alat ukur kecepatan

Sudah Kenal Dengan 7 Alat Ukur Kecepatan Ini? Leave a comment

Dalam ilmu fisika kita mengenal adanya kecepatan, yang merupakan cepat lambatnya perubahan akan kedudukan suatu benda terhadap waktu.

Dalam ilmu pengetahuan, kecepatan ini akan diukur menggunakan alat ukur kecepatan. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengetahui aneka gejala atau peristiwa yang mungkin terjadi dari kecepatan tersebut.

Kecepatan sendiri sering disamakan dengan kelajuan. Namun Anda jangan terkecoh, karena keduanya berbeda. Kelajuan adalah cepat lambatnya perubahan terhadap waktu. Misalnya kelajuan pada kendaraan yang diukur dengan menggunakan speedometer. Berbeda halnya dengan kecepatan. Di alam ilmu fisika kecepatan merupakan cepat lambatnya kedudukan dari suatu benda terhadap waktu. Dikarenakan memiliki besaran vektor, maka kecepatan memiliki arah. Biasanya alat ukur kecepatan yang digunakan adalah velocimeter.

Mengenal Apa Itu Velocimeter

Sebagai alat ukur kecepatan, velocimeter juga dapat memperhitungkan arah dari pergerakan objek yang bergerak. Alat yang ditemukan oleh penemu Kroasia bernama Joseph Belusic ini juga seringkali disebut sebagai speedometer elektrik. Di mana Velocimeter tidak hanya dapat mengukur kecepatan dan arah sebuah objek di daratan, namun juga di dalam air.

Salah satu pemanfaatan Velocimeter adalah untuk mengukur kedalaman air. Di mana alat ukur kecepatan ini akan menghitung kecepatan suara di dalam air berdasarkan dari jumlah putaran baling-baling bila dilihat dari waktu putarannya. Di mana denga proses kalibrasi jumlah putaran persatuan waktu yang telah dicatat oleh alat ukur kecepatan ini akan dikonversi ke kecepatan arus dalam meter per sekon (m/s). Hasilnya berbentuk data kecepatan dar bunyi yang menjadi fungsi dari kedalaman air.

Velocimeter juga dapat digunakan untuk mengukur kecepatan angin atau udara. Di mana perhitungannya mengacu kepada kalkulasi udara dengan dasar kecepatan angin, sehingga data yang ditampilkannya aktual dan akurat. Disebut sebagai Air Velocity Meter yang banyak digunakan oleh pelaku industri serta dalam studi ilmu pengetahuan, khususnya untuk menguji pengukuran udara pada bidang meteorologi dan geofisika.

Artikel Terkait :   Theodolit: Cara menggunakan theodolite untuk mengukur luas tanah

Yuk Kenali Alat Ukur Kecepatan Velocimeter Ini

Bila Anda membutuhkan produk alat ukur kecepatan, seperti velocimeter maka Anda dapat melihatnya di website www.kucari.com. Tersedia berbagai alat lengkap dengan kondisi yang baik. Ini dia beberapa produk di dalamya.

TSI Alnor 9515 VelociCalc Air Velocity Meter

Alat ukur kecepatan digital ini dapat digunakan untuk pemeriksaan sistem ventilasi. Memiliki teleskop terintegrasi untuk pengukuran yang sulit dijagkau dengan ukuran 40,6 inci (101,6 cm). Memiliki akurasi ± 5% dari pembacaan atau ± 5 kaki/menit (± 0,025 m/s), yang dapat mengukur kecepatan udara oada rentang 0 hingga 4.000 kaki/menit (0 hingga 20 m/s) ). Velocity meter ini mudah dibaca karena memiliki layar besar. Alat seberat 0,6 kg ini juga telah dilengkapi dengan sertifikat NIST.

TSI Alnor 9535 VelociCalc Air Velocity Meter

Dengan menggunakan portable tunggal, TSI ALNOR 9535 VelociCalc Air Velocity Meter dapat mengukur serta mencatat data dan suhu udara dengan bersamaan. Ini dikarenakan adanya beberapa sensor yang digunakan. Dengan akurasi  ± 3% pembacaan atau ± 3 kaki/menit (± 0,015 m/detik), alat ukur keceparan ini dapat mengukur dalam rentang 0 hingga 6.000 kaki/menit (0 hingga 30 m/s). Dapat pula mengukur suhu dari 0 hingga 200 ° F (-18 hingga 93 ° C) dengan akurasi ± 0,5 ° F (± 0,3 ° C).

PCE VA11-ICA Portable Air Velocity Meter

Alat ukur keceparan ini menggunakan LCD Backlit dengan tampilan yang besar sehingga Anda dapat dengan mudah membaca nilai pengukurannya yang akurat. Dapat digunakan bahkan dalam kondisi cahaya yang temaram. Merupakan alat ukur serbaguna karena tidak hanya dapat mengukur kecepatan angin, tetapi juga dapat mengukur suhu dan aluran udara. Alat ukur kecepatan ini dilengkapi ulir belakang untuk memasang kincir angin. Penggunaannya mudah dengan waktu yang cepat.

Artikel Terkait :   Pentingnya Sound Level Meter Alat Pengukur Suara Di Kehidupan Manusia

PCE P770-M Portable Air Velocity Meter

Memiliki dua input sensor yaitu sensor Pt100 dan sensor mini aliran volume. Di mana alat ukur kecepatan ini dapat digunakan untuk mengukur di air dan udara. Tersedia dengan fasilitas USB online yang dapat terhubung ke perangkat lunak Windows Smartraph untuk memudahkan dalam perekaman data. Mudah dibaca karena memiliki tampilan yang besar yang dapat merekam nilai minimu, nilai maksimum dan nilai rata-rata.

PCE 423-ICA Portable Air Velocity Meter

Alat ukur kecepatan ini dapat digunakan untuk mengukur suhu dan kecepatan udara. Sangat cocok digunakan pada aliran udara dengan kecepatan rendah. Dilengkapi dengan beberapa unit pengukuran, Layar LCD Besar dan Fungsi Data Hold. Sangat mudah unutk digunakan dimata terdapat tombol pematian otomatis untuk melindungi masa pakai dari baterai. Anda bisa melihat nilai minila dan maksimal pada tampilannya. Adanya probe tipis dengan diameter 8 mm/0,3 membuat alat ini dapat digunakan pada area dengan rentang pengukuran minimum seperti di dalam unit pendingin.

Memiliki resolusi yang tinggi dan dilengkapi dengan kabel data USB serta perangkat lunak untuk melakukan transfer data di komputer. Biasanya alat ini digunakan untuk penelitian dan pengembangan dalam kelembagaan.

PCE 009 Portable Air Velocity Meter

Alat ukur kecepatan ini sangat banyak fungsinya. Tidak hanya untuk menghitung volume arus udara dan volume rata-rata arus udara, namun juga dapat untuk mengukur kecepatan serta suhu udara. Anda dapat menggunakannya pada kecepatan udara rendah. Memiliki berbagai macam unit pengukuran seperti m/s, km/jam, kaki/menit, knot, mil/jam.

Alat ukur ini mudah digunakan serta menggunakan LCD yang besar dan dilengkapi dengan layar untuk menunjukan nilai maksimum dan nilai minumum. Dilengkapi dengan RS-232 untuk memudahkan transfer data ke komputer. Terdapat pula fungsi otomatis yang bermandaat untuk melindungi masa pakai baterai. Beli sekarang juga, Anda akan mendapat tambahan baterai, tas jinjing, sensor teleskopik, perangkat lunak, manual pengguna dan kabel RS-232.  

Artikel Terkait :   Mengenal Manfaat Angin Dan Penggunaan Alat Ukur Angin

PCE 007 Portable Air Velocity Meter

Alat ukur kecepatan yang satu ini dapat digunakan untuk mengukur suhu udara dan kecepatan angin dan kecepatan udara. Dilengkapi dengan memori, port koneksi serta perangkat lunak untuk transfer data ke PC. Dapat menyimpan data hingga 2.000. Mudah digunakan serta memiliki layar ganda. Terdapat fungsi Minimal, Maksimal dan Hold. Dayanya akan mati secara otomatis untuk melindungi penggunaan baterai. Di mana baterai dapat digunakan sekitar 50 jam dengan arus 300 mA/jam. Anda tetap dapat melakukan pengukuran dengan waktu yang lebih dari 2 hari. Akan tetapi, gunakan baterai atau adaptor daya.

Memiliki impeller eksternal yang dihubungkan dengan kabel sepanjang 1,5 m/4,9 kaki. Hal inilah yang memudahkan mobilitas serta fleksibilitas dalam melakukan pengukuran keceparan angin.

Baca Juga :

Semua alat velocimeter meter ini sangat praktis, mudah digunakan juga dengan harga yang terjangkau. Bila ingin membelinya, segera dapatkan di www.kucari.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *