water quality meter

Mengenal Macam-Macam dan Kegunaan Alat Ukur Air Leave a comment

Air merupakan sumber kehidupan di dunia ini. Ini mengapa sebagian permukaan bumi ini terdiri dari air dibandingkan dengan daratan. Semua makhluk hidup di duniaini pun tidak dapat lepas dari kebutuhan akan air. Bahkan, di dalam tubuh manusia dewasa sebanyak 60 % dari berat tubuhnya tersusun dari air. Itu sebabnya penggunaan air tidak bisa lepas dari kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Tidak hanya untuk minum, air juga digunakan untuk memasak, membersihkan tubuh dan beberapa barang lainnya, bahkan juga untuk pengairan lahan pertanian.

Akan tetapi, tahukah Anda bila saat ini adanya pencemaran lingkungan juga berpengaruh terhadap air yang ada di bumi? Di mana semakin lama kesediaan air bersih semakin sedikit. Bahkan penggunaan air dengan jumlah yang sangat besar dan pola hidup manusia membuat  kesediaan air bersih semakin berkurang. Bahkan, tak jarang tempat-tempat penyimpanan air telah berubah fungsi menjadi lahan perkembuan, lahan industri, perkantoran, perumahan dan lainnya. Ditambah dengan adanya limbah membuat kandungan air bersih bercampur dengan zat yang berbahaya.

Untuk itulah, berbagai macam alat ukut air kemudian diciptakan untuk mengetahui adanya kesediaan air bersJJih. Di mana dengan alat ukur air, Anda bisa tahu kandungan air di dalam rumah. Apakah Air tersebut aman dikonsumsi ataukah hanya untuk keperluan rumah tangga lainnya.

Ini dia beberapa jenis alat ukur air yang bisa Anda ketahui.

ORP Meter

Tahukah Anda bila adanya kandungan bahan kimia dalam air akan berbahaya bagi tubuh? Tidak hanya pada air yang dikonsumsi, namun juga air yang berada di kolam renang. Itu sebabnya, industri yang bergerak dalam bidang kolam renang dan spa membutuhkan alat pengukut pH dan kandungan klorin bebas pada air secara akurat dan cepat. Cara kerjanya adalah dengan mengukur potensi oksidasi reduksi dan kosentrasi pada bahan kimia yang berada di dalam air. Dengan adanya ORP Meter, maka kesehatan para penggunaka spa dan kolam renang akan terlindungi.

Salah satu alat yang direkomendasikan adalah ORP Meter with PH and Thermometer DW99. Alat ini memiliki temperatur 0 hingga  55°C. Dengan dimensi 170 x 40 x 23 mm, alat ini emiliki accuracy dengan Mv ±5mV, pH ±0.1 pH dan Temperature ±1°C. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 1.750.000 di www.kucari.com.

Ada pula ORP + PH + Thermometer 3 in 1 DW16. Memiliki 3 manfaat sekaligus, yaitu mengukur Acidity atau Alkalinity (PH Meter); Electrode potential (ORP Meter); serta Temperature (Thermometer). Di www.kucari.com. bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 2.350.000.

Pilihan alat ukur air lainnya di www.kucari.com adalah ORP + PH + Thermometer 3 in 1 DW13. Tidak hanya dapat digunakan pada kolam renang, namun alat yang dapat berfungsi sebagai PH, ORP, dan Thermometer ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur kualitas air pada produksi air minum/food processing, akuarium serta rumah sakit. Dapatkan segera dengan harga Rp 1.850.000.

TDS Meter

Untuk mengukur jumlah partikel terlarut pada air minum yang tidak tampak oleh mata, Anda dapat menggunakan TDS Meter.  Total Dissolved Solids (TDS Meter) memiliki satuan satuan ppm (mg/L). Dengan adanya TDS Meter, aneka partikel terlarut seperti mangan, tembaga, besi, alumunium dan lainnya yang terdapat pada air akan terukur jumlahnya. Andapun akan tahu apakah air minum tersebut layak untuk diminum atau berbahaya bagi kesehatan.

TDS Meter Deluxe – Water Quality Tester memiliki cara yang cukup mudah. Di mana Anda cukup mencelupkan alat ini di dalam air yang ingin diukur sekitar sedalam 5 cm. Alatpun secara otomatis akan mengukur sendiri. Tunggulah sekitar 2 hingga 3 menit hingga angka digital stabil. Andapun akan melihat hasilnya. Dapatkan seharga Rp 550.000.

Dual TDS Meter – Water Quality Tester

Dual TDS meter sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki usaha air minum isi ulang. Namun, jika Anda memilikisistim filtrasi atau pemurnian air di rumah, alat ini pun dapat digunakan. Alat ini sangat efektif untuk mengukur air dengan dua arah, yaitu air yang masuk serta air yang keluar setelah dimurnikan. Sangat mudah  digunakan dan hasilnya pun cepat. Anda bisa mendapatkannya di www.kucari.com dengan harga Rp 850.000.

HANNA HI991301 Portable pH/ EC/TDS Meter

Dengan Hanna HI 991300, dalam satu alat Anda dapat mengukur PH, kualitas air, elektro-konduktivitas, total padatan terlarut, serta suhu air sekaligus. Anda dapat melakukan pengukuran hanya dengan dua tombol yang tersedia, di mana Anda dapat memilih untuk aneka buffer kaibrasi serta skala pada suhu ° C atau ° F. Dapat digunakan mulai dari air payau hingga air murni. Anda bisa mendapatkannya di kucari.com.

HANNA HI9813-5 Portable pH/ EC/TDS Meter

Memiliki kelebihan tahan air dan ekonomis, di mana HANNA HI9813-5 mampu untuk mengukur konduktivitas, ph, total kepadan terlarut serta suhu pada air. Caranya sangat mudah karena telah tersedia tombol khusus pada LCD untuk model pengukuran. Selain itu terdapat pula tombol untuk kalibrasi  titik tunggal pH dan EC/TDS. Sangat cocok digunakan untuk aplikasi pertanian, hidroponik dan rumah kaca.

COD Meter

COD Meter (chemical Oxygen Demand) merupakan alat yang digunakan untuk mengukur jumlah oksigen pada air yang diperluan untuk mengurai seluruh bahan organik. Dalam melakukan pengukuran, anda harus mendapatkan sampel dair dan melakukan pengukuran pada kandungan oksigen terlarut yang ada pada sampel yang selama 5 hari telah mengalami proses inkubasi pada kondisi gelap dan suhu tetap. Nilai dari BOD dinyatakan dalam miligram oksigen per liter (mg/L).

Alat ini sangat edektid untuk melakukan analisis terhadap air limbah. HI-83214-02 telah dibuat sesuai dengan standar EPA 410.4 dan ISO 15705: 2002. Hasilnya pun sangat akurat, bahkan membantu pengumpulan data secara efisien. Dengan menghubungkan alat ini pada PC melalui port serial RS232, maka hasil pengukuran pun dapat tersimpan. Yuk dapatkan segera alat ukur air ini.  

Turbidity Meter

Tentu Anda akan merasa jijik bukan bila melihat air tercemar karena limbah. Sekarang ada alat bernama Turbidity Meter yang berfungsi untuk mengetahui tingkat kekeruhan air akibat pencemaran lingkungan. Biasanya tingkat dari kekeruhan air akan dapat diketahui dari besaran NTU (Nephelometric Turbidity Units). Salah satu alatnya yang bisa Anda gunakan adalah Turbidity Meter WGZ-20B – Turbidimeter – Ukur Kekeruhan Air, yang bisa didapatkan dengan harga Rp 4.950.500.

Baca Juga : Alat Ukur Air Berdasarkan 3 Parameter Biologi, Kimia, Fisika

Demi kesehatan, kita perlu menjaga lingkungan terutama kandungan air. Di mana banyaknya limbah dapat merusak lingkungan dan kebersihan air. Itu sebabnya, sebagai antisipasi Anda perlu menyediakan alat ukur air di rumah. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah artikel ini bermanfaat?

Klik bintang untuk memberi rating

Rating rata-rata / 5. Jumlah rating:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *