Alat Ukur Jarak

Ada Loh Alat Ukur Jarak Yang Lebih Canggih Leave a comment

Ada berbagai macam dan tipe dari alat ukur jarak, mulai dari yang manual dan sederhana sampai yang sudah canggih dan dapat digunakan untuk mengukur jarak yang sangat panjang. Jarak merupakan satu komponen yang sangat berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan manusia. Sehingga, pengukuran mengenai jarak ini juga sangat kita dibutuhkan.

Alat Ukur Tradisional

Pada masa terdahulu, manusia telah memulai mengukur jarak dengan bagian tubuhnya, sebut saja ada satuan hasta, depa, atau pun kaki yang merupakan alat ukur jarak dengan menggunakan bagian tubuh manusia itu sendiri. Tentu saja alat ukur ini hanya mampu untuk mengukur jarak yang sangat minim dan tidak bisa digunakan mengukur jarak yang sangat jauh.

Kemudian, berkembanglah alat ukur jarak ini menjadi alat ukur yang lebih bisa mengukur jarak yang lebih besar. Serta hasil pengukuran yang dihasilkan lebih standard dibandingkan dengan alat ukur hasta atau depa. Ada meteran atau measuring tape yang dirasa lebih membantu saat dibutuhkan untuk mengukur jarak.

Alat Ukur Modern 

Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi, manusia saat ini sudah mampu untuk menciptakan alat ukur modern yang dapat digunakan mengukur jarak lebih panjang dengan lebih praktis. Berikut ini adalah beberapa alat ukur yang ada saat ini.

#1 Walking Measure 

Walking Measure

Alat ini masih dikenal sebagai alat pengukur jarak secara manual. Dikenal juga dengan istilah measuring wheel atau meteran roda. Alat ukur ini berupa roda karet dengan diameter roda sekitar 32 cm. Selain roda, juga disertai dengan tongkat aluminium lipat dengan panjang tongkat 95 cm. Untuk hasil pengukurannya bisa sampai 5 digit. Alat ukur ini digunakan dengan cara dijalankan layaknya menjalankan sepeda roda satu. Pada bagian bawah terdapat alat pembaca ukurannya.

Artikel Terkait :   Anda Tentu Tahu Termometer, Alat Ukur Suhu Yang Banyak Digunakan

#2 Alat Ukur Jarak

Measuring Tape

Inilah puncak perkembangan teknologi dari alat ukur jarak yang canggih saat ini. Dinamakan alat ukur jarak laser karena dalam penggunaannya menggunakan cahaya laser. Selain untuk mengukur jarak seperti biasanya, alat ukur laser ini juga memiliki fungsi spesial, yaitu dalam pengukuran kemiringan atap. Alat ukur ini dapat digunakan pada pengukuran tidak langsung pada atap dengan tilt sensor yang terintegrasi dengan kemiringan sampai 45 derajat.

Selain itu, juga digunakan pada pengukuran jarak horizontal saat objek yang akan diukur tidak dapat ditargetkan secara langsung, misalnya saat ada penghalang pada area yang akan diukur sebut saja seperti dinding atau pagar. Alat ukur laser ini juga dapat digunakan pada pengukuran sudut dan juga fungsi stake out.  

Kelebihan utama dari alat ukur laser ini adalah dapat digunakan mengukut suatu tempat yaitu lokasi atau luasnya dalam waktu yang sangat cepat dan juga memberikan hasil pembacaan pengukuran dalam waktu sangat singkat. 

Sehingga, alat ini tidak hanya untuk pengukuran jarak, namun juga dapat digunakan untuk pengukuran volume dan juga luas untuk berbagai tempat dengan luasnya yang cukup besar.

Alat Ukur Jarak Laser

Berkaitan dengan kemudahan dalam penggunaan untuk pengukuran objek dengan luas yang cukup besar serta dalam kecepatan menampilkan hasil pembacaan pengukuran, alat ukur jarak laser menjadi satu jenis alat ukur yang banyak digunakan saat ini, terutama di bidang industri dan pembangunan atau konstruksi.

Dinamakan sebagai alat laser karena dalam penggunaannya, sinar laser menjadi bagian atau komponen utama dalam menjalankan alat yang satu ini. Alat ini akan memproyeksikan sinar laser tersebut, baik itu secara vertikal dan juga horizontal, kemudian akan menampilkan berapa ukuran yang diinginkan pada penampang alat ini.

Artikel Terkait :   Macam-Macam Alat Ukur Listrik serta Cara Menggunakannya

Biasanya, pengukuran vertikal digunakan untuk mengukur jarak dari lantai ke plafon atau dari gedung bagian dasar ke bagian atas. Sedangkan untuk pengukuran horizontal bisanya digunakan untuk mengetahui jarak dari satu bangunan ke bangunan yang lainnya.

Ada beberapa jenis alat ukur laser yang dapat kita temukan saat ini. Berikut ini adalah beberapa, di antaranya:

#1 Alat Ukur Laser Distance Meter

Alat Ukur Laser Distance Meter

Bentuk rupa alat ini hampir mirip dengan remote control. Perbedaannya hanya pada layar digital sebagai tempat untuk menunjukan hasil pembacaan jarak. Terdapat beberapa tombol yang berfungsi untuk menjalankan alat ini.

Penggunaannya cukup dengan mengarahkan sinar pada bagian objek yang diinginkan untuk diukur. Kemudian setelah beberapa saat yang sangat singkat, akan ditampilkan hasil dari jarak tersebut.

Terdapat pula beberapa jenis alat laser ini dimana disesuaikan dengan daya ukur dari alat tersebut. Ada yang mampu mengukur jarak sekitar 100 meter dan apa pula yang kurang atau lebih.

Harganya pun juga cukup terjangkau. Pengguna terbesar alat ukur ini adalah kalangan pekerja industri dan juga konstruksi. 

#2 Mini Laser Distance Meter

Mini Laser Distance Meter

Sejatinya, alat kedua ini yaitu mini distance meter memiliki kesamaan sistem kerja dengan alat nomer satu. Hanya saja, perbedaan yang ada berada pada ukuran dari kedua alat ini. Dinamakan sebagai mini laser karena memiliki ukuran alat yang lebih kecil dibandingkan dengan alat yang kedua.

Cara kerja alat ini pun juga sama dengan alat yang pertama. Karena menggunakan sinar laser, sinar ini pun diarahkan pada objek yang hendak diukur jaraknya. Kemudian, hasil pengukuran jarak pun akan tampil di layar alat ini.

Yang membedakannya dengan alat pertama tentu saja dalam sisi bentuk, harga beli, dan juga keakurasian dalam pembacaan hasil pengukuran serta kemampuan untuk mengukur jarak tertentu. Karena mini, kemampuan alat ini tentu saja masih di bawah kemampuan alat yang pertama. 

Artikel Terkait :   Sudah Kenal Dengan 7 Alat Ukur Kecepatan Ini?

Sebagian mini laser ini juga disertai dengan measuring tape atau meteran sebagai alat yang bisa jadi dibutuhkan saat pengoperasian alat ini.

#3 Laser Pengukur Jarak 3 In 1

Laser Pengukur Jarak 3 In 1

Alat ukur jarak 3 in 1 mengkombinasikan alat ukur laser, penggaris dan juga meteran dalam satu unit alat ukur. Sehingga, diharapkan melalui alat ini, hasil pengukuran yang dilakukan dapat lebih akurat dan lebih komplit. 

Kecepatan dalam pengukuran dengan menggunakan alat ini juga tidak perlu diragukan lagi. Karena sama-sama menggunakan sinar laser untuk lebih memudahkan proses pengukuran. Hasil pengukuran juga akan ditampilkan dalam waktu yang sangat singkat.

Selain dapat digunakan sebagai alat ukur, alat ini juga dapat digunakan untuk membantu kita dalam menyelesaikan beberapa pekerjaan tertentu. Sebut saja saat menggantung lukisan, memasang lemari atau pun memasang wallpaper serta beberapa kegiatan lainnya. Kombinasi dari tiga alat inilah yang membuat alat ini menjadi lebih berkualitas dan dibutuhkan walaupun keberadaan penggaris dan meteran, dalam beberapa kondisi tertentu, tidak banyak dibutuhkan karena sudah ada sinar laser yang memudahkan dalam pengukuran.

Inilah jenis alat ukur jarak yang dapat ditemukan saat ini. Tak melulu hanya penggaris dan meteran, perkembangan teknologi telah menghantarkan pada satu alat ukur jarak yang canggih dan dapat memberikan banyak keunggulan dibandingkan dengan alat ukur tradisional atau konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *