sound level meter

Pentingnya Sound Level Meter Alat Pengukur Suara Di Kehidupan Manusia Leave a comment

Pengertian Sound Level Meter

Apakah alat ukur suara/kebisingan (sound level meter) itu? Sebelum itu, ada yang perlu diketahui tentang dasar-dasarnya. Bunyi merupakan suatu perubahan tekanan yang disebabkan oleh kompresi mekanikal dan gelombang longitudinal yang merambat melalui medium, medium atau zat perantara ini dapat berupa zatcair, padat, gas dan dapat dideteksi oleh telinga seorang manusia.

Kebanyakan suara adalah gabungan dari berbagai sinyal, tetapi suara terdapat murni secara teoritis yang dapat dijelaskan dengan kecepatan osilasi atau frekuensi yang diukur dengan menggunakan Hertz (Hz) atau dengan amplitude atau bisa juga dengan kenyaringan bunyi dengan pengukuran dalam desibel.

Manusia dapat mendengar suatu bunyi ketika gelombang berbunyi, yaitu dari suatu getaran udara atau bahkan medium lain yang dapat sampai kegendang telinga manusia.Sebenarnya batas frekuensi suatu bunyi yang hanya dapat didengar oleh telinga seorang manusia kira-kira adalah dari 20 Hz sampai dengan 20 kHz pada amplitudo yang bersifat umum dengan berbagai macam variasi dalam kurva responya.

Bunyi yang berada diatas 20 kHz disebut bunyi ultrasonic yang dapat membuat manusia kebisingan pada saat mendengarnya, dan bunyi yang berada dibawah 20 Hz disebut bunyi infrasonik.

Manusia dapat mendengar bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai dengan 20.000 Hz. Jadi, jika di atas itu dapat dikategorikan sebagai bising. Bising merupakan sebuah getaran yang menghasilkan bunyi di atas kapasitas manusia untuk mendengarnya.

Dapat dikatakan seseorang yang sering mendengar kebisingan bisa terganggu secara fisiologis. Bahkan efek jangka panjangnya dapat menyebabkan ketulian.

Dalam hal ini, pengujian terhadap kebisingan sangat perlu untuk mencegah efek jangka pendek maupun jangka panjang yang akan dialami seseorang. Apalagi jika berhubungan dengan industri atau proyek yang jangka panjang jangan sampai membuat orang disekitar mengalami gangguan auditori atau pendengaran karena faktor bising.

Alat ukur suara/kebisingan (sound level meter) adalah suatu perangkat alat uji yang diciptakan untuk mengukur seberapa tingkat atau level yang berasal dari kebisingan suara, hal tersebut memang sangat di perlukan pada kehidupan manusia terutama pada lingkungan industri, misalnya saja pada industri penerbangan dimana pada lingkungan sekitarnya harus menggunakan alat uji tingkat kebisingan suara atau tekanan suara yang ditimbulkannya terlebih dahulu, hal ini digunakan untuk mengetahui seberapa pengaruh yang ditimbulkan terhadap lingkungan sekitar.

Fungsi Dari Alat Sound Level Meter

Hal yang sering dipertanyakan oleh manusia adalah mengapa kita perlu menggunakan alat sound level meter ini? Kita sebagai manusia memang disarankan untuk menggunakan alat ini sebab alat sound level meter ini adalah alat yang berfungsi untuk mengetahui apa yang telah terjadi pada lingkungan sekitar ketika yang disebabkan oleh suara.

Selain itu, pengukuran alat sound level meter ini juga dapat digunakan untuk memverifikasi seberapa banyak tingkat atau level dari sebuah suara yang ditimbulkan atau yang telah berubah. Siapapun manusia yang terlibat dalam pekerjaan sound system pasti akan menyadari bahwa terdapat beberapa masalah yang sedang terjadi dan terjadi peningkatan masalah tingkat volume yang dihasilkan dalam suatu acara performance public, dan yang khusus adalah dalam penguatan musik pop.

Cara Menggunakan Alat Sound Level Meter

Berikut adalah cara menggunakan sound level meter yang dapat Anda ikuti agar Anda tidak salah dalam pemakaiannya.

1. Pada langkah pertama, aktifkan alat ukur sound level meter yang akan digunakan untuk mengukur terlebih dahulu.

2. Pilih selektor pada posisi fast untuk jenis kebisingan continue atau secara terus – menerus atau berkelanjutan dan pilih selektor pada posisi slow untuk jenis kebisingan impulsif atau jenis kebisingan yang terputus-putus.

3. Lalu, pilih selektor range intensitas kebisingan atau selektor tingkat kebisingan.

4. Kemudian, tentukan area tempat pengukuran yang akan Anda ukur.

5. Setelah itu, lakukan pengamatan kurang lebih selama 1-2 menit pada setiap area pengukuran dengan 6 kali pembacaan.

6. Selanjutnya catatlah hasil pengukuran berupa angka yang telah ditunjukkan pada monitor sound level meter Anda.

7. Pada tahap terakhir hitunglah rata-rata kebisingan yang terjadi, maka Anda akan mengetahui hasil pengukuran dari kebisingan tersebut.

Cara Sederhana Merawat Alat Sound Level Meter

1. Gunakanlah sound level meter pada tempat yang sejuk  dan tidak langsung terpapar oleh sinar matahari.

2. Usahakan pada saat setelah alat sound level meter ini digunakan Anda segera mematikannya dengan menekan off pada alat. Hal ini dilakukan untuk menghemat daya baterai pada alat sound level meter. Anda dapat melihat ketersediaan daya baterai pada layar display.

3. Langkah yang terakhir, lakukan kalibrasi secara eksternal minimal setahun sekali pada alat sound level meter ini.

Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Sound Level Meter

Sound level meter saat ini telah memiliki standarisasi international yang telah ditetapkan yaitu dengan standar EC 61672:2003. Pada hal ini ada dua faktor yang dapat mempengaruhi dalam penggunaan sound level meter ini, pasalnya faktor dari hal tersebut dapat membuat gelombang suara tidak akurat atau pada saat melakukan pengukuran, suara yang terukur dengan menggunakan alat ini bisa jadi tidak sama dengan nilai intensitas gelombang suara yang sebenarnya. Dua faktor yang mempengaruhi tersebut adalah sebagai berikut.

• Adanya angin yang tidak beraturan atau bertiup dari berbagai arah. Hal ini akan menyebabkan tidak akuratnya nilai yang sudah terukur,  Pengaruh kecepatan angin yang tidak teratur ini akan membuat nilai intensitas dari sebuah suara yang sedang diukur menjadi tidak sesuai dengan intensitas suara yang asli.

• Posisi tempat pengukuran juga akan berpengaruh terhadap tidak akuratnya pengukuran. Misalnya saja pada tempat pengukuran di lingkungan yang terbuka seperti disekitar lingkungan yang banyak tumbuhan dimana suara akan banyak diserap oleh tumbuhan – tumbuhan besar sehingga pengukuran suara tidak akan maksimal.

Tempat Jual Alat Sound Level Meter

Saat ini memang sudah ada banyak sekali jenis – jenis alat ukur suara/kebisingan (sound level meter)yang ada di pasaran dengan harga yang bervariasi sesuai dengan tingkat kecanggihan alat serta kualitasnya, alat sound level meter ini akan dibedakan berdasarkan merk dan jenisnya. Namun tidak adasalahnya jika sebaiknya pemilihan alat sound level meter ini tetap dilakukan dengan pemilihan cermat dan selektif agar bisa menemukan jenis alat ukur kebisingan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda dapat memperoleh berbagai pilihan alat sound level meter ini di www.kucari.com dengan merk dan jenis yang berbeda akan tetapi terjamin akan kualitasnya serta dengan harga yang bervariasi juga namun harganya tetap terjangkau.

Anda masih ragu? Anda dapat menanyakannya di nomor telepon (021) 2254 1875, untuk menanyakan apakah produk yang Anda butuhkan tersedia atau tidak.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi rating

Rating rata-rata / 5. Jumlah rating:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *