alat teknik

Berbagai Alat Teknik yang Sangat Berguna untuk Meringankan Pekerjaan Sehari-Hari Leave a comment

Untuk dapat mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari, kita pasti membutuhkan banyak alat. Alat-alat tersebut dapat digunakan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan pekerjaan, seperti alat teknik listrik dan alat teknik multifungsi. Bahkan, kita juga wajib memiliki beberapa alat teknik sendiri yang mudah dibawa dan mudah disimpan.

Alat Teknik Listrik

Seorang teknisi listrik pasti membutuhkan beberapa peralatan teknik listrik untuk menunjang pekerjaannya sehingga alat-alat tersebut wajib dibawa ke mana saja selama bekerja. Alat-alat teknik listrik tersebut akan sangat membantu seorang teknisi listrik saat harus memperbaiki listrik, memasang instalasi listrik, atau hanya memeriksa instalasi llistrik. Berikut ini adalah beberapa alat teknik listrik yang wajib dimiliki dan dibawa oleh seorang teknisi listrik untuk menunjang pekerjaannya.

Cutter

Cutter adalah alat teknik listrik penunjang yang digunakan untuk memotong isolasi kabel listrik berukuran besar. Selain itu, cutter juga dapat digunakan untuk mengupas kabel.

ELCB Tester

ELCB Tester adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengecek kondisi alat pengaman anti-kontak (ELCB) yang terpasang di instalasi listrik. Selain itu, alat teknik listrik ini juga dapat melindungi banyak orang jika terjadi kebocoran listrik.

Grounding Tester

Grounding Tester adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengukur kondisi pertanahan.

Insulation Tester

Insulation Tester atau yang disebut juga dengan Megger adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengecek keadaan isolasi dari kabel penghantar listrik.

Isolasi

Isolasi adalah alat teknik listrik penunjang yang digunakan untuk membungkus atau melapisi sambungan kabel agar kabel bertegangan listrik tersebut tidak membahayakan keselamatan dan keamanan banyak orang.

Solder Listrik

Solder listrik adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk memasangkan komponen-komponen listrik pada papan rangkaian listrik dan untuk menyambungkan kabel-kabel kecil dengan cara mencairkan timah solder. Menyambungkan kabel dengan menggunakan solder menjadi cara yang paling aman karena sambungan tidak akan longgar.

Testpen

Testpen adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengecek ada atau tidaknya tegangan listrik pada peralatan listrik. Selain itu, alat teknik listrik yang bentuknya kecil dan ringan sehingga mudah disimpan dalam saku ini juga dapat digunakan untuk membuka sekrup kecil.

Vibration Test

Vibration Test adalah alat teknik listrik yang digunakan untuk mengukur dan mengetahui besarnya getaran yang ada di genset, motor listrik, dan peralatan listrik lainnya. Dengan mengetahui besarnya getaran pada perlatan listrik tersebut, seorang teknisi listrik dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi dan menentukan perawatan yang akan dilakukan.

alat teknik listrik

Alat Teknik Multifungsi

Meskipun tidak selalu dipakai, tidak ada salahnya jika kita memiliki dan menyimpan alat-alat teknik multifungsi di rumah atau di dalam kendaraan bermotor. Jika terjadi kerusakan pada barang-barang, kita dapat langsung memperbaikinya seorang diri. Berikut ini adalah beberapa alat teknik multifungsi yang dapat kita miliki dan simpan.

Kunci Inggris Serbaguna

Jika satu kunci pas hanya dapat digunakan untuk satu ukuran, satu kunci inggris serbaguna dapat digunakan untuk beberapa ukuran karena lebarnya dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan. Fungsi dari kunci inggris serbaguna ini adalah untuk mengencangkan dan mengendurkan baut. Bentuk alat teknik multifungsi ini lebih besar dan lebih tebal dibandingkan dengan kunci pas sehingga sulit untuk menjangkau area-area yang sempit.

Obeng Berbagai Ukuran

Saat ini, sudah banyak tersedia obeng yang ujungnya dapat diganti-ganti menjadi obeng plus dan obeng minus dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Obeng seperti ini tentunya jauh lebih praktis karena tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya dan jauh lebih mudah untuk menggunakannya.

Set Kunci Sock

Set kunci sock ini sangat diperlukan, terutama oleh para pemilik kendaraan bermotor. Satu set kunci sock ini berisi satu gagang dan kunci dengan berbagai ukuran yang dapat diganti-ganti. Jika diperhatikan, cara menggunakan alat teknik multifungsi ini sama seperti cara menggunakan obeng berbagai ukuran.

Snap Dan Grip

Sama seperti kunci inggris serbaguna, fungsi dari snap dan grip ini juga untuk mengencangkan dan mengendurkan baut. Bentuknya yang lebih tipis dibandingkan dengan bentuk kunci inggris serbaguna menjadikan alat teknik multifungsi ini dapat menjangkau area-area yang sempit.

perkakas tangan

Alat Teknik Ini Wajib Dimiliki

Untuk memperbaiki kerusakan yang tergolong sederhana, kita dapat memperbaikinya seorang diri dengan menggunakan beberapa alat teknik, seperti tang, palu, dan obeng. Sebenarnya, alat-alat teknik ini wajib kita miliki karena selain dapat memperbaiki kerusakan sederhana, juga dapat membantu kita saat mengerjakan pekerjaan pertukangan yang sederhana. Berikut ini adalah beberapa alat teknik yang wajib kita miliki.

Bor

Bor adalah alat teknik yang digunakan untuk melubangi sesuatu, seperti melubangi dinding atau kayu sebagai tempat untuk memasang paku.

Gergaji

Gergaji adalah alat teknik yang digunakan untuk memotong benda-benda yang terbuat dari logam atau kayu. Gergaji yang digunakan untuk memotong logam disebut dengan gergaji besi, sedangkan gergaji yang digunakan untuk memotong kayu disebut dengan gergaji kayu.

Kunci Inggris

Kunci Inggris adalah alat teknik yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan mur berbagai ukuran. Selain itu, ada juga kunci inggris yang dapat digunakan untuk mengencangkan atau mengendurkan pipa.

Obeng

Obeng adalah alat teknik yang terbuat dari baja untuk memutar sekrup. Obeng memiliki 2 macam mata, yaitu obeng bermata kembang atau disebut juga dengan obeng plus dan obeng bermata pipih atau disebut juga dengan obeng minus.

Palu

Palu adalah alat teknik yang digunakan untuk memukul sesuatu, seperti paku. Ada 7 macam palu yang dapat kita gunakan, yaitu:

  • Palu bulat adalah palu yang memiliki 2 bagian, yaitu bagian yang bulat untuk membuat bentuk cekung pada sesuatu dan bagian yang rata untuk memukul sesuatu, seperti paku.
  • Palu karet adalah palu yang digunakan untuk meratakan pelat agar tidak tergores.
  • Palu keling adalah palu yang digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan pengelingan atau penyambungan besi.
  • Palu paku adalah palu yang memiliki 2 bagian, yaitu bagian yang bercakar untuk mencabut paku dan bagian yang rata untuk memukul paku.
  • Palu plastik adalah palu yang digunakan untuk memukul benda-benda lunak agar benda tidak tergores atau tidak pecah.
  • Palu puncak melintang dan puncak lurus adalah palu berkepala pisau tajam yang khusus digunakan untuk membuat pelat dengan membuat atau memotong sudut-sudut pelat.
  • Palu tembaga adalah palu yang digunakan untuk memperbaiki peralatan yang mengandung unsur tembaga, seperti memperbaiki bagian-bagian pada mesin listrik tanpa merusaknya.

Tang

Tang adalah alat teknik yang terbuat dari baja untuk memegang sesuatu, seperti kabel atau kawat. Ada 6 jenis tang yang dapat kita gunakan, yaitu:

  • Tang bulat adalah tang yang digunakan untuk membuat mata itik atau mata sambungan di ujung kabel atau kawat.
  • Tang kakaktua adalah tang yang khusus digunakan untuk mencabut paku.
  • Tang kombinasi adalah tang yang digunakan untuk memotong, memuntir, dan memegang sesuatu, seperti kabel atau kawat.
  • Tang lancip adalah tang yang digunakan untuk memegang kabel atau kawat berukuran kecil.
  • Tang pemegang adalah tang yang khusus untuk memegang sesuatu, seperti kabel atau kawat.
  • Tang potong adalah tang yang digunakan untuk memotong kabel atau kawat.

Itulah berbagai alat teknik yang sangat berguna untuk meringankan pekerjaan sehari-hari. Setiap alat dapat digunakan sesuai dengan keperluan dan kebutuhan pekerjaan.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi rating

Rating rata-rata / 5. Jumlah rating:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *