alat ukur fiber optik

Apa Saja Jenis dan Fungsi Alat Ukur Fiber Optik? Leave a comment

Alat ukur fiber optik terdiri dari berbagai jenis. Peralatan ini digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Namun, sebelum mengetahui berbagai jenis dari alat ukur serat atau fiber optik tersebut sebaiknya memahami terlebih dahulu tentang kabel fiber optik.

Kenali Apa Itu Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik merupakan jenis kabel yang terbuat dari kaca yang sangat halus dan digunakan sebagai media transmisi sinyal cahaya dengan kecepatan tinggi. Fiber optik mempunyai ukuran yang sangat kecil dan halus dengan diameter 120 mikrometer yang bahkan lebih halus dari ukuran rambut manusia. Kecepatan transmisi dalam kabel fiber optik menggunakan pembiasan cahaya sebagai prinsip atau cara kerjanya. 

Sumber cahaya yang berperan dalam proses transmisi ini diperoleh dari LED atau laser. Fiber optik  atau sering disebut juga dengan serat optik menjadi komponen yang penting dalam didang telekomunikasi. Kabel fiber optik ini menjadi pilihan yang tepat untuk jaringan komunikasi berkecepatan tinggi.

Komponen Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik terdiri dari berbagai komponen yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini adalah daftar dari komponen fiber optik tersebut. 

#1. Core Atau Inti

Bagian core atau bagian inti dari kabel fiber optik ini berbahan kaca dengan diameter 2 μm hingga 50 μm, ukuran yang sangat kecil. Kabel fiber optik yang mempunyai diameter serat optik lebih besar akan membuat performa atau kemampuan transmisi yang lebih baik dan lebih stabil.

#2. Cladding

Bagian cladding merupakan bagian pelindung yang menyelimuti serat optik. Cladding biasanya mempunyai ukuran yang diameter 5 μm hingga 250 μm. Bahan pembentuk cladding ini adalah silikon dengan komposisi yang berbeda dengan pembentuk bagian inti. Cladding selain berfungsi untuk melindungi bagian inti atau core juga mempunyai fungsi sebagai pemandu gelombang cahaya yang dapat merefleksikan cahaya untuk kembali kepada bagian inti.

Artikel Terkait :   Karakteristik, Fungsi, dan Mekanisme OTDR (Optical Time Domain Reflectometer)

#3. Coating Atau Buffer

Bagian coating merupakan jaket atau mantel dari serat optik yang terbuat plastik yang bersifat elastis. Coating berperan sebagai lapisan pelindung dari gangguan fisik yang dimungkinkan timbul. Jenis dari gangguan fisik tersebut antara lain; lengkungan kabel atau kelembaban udara yang dapat terjadi dalam kabel. Sehingga, dibutuhkan alat ukur fiber optik untuk beberapa keperluan saat instalasi maupun perbaikan.

#4. Outer Jacket Dan Strength Member

Komponen ini merupakan bagian yang sangat penting. Hal ini dikarenakan komponen ini mempunyai fungsi sebagai pelindung utama dari kabel fiber optik. Lapisan strength member dan juga outer jacket menjadi bagian terluar dari kabel fiber optik yang berperan dalam melindungi core atau inti kabel dari gangguan fisik secara langsung.

Jenis Kabel Fiber Optik

Pemahaman tentang kabel fiber optik menjadi pengetahuan dasar untuk mengetahui tentang berbagai alat ukur fiber optik. Namun, untuk melakukan penyesuaian alatnya maka perlu juga mengetahui jenis-jenis dari kabel fiber optik. Berikut ini jenis dari kabel fiber optik berdasarkan mode transmisinya. 

#1. Kabel Fiber Optik Multimode

Kabel fiber optik multimode merupakan jenis kabel yang dapat mentransmisikan cahaya yang banyak dalam waktu bersamaan. Kabel fiber optik jenis ini mempunyai ukuran inti yang besar dengan diameter 625 mikrometer. Kabel fiber optik multimode ini biasanya digunakan untuk komersial yang dapat diakses oleh banyak pengguna atau banyak orang. Kabel fiber optik jenis ini akan mengirimkan sinar inframerah yang biasanya memiliki panjang 850 hingga 1.300 nanometer.

#2. Kabel Fiber Optik Single Mode

Kabel fiber optik single mode merupakan kabel jaringan yang mempunyai transmisi tunggal, jadi hanya dapat menyebarkan cahaya melalui satu inti saja dalam suatu waktu. Kabel fiber optik ini mempunyai inti dengan diameter 9 mikrometer. Fungsi dari kabel fiber optik single mode adalah digunakan untuk mentransmisikan gelombang cahaya sinar inframerah dengan panjang gelombang sekitar 1.300 hingga 1.550 nanometer.

Artikel Terkait :   Fusion Splicer (Fiber Optik) Dalam Penyambungan Serat Optik

Tipe Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik selain terdapat banyak variasi alat ukur fiber optik itu sendiri juga mempunyai berbagai tipe yang berbeda. Berikut ini adalah berbagai tipe kabel fiber optik secara umum yang sering digunakan. 

  • Low Smoke Zero Halogen
  • Simplex cable
  • Breakout Cable untuk Indoor atau Outdoor
  • Aerial Cable atau Self-Supporting
  • Zipcord cable
  • Hybrid & Composite Cable
  • Tight Buffer untuk Indoor atau Outdoor
  • Armored Cable

Ini Fungsi Kabel Fiber Optik

Kabel fiber optik berfungsi untuk membuat sebuah jaringan komunikasi dengan kecepatan tinggi supaya dapat melakukan akses dan transfer data dengan kualitas terbaik. Penggunaan kabel fiber optik juga tidak akan mengalami gangguan elektromagnetik seperti jenis kabel lain. Hal ini dikarenakan kabel fiber optik tidak mempunyai arus listrik. Akan tetapi, instalasi kabel fiber optik ini lebih mahal daripada saat melakukan instalasi kabel biasa.

Alat Ukur Fiber Optik

Alat ukur fiber optik terdiri dari beberapa model dan fungsi yang berbeda, antara lain:

#1. Optical Power Meter (OPM)

OPM merupakan alat yang digunakan untuk melakukan test fiber optik saat melakukan instalasi dan pemeliharaan jaringan fiber atau serat. Optical Power Meter dipakai untuk mengukur total loss dalam sebuah link optik saat instalasi, uji akhir atau pemelihara yang diukur dalam satuan dB atau Decible.

#2. Optical Time Domain Reflectometer (OTDR)

Optical Time Domain Reflectometer merupakan alat ukur fiber optik yang digunakan untuk mengevaluasi serat optik pada domain waktu. OTDR menjadi salah satu peralatan utama untuk instalasi ataupun pemeliharaan link fiber optik. OTDR memungkinkan link diukur dari bagian ujung. OTDR digunakan untuk mendapatkan gambaran secara visual dari redaman fiber optik sepanjang link yang diplot pada layar dengan jarak pada sumbu X dan redaman atau loss pada sumbu Y. OTDR dalam display menampilkan informasi mengenai redaman fiber, loss dari sambungan, loss dalam konektor, lokasi gangguan, dan juga loss antara dua titik.

Artikel Terkait :   Fusion Splicer (Fiber Optik) Dalam Penyambungan Serat Optik

Fungsi dari Optical Time Domain Reflectometer (OTDR) ini adalah mengukur jarak pada titik dalam fiber. OTDR juga digunakan untuk mengukur besar loss rata-rata antara dua titik yang dipilih dalam fiber optik dalam satuan dB/km. Alat ukur fiber optik memang mempunyai fungsi yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan keperluan instalasi maupun pemeliharaan dan bahkan perbaikan. OTDR juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis event dalam fiber optik. Fungsi dari OTDR lainnya adalah digunakan untuk mengetahui lokasi titik penyambungan dan besar loss. OTDR juga dapat berguna untuk mengidentifikasi lokasi dan jenis gangguan fiber optik. Fungsi berikutnya adalah untuk mengetahui besar porsi daya yang dapat dipantulkan dalam suatu event pantulan atau disebut juga dengan istilah Optical Return Loss.

#3. Visual Fault Locator

Visual Laser fiber optic atau senter fiber optic berfungsi untuk melakukan pengetesan pada core atau inti fiber optik. Laser akan mengikuti serat optik dari POP hingga user, apabila core atau tidak bermasalah, maka laser akan sampai pada titik tujuan.

#4. Fusion Splicer

Fusion Splicer (Fiber Optik) merupakan perangkat dalam sistem komunikasi yang digunakan untuk menyambungkan ujung fiber optik. Keberadaan alat ini sangat penting untuk membuat infrastruktur kabel optik menjadi optimal. Dalam membangun jaringan komunikasi pasti dibutuhkan kabel optik dengan ukuran yang panjang dari awal hingga tujuan akhir, sehingga dibutuhkan proses penyambungan. 

Kabel fiber optik memang pilihan terbaik untuk membuat jaringan komunikasi dengan kecepatan tinggi. Apa saja komponen yang dapat mendukung kecepatan tersebut? Apa saja satuan dalam pengukuran? Fungsi spesifik dari kabel fiber optik? Hingga, apa saja jenis alat ukur fiber optik? Dapat ditemukan dalam penjelasan sebelumnya. 

Semoga informasi tentang kabel fiber optik tersebut dapat bermanfaat. Berikut daftar harga alat ukur fiber optik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *