Cara mengukur luas tanah dengan theodolite

Bagi sebagian besar orang yang ingin membangun sebuah rumah, tentu akan mempertimbangkan beberapa parameter yang salah satunya sudah saya sebutkan di atas. lokasi merupakan faktor utama pembelian tanah. Lalu faktor kedua saat berencana membuat rumah adalah luas bangunan dan budget. Faktor ketiga adalah desain atau aristektur.Berbicara masalah luas bangunan maka harus disesuaikan dengan luas tanah yang ada.

Hunian yang baik adalah yang mempunyai ruang terbuka hijau minimal 30%. Artinya ada sekitar 30 % tanah yang tidak boleh tertutup oleh rabat beton. Sebelum kita memulai desain gambar rumah ada baiknya kita ukur ulang dahulu lahannya. walaupun sudah ada pada sertipikat. Mungkin untuk bentuk lahan yang persegi atau kotak atau luas yang relatif kecil bisa menggunakan rol meter saja.

Tapi bagaimana kalau tanahnya itu sangat luas dan bentuknya tidak beraturan? Solusinya adalah menggunakan theodolite. Alat ini biasa digunakan untuk pekerjaan yang luas dan berbentuk tidak beraturan. Sebelum mulai ke langkah saya akan memberikan dengan contoh studi kasus yang saya ambil dari projek sebelumnya. Tanah di bawah ini mempunyai luas sekitar 2 hektar dimana kegunaan lahan adalah sawah. Saya menentukan titik poligon atau titik alat sebanyak 5 titik. seperti pada gambar di bawah ini.

Mengukur Luas Tanah Menggunakan Theodolit

Sebelumnya Siapkan Formulir Data Pengukuran

Langkah 1

Cek dulu batas-batas tanahnya yang ditandai dengan patok dari bpn biasanya terletak dipojok-pojok dan berwarna putih terbuat dari beton. Sebelum anda menggunakan alat anda keliling dulu untuk mengetahui batas-batasnya sampai mana. jangan sampai ngukur tanah orang ya.

Langkah 2

Setelah anda keliling-keliling liat patok anda juga harus memikirkan mulai pengukurannya dari mana. Carilah tempat yang teduh apabila ada. Tapi kalo ternyata panas semua, maka siapkan payung untuk melindungi alat dari koagulasi. Titik awal anda adalah tempat alat. Dan nanti kita akan pindah alat sesuai dengan titik poligon yang akan kita lakukan.

Langkah 3

Dirikan theodolite pada titik 1 dan Lakukan setting alat dengan cepat. Sudah saya bahas pada artikel sebelumnya cara menyetel theodolite. Apabila belum tahu caranya silahkan baca terlebih dahulu.

Langkah 4

Setelah disetting, kemudian setel sudut horizontal 0D0’0″ pada arah utara dan.ukur tinggi alat.

Langkah 5

Bidik titik poligon no. 7 baca benang tengah dan benang bawah. Tulis Sudut horizontal dan vertikal. Tulis keterangan misalkan: titik 7. setelah itu bidik titik no.2 yang ditulis sama dengan saat membidik titik sebelumnya.

Langkah 6

Bidik atau tembak titik penyebaran di sekitar alat. terutama batas-batas tanah dan patok BPN. kemudian tembak secara menyebar agar bisa dibuat kontur.

Langkah 7

Pindahkan alat ke titik no.2. setting alat dan setel sudut horizontal 0d0’0″ pada titik sebelumnya yaitu titik 1. kemudian bidik titik no 1 dan bidik titik selanjutnya yaitu 3.
lakukan bidik titik-titik secara merata dan menyebar di sekitar alat. terutama batas-batas tanah.

Langkah 8

Untuk titik-titik selanjutnya lakukan langkah seperti diatas yang pada intinya -arah 0d0’0″ pda titik sebelumnya-bidik titik sebelumnya-bidik titik selanjutnya-bidik penyebaran disekitarnya.

Langkah 9

Jangan lupa apabila sudah sampai di titik poligon 5 maka prosedurnya tetap sama. tembak/bidik titik selanjutnya yaitu titik no. 1

Dalam pengukuran poligon tertutup dikenal dengan istilah sudut dalam. Sudut dalam adalah data yang dibentuk antara garis-garis poligon.

Sudut dalam tersebut dapat diketahui dengan menganalisa besarnya sudut yang dibentuk antara suatu titik ke titik lainnya, bahwa sudut dalam adalah sudut yang terletak di bagian dalam poligon tertutup yang dibentuk dari garis-garis poligon yang saling berhubungan. Dalam pengolahan data poligon tertutup dikenal istilah departure correction dan latitude correction

Departure correction dan latitude correction digunakan untuk membuktikan apakah titik pulang dan titik pergi berada pada titik yang sama dengan parameter nilai nol. Nilai nol tersebut menunjukkan bahwa titik Pengukuran poligon dapat diaplikasikan dalam pengukuran titik-titik kontrol sebuah konstruksi karena poligon tertutup memberikan pengecekan pada sudut-sudut dan jarak tertentu.

The post Theodolit: Cara menggunakan theodolite untuk mengukur luas tanah appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/cara-menggunakan-theodolite/feed/ 0 5850
Alat Ukur Tanah: Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya https://www.kucari.com/alat-ukur-tanah/ https://www.kucari.com/alat-ukur-tanah/#respond Wed, 18 Apr 2018 08:38:36 +0000 https://www.kucari.com/?p=5205 Alat ukur tanah adalah alat-alat yang dipersiapkan guna mengukur jarak dan atau sudut. Alat-alat yang digunakan ada yang tergolong sederhana dan ada yang tergolong modern. Sederhana atau modernnya alat ini

The post Alat Ukur Tanah: Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya appeared first on Kucari.

]]>
Alat ukur tanah adalah alat-alat yang dipersiapkan guna mengukur jarak dan atau sudut. Alat-alat yang digunakan ada yang tergolong sederhana dan ada yang tergolong modern. Sederhana atau modernnya alat ini dapat dilihat dari komponen alatnya dan cara menggunakannya.

Pengukuran merupakan suatu aktifitas dan atau tindakan membandingkan suatu besaran yang belum diketahui nilainya terhadap besaran lain yang sudah diketahui nilainya, misalnya dengan besaran standar. Pekerjaan membandingkan tersebut tiada lain adalah pekerjaan pengukuran atau mengukur dengan alat ukur tanah.

Berdasarkan modelnya, alat ukur tanah bisa dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu alat ukur tanah sederhana, alat ukur optik, dan alat ukur elektronik.

Macam-macam Alat Ukur Tanah

Total Station

Alat Ukur Tanah

Total Station merupakan teknologi alat yang menggabungkan secara elektornik antara teknologi theodolite dengan teknologi EDM (electronic distance measurement). EDM merupakan alat ukur jarak elektronik yang menggunakan gelombang elektromagnetik sinar infra merah sebagai gelombang pembawa sinyal pengukuran dan dibantu dengan sebuah reflektor berupa prisma sebagai target (alat pemantul sinar infra merah agar kembali ke EDM). klik disini daftar harga total station

 

Teodolit (Alat Ukur Sudut)

Digital Theodolite Sokkia DT 740

Teodolit adalah alat ukur sudut baik horizontal maupun vertikal sehingga pada alat ini teropong harus dapat berputar pada dua lingkaran berskala, yaitu lingkaran berskala tegak dan mendatar. Alat ini juga tergolong alat berkaki tiga yaitu pada operasionalnya harus terpasang berkaki tiga atau statif. Klik disini untuk pricelist thedolite

Waterpass / Auto Level

Nikon AP8

Waterpas adalah alat ukur menyipat datar dengan teropong dengan dilengkapi nivo dan sumbu mekanis tegak sehingga teropong dapat berputar ka arah horizontal. Alat ini tergolong alat penyipat datar kaki tiga atau Tripod level. Buat anda yang cari waterpass bisa klik disini untuk beli

 

Meteran

Meteran, sering disebut pita ukur atau tape karena umumnya tersaji dalam bentuk pita dengan panjang tertentu. Sering juga disebut rol meter karena umumnya pita ukur ini pada keadaan tidak dipakai atau disimpan dalam bentuk gulungan atau rol, seperti terlihat pada gambar.

 

Kompas

Suunto KB 20 Compass

Kompas adalah sebuah alat dengan komponen utamanya jarum dan lingkaran berskala. Salah satu ujung jarumnya dibuat dari besi berani atau magnet yang ditengahnya terpasang pada suatu sumbu, sehinngga dalam keadaan mendatar jarum magnit dapat bergerak bebas ke arah horizontal atau mendatar menuju arah utara atau selatan.

Klinometer

SUUNTO Tandem 360PC/360R Compass Altimeter
Klinometer adalah alat yang berfungsi menentukan besar sudut elevasi dalam mengukur tinggi suatu obyek secara tidak langsung. Dengan klinometer, kita bisa mengetahui tinggi/panjang benda. Prinsip kerjanya yaitu dengan memanfaatkan sudut elevasi antara suatu garis datar dan garis yang terhubung pada titik garis tersebut dengan titik puncak sebuah objek.

The post Alat Ukur Tanah: Macam-macam Alat Ukur Tanah dan Fungsinya appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/alat-ukur-tanah/feed/ 0 5205
Jual Total Station di Jakarta https://www.kucari.com/jual-total-station-jakarta/ https://www.kucari.com/jual-total-station-jakarta/#respond Mon, 16 Apr 2018 10:23:53 +0000 https://www.kucari.com/?p=5155 Jual Total Station Jakarta Total station adalah peralatan elektronik canggih yang banyak digunakan dalam pemetaan, geologi, pertambangan, kehutanan, konstruksi bangunan dan masih banyak lagi. *sumber Wikipedia Total Station Total station

The post Jual Total Station di Jakarta appeared first on Kucari.

]]>
Jual Total Station Jakarta

Jual Total Station Jakarta

Total station adalah peralatan elektronik canggih yang banyak digunakan dalam pemetaan, geologi, pertambangan, kehutanan, konstruksi bangunan dan masih banyak lagi. *sumber Wikipedia Total Station

Total station adalah theodolit yang terintegrasi dengan komponen pengukur jarak elektronik (electronic distance meter (EDM)). Tentunya dengan alat ini kita bisa mengetahui jarak dan kemiringan dari instrumen ke titik tertentu.

Bagi yang sedang mencari total station di Jakarta pertimbangannya akan sangat beragam. Karena setiap tipe total station di Jakarta memiliki spesifikasi berbeda dan pastinya selisih harga yang lumayan.

Banyak orang yang baru pertama kali akan membelinya merasa khawatir salah satunya karena harga. Oleh sebab itu, kalau membeli total station, perlu membandingkan terlebih dahulu, disesuaikan dengan kebutuhan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki. Jika perlu tanya kepada rekan di Jakarta yang sebelumnya pernah membeli total station.

Robotic Total Station

Pilihan Merek Total Station Jakarta

Spesifikasi Total Station memang beragam dan kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran dana yang kita miliki. Untuk wilayah Jakarta berbagai pilihan harga dan tipe total station bisa ditemukan di Kucari.com. Total station yang dijual di Kucari.com berasal dari berbagai supplier atau distributor merek ternama seperti Topcon, Nikon, Leica, Sokkia, Pentax, Gowin, Ruide, Hi-Target, Gowin, South dan lain sebagainya. Dari harga yang rendah sampai yang tinggi bisa ditemukan disini.

Kalau ingin mencari total station di Jakarta, direkomendasikan untuk membelinya di tempat yang terpercaya sejak dahulu. Intinya model terbaru ditawarkan dengan harga yang tinggi namun terjamin kualitasnya bisa diuji. Jika membeli total statio di Jakarta pilih juga merek yang sudah terpercaya. Produk total station di Jakarta bisa diperoleh di tempat terpercaya yaitu Kucari.com

Carilah produk total station di Jakarta terbaik di Kucari.com Transaksi yang begitu mudah dan cepat membuat banyak orang dan perusahaan yang memilih Kucari.com. Setiap pembeli di Kucari.com sudah mengakui bahwa transaksinya lebih aman dan bukan tipu-tipu. Pilihan total station di Jakarta bersama Kucari.com dijamin tidak akan mengecewakan. Total station online juga bisa dikirim keseluruh Indonesia.

Total Station Jakarta

Kemudahan Beli Total Station di Jakarta

Di Kucari.com anda bisa menikmati kemudahan berbelanja total station di Jakarta secara online dan offline. Jika ingin membeli secara online anda bisa menghubungi kontak yang sudah dicantumkan di website resmi Kucari.com, Anda juga bisa membeli produk total station secara offline dengan cara datang langsung ke kantor resmi kami.

Video Cara Menggunakan Total Station

 

The post Jual Total Station di Jakarta appeared first on Kucari.

]]>
https://www.kucari.com/jual-total-station-jakarta/feed/ 0 5155