alat uji lingkungan

Ada Beragam Alat Uji Lingkungan Yang Perlu Kita Tahu! Leave a comment

Terdapat sejumlah alat ukur yang digunakan untuk menguji kondisi lingkungan. Beberapa alat ini memiliki fungsi dan bagian lingkungan tersendiri di mana alat ini digunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis alat ukur yang digunakan untuk menguji lingkungan serta beberapa komponen tertentunya.

Ambient Air Monitoring Atau Alat Pengukur Kualitas Udara

Alat Pengukur Kualitas Udara

Alat ukur ini berfungsi untuk mengukur kualitas udara yang ada pada daerah tertentu. Ada berbagai tempat yang dapat diukur dengan menggunakan alat ukur ini, sebut saja di pusat kota. Kualitas udara yang dimaksudkan adalah kualitas udara ambient lokal di mana udara yang ada di satu tempat dapat memiliki kualitas yang menurun diakibatkan oleh sejumlah faktor, misalnya adalah adanya kendaraan diesel atau pun karena udara bercampur dengan emisi pembangkit listrik.

Zat udara yang dapat dipantau melalui alat ukur ini adalah deposisi debu, kandungan nitrogen, yaitu mono hidrogen yang menjadi salah satu zat buangan dari adanya pembakaran pada suhu yang sangat tinggi. Selain dua zat ini, alat ukur ini juga dapat memantau kadar sulfur oksida yang juga menjadi salah satu zat yang menandakan adanya pencemaran udara.

Alat ini berhubungan dengan usaha pemantauan lingkungan, misalnya adalah pemantauan kadar debu di udara di daerah pertambangan. Pemantauan lingkungan yang dilakukan merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan lisensi dari IED, sebagai instituti pemeliharaan lingkungan, juga untuk mendapatkan ijin kondisi perencanaan lingkungan. 

Di Indonesia pun, pemerintah telah menunjukan konsen mereka terhadap upaya pemantauan lingkungan termasuk salah satunya adalah pemantauan kualitas udara. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan peraturan pemerintah Republik Indonesia nomer 41 tahun 1999 mengenai pengendalian pencemaran udara. Di dalam undang-undang ini, diatur beberapa jenis debu dan gas dengan kadar mereka untuk mengontrol suatu daerah dengan indikator kualitas udaranya.

Artikel Terkait :   Inilah Alat Uji untuk Menguji Bangunan, Menguji Logam, dan Menguji Kekerasan

Vertikal Dan Horizontal Water Sampler

Water Sampler

Sesuai namanya, alat ukur ini merupakan satu alat ukur yang berfungsi untuk pengambilan sampel air pada perairan dangkal dan juga perairan dalam. Alat ukur ini berupa satu botol yang dapat diisi air dan dinamakan sebagai horizontal karena memiliki posisi yang sejajar saat turun ke bawah. Cara mengoperasikan alat ini adalah dengan menarik ke bagian samping sebelum ditutup oleh pengguna alat. 

Tujuan umum dari dilakukannya pengambilan sampel air adalah untuk mengetahui kondisi fisik dari air tersebut, misalnya adalah suhu dari air yang diambil. Selain itu, juga untuk mengetahui kondisi kimia yang dikandung oleh air tersebut, misalnya dalam hal adanya gas terlarut yang ada di dalamnya, serta kandungan nutrisi atau pun logam yang dapat ditemukan di dalam air. Pengambilan sampel air juga berfungsi untuk mendapatkan data biologis mengenai air tersebut, misalnya adalah keberadaan zooplankton di dalam air.

Anemometer 

Anemometer

Alat ukur ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin pada satu daerah tertentu. Dapat dikatakan bahwa anemometer ini sebagai satu alat yang paling banyak digunakan dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau pun dalam stasiun prakiraan cuaca. Nama alat ini pun sudah menunjukan keberadaan fungsinya sebagai alat pengukur angin, karena anemos merupakan kata dari bahasa Yunani yang berartikan angin. Selain dapat digunakan untuk mengukur kecepatan angin, anemometer ini juga dapat digunakan untuk mengukur besar tekanan angin yang ada. Juga dapat untuk mengukur gas. 

Saat ini, telah dikembangkan pula anemometer ultrasonik yang memiliki lebih banyak manfaat selain dari mengukur kecepatan angin, sebut saja dapat digunakan untuk membantu menentukan arah mata angin, berguna dalam pengamatan cuaca dan juga untuk kegiatan lainnya misal mengukur tinggi gelombang dan mengukur tekanan udara.

Artikel Terkait :   Mengenal Macam-Macam dan Kegunaan Alat Ukur Air

Angin yang ada di sekitar alat ini dapat diukur kecepatannya karena adanya kiriman gelombang nada transduser pada alat anometer ini. 

Cara pengoperasian anemometer ini adalah dengan memegang alat ukurnya secara vertikal. Kemudian, haruslah kita stabilkan anomemeter ini dengan penyangganya. Terdapat spedometer di bagian layar dari Anometer ini. Pada layar inilah nanti akan ditampilkan hasil pembacaan dari pengukuran angin dengan menggunakan alat ini.

Anemometer menjadi salah satu alat yang dibutuhkan dalam beberapa jenis industri yang berkaitan dengan angin. Karena hasil pengukuran yang dihasilkannya, yaitu mengenai kecepatan angin dihasilkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi, yaitu berkisar 0,5 meter di setiap detiknya. Dengan ini, dapat dikatakan bahwa alat ukur untuk kecepatan angin ini merupakan satu jenis alat yang sangat efektif dan efisien saat digunakan.

Gas Detector Atau Alat Pendeteksi Gas

Gas Detector

Dalam beberapa industri tertentu, mendeteksikan kebocoran gas yang mungkin saja terjadi menjadi satu hal yang sangat penting untuk dilakukan, bahkan sampai dapat menyelamatkan banyak nyawa pekerja dan juga berlangsungnya dari industri tersebut.

Sebut saja dalam industri yang berkaitan dengan proses pengelasan. Dalam proses ini, deteksi awal adanya kebocoran gas akan dapat menghindarkan kemungkinan adanya kebakaran atau bahkan ledakan. Substansi pengelasan yang merupakan acetylene dan oksigen menjadi jenis gas yang sangat mudah terbakar. Kebocoran sekecil apapun akan menjadi sangat berbahaya selama berada di ruang tertutup atau pun ruangan dengan ventilasi yang minim. Karena akumulasi gas akan menjadi pemicu kebarakan terjadi. 

Pada saat inilah dibutuhkan satu alat yang dapat mendeteksi adanya gas tertentu yang muncul, alat ukur ini dinamakan sebagai Gas detector atau alat deteksi gas. Alat ukur ini memiliki kepekaan terhadap hadirnya berbagai jenis gas tertentu pada satu wilayah tertentu pula. Alat deteksi ini akan membunyikan alarm khusus yang ada pada alat tersebut saat mendeteksi adanya gas tertentu. Selain alarm, lampu khusus juga akan berkedap kedip sebagai tanda adanya satu hal yang dapat menyebabkan pada bahaya. Sebagian besar gas yang mampu dideteksi oleh alat ini merupakan jenis gas yang beracun dan dapat terbakar dengan mudah.

Artikel Terkait :   Mengenal Macam-Macam dan Kegunaan Alat Ukur Air

Untuk memudahkan dalam pengoperasiannya, alat ukur ini dibuat dengan desain yang mudah dibawa ke mana-mana atau portable. Memang, pada awal produksinya, alat deteksi gas ini dirancang untuk mendeteksi adanya kebocoran gas tunggal, namun saat ini, alat ini sudah dirancang dengan sistem yang lebih modern lagi karena dapa mendeteksi adanya keberadaan beberapa gas beracun yang mudah terbakar. Keberadaan alat ini tentu sangat membantu kerja kita, terutama yang bergelut di dunia industri karena akan menjadi alat pencegah kebakaran.

Inilah empat dari sekian banyak yang berguna sebagai alat uji lingkungan. Keempat alat ukur ini menjadi sarana untuk melakukan pengkuran terhadap beberapa komponen lingkungan yang banyak digunakan oleh kehidupan kita sebagai manusia, sebut saja air, angin, udara dan juga gas tertentu. Selain keempat jenis alat ukur ini, tentu saja masih ada sekian banyak alat uji lingkungan lainnya.

Apakah Anda mengetahui beberapa jenis lainnya dari alat uji lingkungan ini? Berikut ini daftar harga alat uji lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *