Alat Ukur pH Air

Yuk, Ukur pH Air Dengan Beberapa Alat Ukur pH Air ini! Leave a comment

Kadar pH air menjadi salah satu faktor penting dalam usaha sektor pertanian dan dalam penjagaan lingkungan, terlebih berkaitan dengan limbah dan pembuangannya. Karena keberadaan air menjadi salah satu sumber kehidupan dan pH air yang tepat juga akan menentukan ketepatan dan keberhasilan dalam menjalankan sektor pertanian ini.

Apa Itu pH?

Ph merupakan ukuran keasaman atau basa dari suatu larutan. Hasil pengukuran pH ini menyatakan banyaknya jumlah ion hydronium. Ukuran ini divisualisasikan pada skala logaritma dari angka 0 sampai 14. Contohnya, untuk air murni, PH yang dimiliki adalah 7.0. 

Nilai pH ini akan menentukan kadar asam dan basa dari larutan itu sendiri. Misalnya, larutan asam memiliki pH yang lebih kecil dari angka 7.0. Sedangkan, untuk larutan basa, memiliki pH yang lebih besar dari angka 7.0. pH menjadi satu faktor yang sangat penting dalam proses pertumbuhan tanaman. Karena pH ini memiliki dampak langsung kepada daya serap terhadap berbagai macam elemen nutrisi atau gizi. 

Jadi nilai angka 7 ini merupakan batas untuk menentukan baik tidaknya satu larutan saat digunakan dalam pertanian. Air dengan kadar pH yang semakin jauh dari angka 7 ini menunjukan jenis larutan yang semakin buruk untuk digunakan. Bahkan, bisa dikatakan bahwa air ini akan berbahaya bagi lingkungan dan juga kesehatan.

Dalam hal industri, pengetahuan mengetahui pH pada satu larutan tertentu akan sangat mempengaruhi boleh tidaknya limbah hasil buangan industri ke lingkungan sekitarnya. Hal ini juga diatur dalam undang-undang negara kita. Indonesia membolehkan pembuangan limbah dengan kadar pH antara 6 sampai 9. Sedangkan, ketentuan ini memiliki sedikit perbedaan dengan undang-undang yang ada di Amerika, yaitu pH yang diperbolehkan adalah antara 6,5 sampai 8,5.

Artikel Terkait :   Sudah Kenal Dengan 7 Alat Ukur Kecepatan Ini?

Sejatinya, lidah manusia telah diberikan kemampuan untuk dapat membedakan keadaan asam dan basa dari satu larutan. Salah satu fungsinya juga untuk mengetahui kadar pH dalam satu larutan. Namun, tentu saja, larutan yang bisa dirasakan kadar pH merupakan jenis larutan yang aman saat dikonsumsi atau tertelan secara sengaja oleh manusia. Jenis limbah buangan hasil produksi industri tentu saja tak masuk pada jenis larutan yang bisa diketahui kadar pH-nya dengan menggunakan lidah.

Pada saat inilah maka dibutuhkan jenis alat ukur pH yang dapat dengan mudah digunakan serta mampu memberikan hasil pembacaan yang tepat dan akurat serta mudah dalam penggunaannya. 

Alat Ukur pH Air

Untuk mengetahui kadar pH yang ada pada satu air, maka haruslah digunakan beberapa alat khusus yang memang bertujuan sebagai alat ukur pH air. Berikut ini adalah beberapa alat ukur yang digunakan untuk mengukur pH air.

#1 Kertas Lakmus

Kertas lakmus ini merupakan satu jenis kertas yang dibuat dari bahan khusus yaitu suatu jenis tanaman yang memiliki sensitivitas terhadap reaksi perubahan warna saat bereaksi dengan kondisi pH tertentu.

Kertas Lakmus

Kertas lakmus dibagi menjadi dua jenis yaitu lakmus biru dan lakmus merah. Kertas lakmus biru ini menandakan adanya kondisi basa sedangkan lakmus merah menandakan kondisi asam pada satu jenis larutan tertentu. Untuk menggunakan alat ukur ini dalam mengukur kadar pH suatu larutan, cukup dengan mencelupkan kertas lakmus ini ke dalam larutan yang akan diuji.

Kertas lakmus ini memiliki beberapa warna tertentu yang divisualisasikan dalam sepotong kertas. Berbagai warna ini akan mempresentasikan kadar pH yang ada dengan angka 0 sampai 7. Saat kertas ini dicelupkan pada satu larutan, maka akan dominasi warna tertentu akan muncul di mana warna ini akan menunjukan angka sebagai hasil dari pengukuran pH.

Artikel Terkait :   Cara Mengetahui Kekentalan Cairan Dengan Viscometer

Kelebihan pengukuran pH dengan penggunakan kertas lakmus ini adalah proses yang cepat. Sedangkan untuk kekurangannya, nilai yang didapatkan tidak mampu menunjukan nilai pH yang spesifik. 

Serta, kertas lakmus ini tidak dapat digunakan untuk mengukur cairan yang berwarna pekat. Selain itu, untuk jenis penggunaan lainnya, misalnya penggunaan secara jangka panjang dalam mengetahui perubahan kadar pH dari satu larutan, tentu saja  tidak bisa jika menggunakan jenis alat ukur ini. Maka, dibutuhkan alat ukur pH lainnya yang mampu membantu kerja manusia dalam mengetahui kadar pH dari satu larutan tertentu.

#2 pH Meter Digital 

Alat ukur pH yang paling banyak digunakan dinamakan dengan pH meter. Inilah alat ukur untuk mengukur kadar pH dalam satu larutan. Satu jenis pH meter yang saat ini banyak digunakan karena bentuknya yang kecil dan praktis adalah jenis pH meter handy digital. 

pH Meter Digital

Dinamakan sebagai pH meter handy digital karena hasil pembacaan pH berada dalam bentuk digital serta alat ini merupakan satu alat kecil yang dapat dengan praktis digunakan dan dibawa ke mana saja sesuai dengan kebutuhan si pemakainya. Selain praktis, hasil yang dikeluarkan oleh pH meter ini juga lebih akurat karena penilaian pH bisa dalam bentuk koma. Harga beli alat ini pun tergolong terjangkau karena hanya sekitar 200 ribu sampai 900 ribu saja.

Namun, tentu saja, alat ukur satu ini memiliki satu kekurangan yaitu terkadang menghasilkan pembacaan pH yang kurang stabil.

Terlepas dari kekurangan ini, penggunaan pH meter ini masih sangat rekomended dibandingkan alat ukur kertas yang sebelumnya dibahas.

#3 pH Meter On Site

Dinamakan sebagai pH meter on site karena jenis alat ukur ini merupakan aat ukur pH yang biasanya diletakan pada satu alat tertentu atau pada satu tangki secara permanent. Sehingga alat ini akan menempel pada tempat air yang dikehendaki untuk dibaca kadar pH-nya.

pH Meter Digital

Penggunaan alat ukur bersifat permanent pada satu tempat memiliki fungsi untuk dapat mengamati perubahan dari pH pada larutan tersebut.

Artikel Terkait :   Alat Pemetaan: Macam-macam alat ukur dan alat survey pemetaan

pH meter jenis ini biasanya dihubungkan pada suatu valve atau dosing pump. Kegunaannya agar terjadi injeksi kimia secara otomatis saat mencapai atau melampaui kondisi tertentu. 

Jenis alat ukur pH meter on site ini sangat bermanfaat di saat ada kepentingan untuk mengetahui kadar pH di setiap harinya. Sehingga, kia hanya peru melihat pada pH meter ini untuk mengetahui kadar pH larutan yang kita butuhkan. 

Saat kita membutuhkan untuk menjaga keseimbangan pH maka satu hal yang dapat kita lakukan adalah menambahkan larutan buffer. Larutan ini akan membuat pH larutan menjadi lebih stabil dan kestabilan ini akan mampu bertahan selama beberapa hari. Saat, pH mula berubah lagi, maka hal yang pasti harus kita lakukan adalah menguras air tersebut dan menggantinya dengan air baru dengan kadar pH yang masih normal.

Inilah beberapa alat ukur pH yang dapat kita gunakan, mulai dari alat ukur yang sederhana berupa kertas, alat ukur yang mudah dan praktis untuk digunakan dan dibawa, sampai pada alat ukur yang penggunaannya ditempelkan secara permanent pada tempat air yang dibutuhkan. 

Daftar Alat pH Meter

Hanna Instruments, Lutron, Extech, Eutech, Thermo Scientific, YSI, Yokogawa, Ohaus, Schott, Jenco

Apakah Anda sudah memahami semua penjelasan mengenai alat ukur pH air ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *