Anemometer

Mengenal Manfaat Angin Dan Penggunaan Alat Ukur Angin Leave a comment

Angin memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Tak jarang banyak orang yang menggunakan alat ukur angin untuk mengetahui berapa kecepatan angin serta energi yang dihasilkan. Dari pengukuran tersebut kemudian dapat diketahui manfaat yang dapat diperoleh dari energi angin tersebut.

Banyak pula peneliti yang mencari sumber angin menggunakan alat ukur angin. Bahkan, mereka tidak segan mendatangi beberapa daerah yang mengalami badai angin. Selain untuk memanfaatkan energi angin, alat ukur angin juga dapat digunakan untuk mengetahui adanya potensi badai angin di sebuah wilayah. Antisipasi pun dapat dilakukan untuk menghindari masyarakat dari keadaan yang berbahaya.

Manfaat Energi Angin

Banyak sekali menfaat yang bisa didapatkan dari energi angin. Apa sajakah itu? Yuk disimak!

1. Menggerakan Kapal layar

Masih banyak nelayan tradisional yang memanfaatkan energi angin untuk berlayar. Selain tidak berisik, pemanfaatan energi angin juga lebih hemat biaya. Bahkan bisa mencegah dari pencemaran udara.

2. Membantu Pesawat Terbang

Walaupun menggunakan peralatan dan mesi yang canggih, namun pesawat terbang tetap memanfaatkan energi angin untuk terbang dan bergerak. Energi angin dapat membantu pesawat terbang untuk mempertahankan posisinya di udara.

3. Membantu Dalam Irigasi

Di beberapa negara, seperti di Belanda penggunaan kincir angin masih dimanfaatkan. Di mana kincir angin akan memanfaatkan energi angin untuk mendistribusikan air menuju saluran-saluran irigasi. Selain lebih hemat biaya, cara ini pun lebih efektif dilakukan pada bidang pertanian.

4. Olahraga Angin

Ada banyak olahraga ekstrim dan seru yang memanfaatkan energi angin. Terjun payung, Gantole, Paragliding hingga paralayang membutuhkan emergi angin untuk mengatur arah ketika melakukan olahraga tersebut.

5. Membantu Tanaman Berkembang Biak

Tahukah Anda, bila tumbuhan membutuhkan energi angin untuk berkembang biak? Di mana energi angin akan membantu tanaman dalam proses penyebaran benih mereka. Dengan bantuan energi angin, tanaman akan melepaskan benih dan spora mereka untuk  tumbuh dan berkembang biak.

6. Menentukan Arah

Bagi para pelaut atau pengelana di jaman dahulu, angin digunakan untuk membantu menentukan arah. Di mana arah utara, timur, barat dan selatan ditentukan dari arah mata angin. Dengan mengikuti arah mata angin, akan memudahkan mereka untuk pergi ke tempat yang dituju.

7. Digunakan Dalam Prinsip Aerodinamika

Energi angin juga sering digunakan dalam melakukan prinsip aerodinamika. Dimana energi angin akan digunakan untuk menggerakan dan menentukan arah benda-benda tertentu. Beberapa benda dengan desain modeling seperti mobil balap, pesawat terbang, kendaraan bermotor, rudal serta peralatan perang lainnya akan bergerak secara sempurna menggunakan tenaga angin dengan prinsip aerodinamika.

Alat Ukur Angin Anemometer

Pada tahun 1450 Leon Battista Alberti berhasil menemukan alat ukur angin untuk mengukur besarnya tekanan angin. Di mana alat ukur angin Anemometer tersebut dibedakan menjadi 3 jenis sebagai berikut.

1. Anemometer Sederhana

Alat ukur angin tidak harus selalu canggih. Ada yang memiliki bentuk sederhana, bahkan dapat Anda buat sendiri. Alat ukur ini hanya berupa kain dengan bentuk lingkaran yang memanjang atau silinder corong. Cara menggunakannya hanya dengan mengikatnya pada tiang yang berdiri. Alat ukur angin ini juga merupakan alat ukur tradisional untuk membantu mengetahui arah angin.

2. Anemometer Termal

Ini dia alat pengukur kecepatan angin yang sudah terbilang canggih. Dilengkapi alat khusus seperti sensor yang dimanfaatkan untuk menghitung jumlah kalor atau panas yang berpindah pada daerah di sekitar sensor. Panas inilah yang menjadi acuan dari kecepatan angin. Prinsip kerjanya mengikuti prinsip kerja tabung pilot.

3. Anemometer Mangkok

Alat ukur angin ini memiliki 3 atua 4 mangkok yang terpasang pada ujung jari-jari berporos. Setiap mangkok akan menghadap ke arah melingkar yang sama. Tujuannya agar mangkok-mangkok tersebut akan berputar pada arah yang tetap pada saat tertiup angin. Untuk memudahkan hitungan putarannya, salah satu mangkok dari anemometer akan diberi tanda atau ciri tertentu.

Rekomendasi Produk Alat Ukur Angin Anemometer

Ini dia anemometer yang memiliki fitur koneksi dengan menggunakan aplikasi di IOS atau Andriod. Anda bisa mendapatkan data mengenai kecepatan angin dan suhu menggunakan aplikasi di mana saja dan kapan saja. Anda bisa mendapatkannya di www.kucari.com dengan harga Rp 1.150.000.

Alat ukut angin ini biasanya digunakan pada berbagai industri untuk ventilasi, penelitian lingkungan, HVAC, meteorology, monitoring cuaca dan lainnya. Di mana Hot Wire Anemometer berfungsi untuk mengkonversi perubahan suhu menjadi kecepatan angin. Berbeda dengan anemometer lainnya yang menggunakan sensor berupa baling-baling untuk mengubah kecepatan perputaran baling-baling menjad kecepatan angin. Alat ini memiliki sensor berupa kawat kecil. Di mana apaa saat dialiri panas maka suhunya berubah menjadi di atas suhu sekitarnya. Pada saat terdapat udara yang menglir melalui kawat, maka suhu pada kawat akan menurun. Perubahan suhu inilah yang menjadi indikator dari perubahan kecepatan angin yang diuji.

Memiliki dimension 67.5 x 45.8 x 30.2mm, alat ini dilengkapi dengan batere kotak 9 V. Terdapat pula Backlight Display dengan penyimpanan data. Bisa didapatkan di www.kucari.com dengan harga Rp 2.600.000.

  • Anemometer Data Logger Benetech GM8902

Alat ukur angin ini dapat melakukan pengolahan data ke PC karena memimiki koneksi USB dan CD software. Selain mengukur kecepatan angin, Anemometer GM8902 juga dapat digunakan untuk mengukur suhu udara. Memiliki power suplay berupa 9V battery yang dilengkapi dengan low battery indication. Alat ini juga memiliki data hold dan Backlight display. Di www.kucari.com alat ukur angin ini dibanderol dengan harga Rp 1.200.000.

Anemometer Benetech GM8908 dapat Anda gunakan untuk mengukur aliran udara di dinding atau atap, serta mengetahui kecepatan dan suhu pada kipas komputer CPU ataupun AC. Alat ukur angin ini tidak hanya  multifungsi namun juga memiliki bentuk yang kecil dan ringan. Tersedia pengukuran rata-rata, pengukuran keceparan lancar, maksimum serta indikasi angin dingin. Di mana rentang pengukuran untuk suhu antara  -10 ~ 45 °C (14 ~ 113 °F) serta lebar kecepatan angin dari 0-30 m/s. Dari layar LCD level ganda telah tersedia data instan mengenai suhu udar dan keceparan angin. bahkan, alat ini dapat menampilkan kecepatanangin dalam 5 parameter, yaitu m/s, km/h, ft/min, knots & mph. Tidakhanya itu, suhu juga dapat diubah  antara °C dan °F. Harganya murah, hanya Rp 500.000.

Anda yang suka untuk surfing, sailing atau bermain layang-layang tentu akan membutuhkan Anemometer Benetech GM816. Alat pengukur kecepatan angin ini memiliki thermometeruntu memperkirakan kondisi cuaca serta mendeteksi akan adanya cuaca buruk seperti badai ataupun topan. Dapat pula digunakan untuk alat rumah tangga, seperti mengetahui gerakan udara pada dinding rumah dan atap, serta mengukur kecepatan dan suhu pada AC ataupun kipas CPU.

Memiliki LCD digital display dengan perhitungan yang akurat. Ukurannya hanya sebesar telapak tangan sehingga praktis dan mudah dibawa. Dilengkapi juga dengan pengukurn kecepatan current, maximum dan average serta dapat mengetahui adanya indikasi angin dingin. Harganya tidak mahal. Hanya Rp 500.000.

Anda berminat? Dapatkan sekarang juga!

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi rating

Rating rata-rata / 5. Jumlah rating:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *