telepon satelit

Apa itu Telepon Satelit? Ini Jawabannya! Leave a comment

Dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin canggih, saat ini kita banyak menemui, bahkan menggunakan, alat komunikasi. Ada telepon pintar/smartphone/telepon berbasis GSM, radio HT, telepon satelit, bahkan ada surat elektronik (surel) atau istilah asingnya electronic mail (email). Meskipun memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama untuk berkomunikasi, semua alat komunikasi tersebut memiliki ciri khas masing-masing yang menjadi pembeda.

Misalnya saja, antara telepon pintar/smartphone/telepon berbasis GSM dan telepon satelit. Sekilas, kedua alat komunikasi ini memiliki bentuk yang hampir sama, cara menggunakannya pun sama, yaitu bagian atas ditempelkan di telinga untuk mendengarkan suara dan bagian bawah di dekatkan ke mulut untuk berkomunikasi. Lalu, apa perbedaan di antara kedua alat komunikasi ini?   

Perbedaan antara Telepon Pintar/Smartphone/Telepon Berbasis GSM dan Telepon Satelit

Kedua alat komunikasi ini sekilas memang terlihat sama dan agak sulit dibedakan. Tetapi, ada perbedaan yang sangat mencolok di antara keduanya, yaitu:

  1. Base Transceiver Station (BTS) telepon berbasis GSM berada di darat, sedangkan BTS telepon satelit berada di udara.
  2. Daerah jangkauan telepon berbasis GSM sangat terbatas, sedangakan daerah jangkauan telepon satelit sangat luas sehingga dapat digunakan tengah laut lepas, di daerah pedalaman, dan di daerah pegunungan.
  3. Telepon berbasis GSM menggunakan insfrastruktur di bumi untuk melakukan suatu panggilan, sedangan telepon satelit tidak menggunakan insfrastruktur di bumi.

Sistem Jaringan Telepon Satelit

Untuk dapat menggunakan alat komunikasi dengan BTS di udara ini, kita harus terhubung dengan sistem jaringan telepon satelit. Ada dua sistem jaringan yang dapat kita pilih, yaitu:

Sistem Jaringan Low Earth Orbit (LEO)

Low Earth Orbit (LEO) adalah sistem jaringan telepon satelit dengan satelit yang selalu berubah-ubah. Jumlah satelitnya lebih banyak dibandingkan dengan satelit pada sistem jaringan GEO yang setiap satelitnya akan berputar atau mengorbit di bumi setiap 1 hingga 1,5 jam.

Posisi satelit pada sistem jaringan ini berada di antara ketinggian 600 kilometer hingga 1.100 kilometer sehingga dapat dikatakan posisi satelit berada di orbit yang rendah. Meskipun demikian, semua satelit yang berada di dalam sistem jaringan ini akan bergantian untuk menjangkau seluruh area di bumi.

Untuk dapat berkomunikasi dengan menggunakan sistem jaringan ini, telepon satelit dibuat lebih kecil dan lebih mudah dibawa ke mana-mana karena tidak memerlukan daya yang besar untuk mengirimkan sinyal ke satelit.

Sistem Jaringan Geosynchronous (GEO)

Sistem Jaringan Geosynchronous (GEO) adalah sistem jaringan telepon satelit dengan satelit yang tetap diam atau tetap berada di satu tempat dan terus mengikuti perputaran atau orbit bumi. Posisi satelit pada sistem jaringan ini berada di tempat yang sangat tinggi hingga mencapai 30.000 kilometer dari bumi untuk menjangkau area yang jauh lebih luas.

Jarak yang sangat jauh akan membuat sinyal satelit lemah sehingga komunikasi akan mengalami keterlambatan. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, telepon satelit dibuat lebih besar untuk dapat menjangkau satelit dengan sinyal yang kuat.

Beberapa Perusahaan Telepon Satelit

Telepon satelit dikelola oleh operator dari beberapa perusahaan. Perusahaan-perusahaan ini mengoperasikan satelit-satelit yang dapat menjangkau beberapa wilayah di dunia.

  1. Globarstar adalah perusahaan telepon satelit dengan menggunakan sistem jaringan LEO yang menjangkau wilayah Amerika Serikat dan Amerika Utara.
  2. Inmarsat adalah perusahaan telepon satelit tertua dengan sistem jaringan GEO yang menjangkau seluruh dunia, kecuali wilayah kutub.
  3. Iridium adalah perusahaan telepon satelit dengan menggunakan sistem jaringan LEO yang menjangkau seluruh wilyah di permukaan bumi.
  4. SkyTerra/MSAT adalah perusahaan telepon satelit dengan sistem jaringan GEO yang menjangkau wilayah Amerika Serikat.
  5. Terrestar adalah perusahaan telepon satelit dengan menggunakan sistem jaringan GEO yang menjangkau wilayah Amerika Utara.
  6. Thuraya adalah perusahaan telepon satelit dengan sistem jaringan GEO yang menjangkau wilayah Afrika, Asia, Australia, Eropa, dan Timur Tengah.

Jenis Telepon Satelit

Ada dua jenis telepon satelit yang dapat kita gunakan di tengah laut lepas, di daerah pedalaman, dan di daerah pegunungan, yaitu:

  1. Telepon Satelit Menetap

Bentuk telepon sama seperti telepon rumah, antara gagang telepon dan kotak tombol tersambung dengan kabel. Telepon satelit jenis ini hanya dapat digunakan di dalam ruangan karena menggunakan antena yang sudah dipasangkan di atas suatu bangunan yang bersangkutan.

  1. Telepon Satelit Genggam

Bentuk telepon sama seperti telepon genggam biasa, tetapi ada sebuah antena yang berfungsi sebagai pemancar dan penerima sinyal dari satelit. Kita dapat membawanya ke mana saja dan menggunakannya di mana saja, termasuk menggunakannya antar-benua. Telepon satelit jenis ini hanya dapat digunakan di luar ruangan.

Kelebihan Telepon Satelit

Jika sedang berada di tempat yang sangat jauh, seperti di tengah laut lepas, di daerah pedalaman, di daerah pegunungan, bahkan di benua yang berbeda, BTS telepon berbasis GSM sangat sulit, bahkan tidak akan, ditemukan. Agar tetap dapat berhubungan dengan orang-orang di luar tempat-tempat tersebut, biasanya kita selalu menggunakan telepon satelit. Ada beberapa kelebihan telepon satelit yang akan kita dapatkan, antara lain:

  1. Sinyal telepon satelit tidak mudah terputus meskipun terjadi bencana alam atau cuaca yang ekstem. Hal ini berbanding terbalik dengan telepon berbasis GSM.
  2. Telepon satelit lebih tahan guncangan dan tahan air.
  3. Dapat melakukan panggilan dalam waktu singkat pada tempat-tempat yang sangat jauh.
  4. Datap juga melakukan panggilan ke tengah laut lepas.
  5. Tetap dapat digunakan di daerah dengan status militer yang berbahaya.
  6. Dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di pedalaman.

Kekurangan Telepon Satelit

Selain memiliki beberapa kelebihan, telepon satelit juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  1. Ukurannya yang tidak biasa, bahkan untuk ukuran yang sangat besar, beratnya dapat mencapai 2 kilogram.
  2. Jika menggunakan telepon satelit menetap, kita harus memasang antena di atas bangunan yang bersangkutan untuk mendapatkan sinyal satelit.
  3. Jika menggunakan telepon satelit genggam, kita harus mencari tempat yang terbuka untuk mendapatkan sinyal satelit.
  4. Biaya yang harus dibayarkan oleh pengguna telepon satelit untuk melakukan panggilan lebih besar dibandingkan dengan biaya telepon berbasis GSM.
  5. Operator telepon satelit sangat sedikit karena biaya operasional yang harus dikeluarkan sangat besar.

Cara Menggunakan Telepon Satelit

Untuk menggunakan telepon satelit, ada dua cara yang dapat kita lakukan, yaitu dengan cara biasa dan dengan menggunakan collect call. Collect call adalah cara yang dilakukan dengan membebani biaya panggilan pada orang yang menerima panggilan.

Cara Menggunakan Telepon Satelit Dengan Cara Biasa

  • Cari nomor telepon satelit yang terdiri atas 14 atau 15 angka. Biasanya, nomor diawali dengan kode panggilan internasional dan untuk kode panggilan internasional Indonesia adalah 001.
  • Tekan kode awal dari perusahaan telepon satelit yang terhubung dengan jenis telepon.
  • Tekan nomor yang ingin dihubungi.

Cara Menggunakan Telepon Satelit Dengan Collect Call

  1. Tanyakan terlebih dahulu pada pengguna telepon satelit, apakah menggunakan collect call atau tidak.
  2. Jika menggunakan collect call, pastikan pengguna telepon satelit sudah mendaftarkan nomor yang dapat dihubungi.
  3. Tekan angka 1, kemudian tekan nomor yang ingin dihubungi.

Itulah beberapa hal yang dapat kita ketahui tentang telepon satelit. Semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Selamat mencoba, ya! Mau belanja telepon satelit sekarang klik :  Daftar Harga Telepon Satelit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *